Tanggal:19 May 2024

5 Cara Menulis Wattpad yang Menarik bagi Pemula

Para readers saat ini pasti sudah tidak asing lagi dengan, yang namanya wattpad. Wattpad merupakan platform yang populer menerbitkan cerita secara online. Platform ini sudah sangat terkenal sekali menghasilkan karya-karya tulisan yang diterbitkan, maupun karya tulisan yang kemudian di angkat menjadi sebuah cerita film. Sebut saja dear nathan, sin, dignitate yang sangat diminati oleh para readers.

Karena kepopulerannya, platform ini menjadi tempat yang sering dituju para readers untuk membaca sebuah cerita novel, alhasil banyak sekali readers yang juga kemudian mencoba untuk menjadi penulis pemula. Apakah kamu juga tertarik, readers ? Kalau iya, kamu tidak salah lagi menilai, karena menjadi penulis di platform wattpad ini merupakan peluang yang terbaik untuk kamu yang masih belajar memulai menulis cerita.

Selain karena platform ini bisa diakses gratis, yang mana berarti dapat mengumpulkan readers yang banyak, platform ini pula menyediakan kategori konten yang terdiri dari banyak genre cerita. Jadi kamu juga bisa mengasah jiwa kreativitas dan imajinatifmu dalam membuat sebuah cerita. 

Menjadi penulis di wattpad tentu saja sangat menyenangkan, namun kamu juga harus perlu memikirkan strategi yang tepat agar cerita yang kamu publish di wattpad banyak yang berkunjung dan menyukainya. Untuk itu kamu bisa mengikuti 5 cara dibawah ini readers, simak terus ya!

5 Cara Menulis Wattpad Yang Menarik

1. Menentukan Tema Cerita untuk Menulis Wattpad

Ilustrasi Wanita Yang Sedang Berpikir(pexels.com/kaboompics)

Cara pertama yang perlu kamu lakukan adalah menentukan tema atau genre cerita. Tema cerita ini yang akan membantu para readers untuk menemukan minat dalam membaca. Nah di wattpad kamu bisa menulis berbagai macam tema sesuai dengan minat kamu. Yang terpenting adalah tema dari ceritamu ini jelas. Seperti contohnya kamu ingin menulis cerita novel tentang kisah percintaan antara 2 orang sahabat, dengan mengambil tema romantis atau kisah percintaan.

2. Buatlah Detail Tulisan Yang Menarik

Ilustrasi Gambar Cover Novel Yang Ada Di Wattpad(wattpad.com)

Detail tulisan ini mencakup judul, cover, dan juga deskripsi cerita. Kamu perlu membuat judul, dan deskripsi tulisan yang menarik agar pembaca merasa tertarik untuk membaca ceritamu. Untuk itu kamu bisa menggunakan pilihan diksi yang baik, dan juga menunjukkan poin keunggulan di deskripsi cerita. Sehingga itu akan membuat para readers penasaran membaca kelanjutan dari ceritamu.

Selain itu kamu bisa memperkuat rasa penasaran para readers lewat kekuatan visual cover ceritamu. Disarankan untuk kamu membuat cover ceritamu sendiri, selain kamu bisa mendesain cover sesuai dengan tema ceritamu, cover yang diambil dari situs google bisa jadi memiliki hak cipta, dan takutnya itu nanti akan berdampak tidak baik pada tulisanmu.

3. Susun Kerangka Novel Dengan Baik

Ilustrasi Wanita Tersenyum(pexels.com/george milton)

Cara selanjutnya adalah menyusun kerangka novel dengan baik, kerangka novel ini mencakup  karakter dan penokohan, sudut pandang atau point of view, alur cerita, konflik, dan yang terakhir ending.

Untuk karakter dan penokohan, kamu bisa menciptakan karakter yang unik dalam ceritamu, karakter yang unik cenderung lebih disukai para readers dibandingkan karakter yang sudah sering sekali tampil dalam cerita. Kamu bisa memulai pengenalan karakter dan penokohan ini dengan menulis secara detail siapa namanya, usia, pekerjaan, hobi, keadaan keluarganya.

Dan kamu juga bisa membuat tokoh karakter ceritamu hidup dalam wattpad ini dengan memberikan ilustrasi atau gambar yang sesuai dengan karakter ini, sehingga para readers makin antusias terhadap tokoh yang kamu ingin coba ceritakan.

Dari segi sudut pandang atau point of view, kamu perlu menentukannya dengan pertimbangan angle yang pas, pilihlah sudut pandang yang dapat menampilkan adegan-adegan penting dalam ceritamu.

Kemudian alur cerita, alur cerita ini merupakan hal yang paling penting dalam sebuah cerita. kamu harus bisa membuat alur yang menarik agar para readers merasa terlarut dalam ceritamu. Kamu bisa menggunakan alur maju, mundur, maupun canpuran sesuai dengan kebutuhan ceritamu.

Yang terkahir dari kerangka novel, yaitu konflik dan ending. Konflik cerita perlu di susun dengan seapik mungkin, sehingga membuat para readers ikut merasakan konflik yang terjadi dalam cerita.

Kamu bisa membuat konflik dengan mula-mulanya berawal dari konflik kecil, konflik sedang, kemudian puncak konflik. Readers pun yang membaca akan ikut terbawa suasana. Dan jangan lupa setelah konflik berikan ending yang sesuai dengan ceritamu yaa.

4. Gunakan Istilah Populer Wattpad

Ilustrasi Kalimat ‘Self Care Isn’t Selfish'(pexels.com/madison inouye)

Para readers lebih tertarik dengan cerita yang didalamnya terdapat istilah-istilah populer di wattpad. Seperti istilah thor yang berasal dari author yang berarti penulis dari cerita, istilah TBC (to be continue), Asap (as soon as possible), dan masih banyak istilah lainnya.

Baca Juga : Mengenal Wattpad

5. Menjalin Hubungan Yang Baik Dengan Komunitas Sesama Penulis Wattpad

Ilustrasi Perkumpulan Orang(pexels.com/leah kelley)

Selain kamu membuat cerita yang menarik, kamu juga perlu menjalin hubungan yang baik dengan komunitas. Ikutilah author atau penulis lainnya di wattpad, sapa juga  para readers, dan juga aktif memberikan feedback kepada readers dengan memberikan ulasan atau menjawab komentar. Kamu juga bisa berinteraksi dengan readers, menanyakan seberapa puas mereka membaca ceritamu.

Nah, readers itu tadi penjelasan 5 cara menulis wattpad yang menarik bagi kamu yang baru mencoba menjadi penulis pemula. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu kamu untuk menjadi penulis yang baik di wattpad yaa..Selamat mencoba!!!

Baca Juga : 10 Destinasi Wisata Terbaik Di Indonesia 2021

Sukses karir profesional - personal development
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *