Tanggal:18 May 2024

7 Cara Efektif menjadi Orang Tua yang Baik bagi Kenyamanan Anak

Peran orang tua sangatlah penting bagi pertumbuhan anak. Jika saat ini kamu diberi kesempatan memegang peran menjadi orang tua, akan jadi orang tua seperti apakah kamu?

Kursus online belajar TOEFL PBT Vocasia

Menjadi orang tua adalah salah satu pengalaman hidup yang berharga, tetapi tidak berarti bisa dijalankan dengan mudah. Berapapun usia anak saat ini, pola asuh kepada anak tidak pernah selesai untuk diterapkan. Menjadi orangtua yang baik membutuhkan pengertian dan rasa menghargai kepada anak sekaligus mengarahkan anak pada memilih keputusan yang benar atau salah.  

Perkembangan zaman juga tidak serta membuat orang tua yang memiliki pemikiran kolot mengharuskan anaknya dididik dengan cara yang lama. Justru orang tua yang baik akan memanfaatkan perkembangan zaman untuk mendidik anak sesuai dengan zamannya. Dari sini mungkin kamu sudah sedikit paham bahwa peran orang tua tidak pernah berhenti dan berlangsung seumur hidupnya seiring berjalannya waktu.

Pada akhirnya, hal paling penting adalah dengan membentuk lingkungan pengasuhan orang tua untuk membuat anak merasa berhasil dan berkembang menjadi individu dewasa yang memiliki watak yang baik di lingkungannya seperti percaya diri, mandiri, dan perhatian.

Baca juga: Bahasa Daerah yang Terancam Punah

Cara Menjadi Orang Tua yang Efektif

cara efektif menjadi orang tua yang baik. Sumber: unsplash.com

Memiliki anak adalah hadiah terindah yang mungkin selalu kamu syukuri setiap harinya. Kehidupan yang berubah secara otomatis ketika memiliki peran sebagai orang tua membuat kamu dan pasangan harus siap dengan segala tantangan. 

Mendidik anak menjadi tantangan yang kadang membuat lelah, stres, bahkan sampai depresi. Rasa ini yang terus memupuk dan berlangsung lama, akan menyebabkan orang tua merasa tidak bisa merasa tidak berhasil mendidik anak-anaknya. 

Untuk menghindari hal-hal buruk, lalu bagaimana cara menjadi orang tua yang baik bagi anak? Beberapa tips ini mungkin bisa menjadi referensi yang bisa kamu terapkan! 

Baca juga: Pengertian Past Future Perfect Tense

1. Tunjukkan cinta dan kasih sayang kepada anak

Beri cinta dan kasih sayang. Sumber: unsplash.com

Dengan memberikan cinta dan kasih sayang melalui berbagai cara seperti sentuhan hangat atau pelukan dapat membuat anak menyadari bahwa ia diperhatikan dan melewati kehidupan bersama-sama. Pada beberapa kondisi, jangan pernah mengabaikan pentingnya koneksi fisik ketika bersama dengan anak. 

Menunjukkan cinta dan kasih sayang tidak hanya dengan pelukan hangat dari orang tua, beberapa cara lainnya yang bisa ditunjukkan adalah dengan memberikan anak kasih sayang secara verbal dengan memberitahunya bahwa kamu sangat mencintai mereka setiap saat. Tidak peduli seberapa hal buruk yang mereka perbuat, orang tua akan tetap menyayangi mereka.

Selain itu, berikan apresiasi terhadap hal-hal yang mereka capai. Cintai anak apa adanya dan hindari untuk memaksanya menjadi ukuran anak ideal yang hanya dinilai secara subjektif menurut orang tua. Biarkan mereka tahu bahwa kamu sebagai orang tua akan selalu mencintai mereka apapun yang terjadi.

2. Berikan pujian terhadap pencapaiannya

Berikan pujian kepada anak. Sumber: unsplash.com

Memberikan pujian bagi anak adalah bagian penting untuk menjadi orang tua yang baik. Mereka perlu bangga atas pencapaian yang mereka raih sehingga mereka bisa bangkit untuk mencapai hal yang lebih tinggi lagi. Jika sebagai orang tua tidak memberikan kepercayaan diri yang mestinya mereka butuhkan, mereka tidak akan terdorong untuk menjadi mandiri atau mengeksplorasi dirinya lebih dalam. 

Ketika mereka melakukan hal yang baik, biarkanlah mereka mengetahui bahwa sebagai orang tua kamu tetap memerhatikan dan bangga apa pun hasilnya. Cara memuji ini bisa kamu jadikan sebagai kebiasaan dan memberikan pandangan positif terhadap diri mereka.

Baca juga: Cara Membuat Wireframe Website

3. Selalu dengarkan cerita anak

Dengarkan ceritanya. Sumber: unsplash.com

Agar komunikasi dengan anak berlangsung dua arah, beri dia ruang untuk bercerita. Biarkan dia mengemukakan pandangannya lewat cerita. Sebagai orang tua yang baik, kamu harus mampu untuk mengekspresikan ketertarikan pada cerita anak dan melibatkan diri dalam kehidupan mereka. Ciptakan suasana yang dapat membawa anak datang menghampiri dengan permasalahan, baik besar maupun kecil.

Walaupun usia anak masih kecil, orang tua harus memahami bahwa mereka tetap memiliki suatu permasalahan dan mencoba untuk mencari tahu jalan keluarnya. Salah satunya adalah dengan menceritakan kepada orang tuanya. Jangan sampai anak malah lebih tertutup pada orang tua justru akan menjadi hal yang dikhawatirkan. 

Cobalah untuk mengatur waktu yang tepat untuk melakukan komunikasi dengan anak terkait yang dilakukannya setiap hari. Orang tua bisa mengajaknya berbicara ketika sebelum tidur, saat sarapan, maupun perjalanan pulang sekolah. Dengan secara seksama dan serius cerita anak dan berhenti mengerjakan pekerjaan lain. 

4. Gunakan quality time dengan sebaik-baiknya

Luangkan waktu. Sumber: unsplash.com

Waktu menjadi hal yang sangat berharga ketika telah memiliki anak. Seringkali kesibukan orang tua hanya membuat jarak antara orang tua dan anak. Jarak itu akan semakin bertambah ketika anak memasuki masa remaja dan sibuk menjelajahi hal baru di luar. Kamu tentu tidak ingin kekurangan waktu dengan anak, bukan?

Dilansir dari Kids Health, salah satu cara untuk menjadi orangtua yang baik, positif, dan efektif adalah membuat waktu khusus bersama anak. Lupakan semua urusan pekerjaan dan simpan jauh ponsel. Habiskan waktu dengan anak juga bisa dilakukan dengan mengunjungi tempat baru yang dapat mempererat hubungan antara orang tua dan anak karena saling mengerti satu sama lain.

5. Membatasi pemakaian sosial media

Kurangi penggunaan sosial media. Sumber: unsplash.com

Saat menghabiskan waktu dengan anak terasa singkat apabila kamu sebagai orang tua hanya fokus kepada sosial media. Belum lagi anak yang banyak terpengaruh dengan pemakaian gadget secara berlebihan dan menyebabkan kurangnya kebersamaan. 

Terlalu banyak menghabiskan waktu untuk media sosial hanya membuang-buang waktu yang seharusnya bisa kita gunakan untuk melakukan hal yang baik untuk diri kita. Mengurangi penggunaan sosial media mampu memberikan waktu berkualitas untuk membantu perkembangan anak dengan baik. 

Baca juga: Pola Asuh Orang Tua di Jepang

6. Selalu hadir pada setiap momen penting anak

Selalu ada saat momen penting. Sumber: unsplash.com

Kesibukan pekerjaan yang membuat kamu kekurangan waktu bersama anak jangan sampai membuat kamu juga luput dalam menghadiri segala momen penting yang anak lakukan misalnya perlombaan yang mereka ikuti, kelulusan sekolah mereka, perayaan ulang tahun mereka. Ingatlah bahwa anak akan tumbuh dengan cepat tanpa disadari oleh orang tua. 

Anak akan selalu mengingat sampai dewasa ketika orang tuanya tidak menghadiri momen terpenting mereka. Cobalah untuk berada pada saat mereka mengalami peristiwa penting karena itu akan jadi kenangan yang mereka miliki. Momen penting anak yang orang tua hadiri sangat menjadi hal yang mereka tunggu, lho!

7. Jalin komunikasi dan kedekatan dengan anak

Dekat dan jalin komunikasi dengan baik. Sumber: unsplash.com

Untuk menjadi orang tua yang baik dan lebih positif menghadapi anak, komunikasi menjadi salah satu hal penting. Tidak hanya melalui sentuhan fisik, ternyata komunikasi yang baik juga banyak menjadi permasalahan orang tua dan anak. Berbagi cerita menjadi salah satu solusi yang dapat orang tua lakukan untuk mengerti satu sama lain.

Tidak ada cerita yang tidak penting sehingga orang tua perlu mengajarkan kepada anak bagaimana cara merespons cerita dengan baik agar menghargai perasaan orang lain. Baik cerita orang tua maupun cerita anak sama-sama penting untuk dimengerti. Namun, orang tua lah yang terlebih dahulu mengajarkan anak untuk bersikap baik terhadap lawan bicara dengan tertarik dan mendengarkan cerita secara seksama. 

Orang tua yang berunding atau melakukan diskusi dengan anak mereka memungkinkan mereka belajar untuk memahami dengan cara yang tidak menghakimi. Jika ada suatu masalah, jelaskan, ungkapkan perasaan, dan libatkan anak untuk mencari solusi yang tepat. Namun, jangan sampai mencari solusi sampai ke luar batas kemampuan anak, ya. Pastikan anak dilatih untuk membuat saran dan tawarkan sebuah pilihan. 

Baca juga: Website Penyedia Vector Gratis

Demikian penjelasan mengenai cara efektif menjadi orang tua yang baik demi kenyamanan anak. Ingatlah bahwa anak akan tumbuh selaras dengan pola asuh yang diterapkan kedua orang tuanya. Poin yang perlu ditangkap adalah selalu menuntun tanpa memaksa anak. 

Ingin membaca artikel menarik lainnya? Untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan kamu bisa klik tautan berikut. Jangan lupa ikuti kami di Instagram untuk mengetahui update dan informasi terbaru yang pastinya sangat berguna!

Vocasia adalah salah satu platform edukasi online bersertifikat yang menyediakan banyak pelatihan untuk menunjang keahlianmu dalam berbagai macam bidang. Selain itu, dengan bergabung bersama Vocasia tentunya kamu akan berkesempatan untuk belajar banyak bersama mentor-mentor yang berpengalaman dalam bidangnya!

Nikmati segala penawaran khusus di Vocasia berupa potongan harga untuk mengikuti berbagai kelas online agar kamu semakin mahir dalam berbagai kemampuan! Segera temukan kursus terbaru yang cocok untuk kamu hanya dengan klik tautan berikut.

Baca juga: Mengapa Dolar sebagai Mata Uang-dunia

Sukses Membangun Kesan - Personal Development
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *