Tanggal:04 May 2024

7 Cara Promosi Makanan di WA agar Cepat Dilirik Pembeli

Cara promosi makanan di WA gimana sih? Tentunya hal yang harus kamu lakukan adalah memperkenalkan dan memberitahu kepada audiens tentang produk apa yang sedang kamu jual. Selain itu, kamu harus menyiapkan kata-kata promosi makanan untuk meningkatkan penjualan.

Melalui kata yang menarik, kamu bisa mendatangkan konsumen untuk membeli makanan yang ditawarkan, lho. Dengan kemajuan teknologi, promosi bisa dilakukan secara praktis. Kamu bisa melakukannya melalui berbagai platform media sosial.

Baca Juga : Tips Jualan Melalui Whatsapp

Salah satu media sosial yang bisa kamu gunakan adalah WhatsApp. Promosi bisa kamu lakukan dengan mudah melalui WA, lho. Lantas, bagaimana cara promosi makanan di WA agar cepat dilirik pembeli? Yuk, simak artikel ini dan baca hingga tuntas, ya!

Mengapa Membutuhkan Promosi Makanan di WA?

Ilustrasi Penggunaan WhatsApp (Pexels)

WhatsApp adalah aplikasi perpesanan paling populer dalam beberapa tahun terakhir. Sejak awal aplikasi ini terus diperbarui untuk memenuhi kebutuhan pengguna dalam berkirim pesan dengan lebih cepat dan praktis. Saat ini banyak pebisnis yang menggunakan WhatsApp tidak hanya sebagai tukar pesan, tetapi juga untuk promosi.

Cara promosi makanan di WA gimana, ya? Agar tidak ketinggalan dengan kompetitor kalian yang sudah lebih dulu menggunakan WhatsApp sebagai media promosi, kamu harus mempelajari caranya mulai dari sekarang. Kenapa sih harus melakukan promosi melalui WA?Alasannya, tentu saja karena mudahnya mengirim pesan ke banyak orang sekaligus.

Kamu bisa mengirimkan pesan berupa informasi tentang promosi makanan terbaru, keuntungan menggunakan produk, bonus pembelian berbatas waktu, dan masih banyak model promosi lainnya yang bisa kalian lakukan.

7 Cara Promosi Makanan di WA, Dijamin Bikin Laris

Cara promosi makanan di WA

Ilustrasi Promosi Makanan (Pexels)

1. Mencari nomor WhatsApp calon pelanggan

Cara pertama yang bisa digunakan untuk mempromosikan makanan kamu di WA adalah dengan mencari nomor telepon konsumen. Mulailah dengan bertahap. Jangan terburu-buru dalam melakukannya. Cara ini dinilai sangat efektif, terutama dalam hal mempromosikan makanan melalui WA. Tetapi kamu harus terus perluas jaringan, ya. Tentunya agar jangkauan target konsumenmu semakin luas.

2. Buat katalog makanan

Selain mempromosikan makanan di WA, kamu juga perlu menyiapkan strategi lainnya.
Misalnya, membuat katalog yang nantinya dapat dibagikan melalui WhatsApp. Buat daftar lengkap menu dan harga. Hal ini untuk memudahkan konsumen dalam memilih saat melakukan pemesanan. Dengan begitu kalian tidak perlu repot untuk memberikan informasi lebih lanjut dan konsumen tidak akan bertanya lagi. Alhasil, proses pembelian menjadi lebih cepat dan efisien.

Baca Juga : Aplikasi Untuk Edit Katalog Produk

3. Perbarui status sesering mungkin

Status merupakan fitur WhatsApp yang paling banyak digunakan untuk keperluan pribadi dan promosi. Gunakan fitur gratis ini untuk mempromosikan makanan di Whatsapp. Cara ini sebenarnya banyak digunakan oleh para pebisnis online.
Semakin sering membuat status, semakin besar kemungkinan prospek dan pelanggan mengetahuinya. Tetapi ingat, kamu harus memperhatikan etika bisnis. Setiap hari kamu harus konsisten memperbarui status dengan waktu yang signifikan.

4. Tawarkan harga khusus

Cara lain yang biasa digunakan dalam promosi makanan dengan menawarkan produk diskon, cashback, atau harga khusus untuk jangka waktu tertentu. Penawaran terbatas untuk jangka waktu tertentu akan menarik bagi konsumen yang membelinya meskipun mereka tidak pernah berpikir untuk membeli produk tersebut sebelumnya.

Baca juga: Bagaimana Cara Mempromosikan Shopee Affiliate di Facebook?

5. Tampilkan manfaat produk

Hal berikutnya yang perlu diingat saat membuat promo makanan, kamu harus menonjolkan kekuatan atau nilai jual unik produkmu. Tambahkan nilai jual atau pembeda pada produk yang menurutmu tidak akan ditemukan di sebagian besar jenis produk serupa. Informasi ini biasanya dapat ditemukan pada makanan yang ditujukan untuk konsumen dengan kriteria yang lebih spesifik, seperti seseorang yang sedang diet, anak-anak, dan orang dengan kondisi medis tertentu.

Baca Juga : Cara Menulis Deskripsi Produk

6. Gunakan kata iklan yang menarik

Salah satu hal yang masih belum dipahami banyak orang saat berpromosi adalah penawaran iklan. Untuk pemula, mungkin sulit untuk memahami bahwa membuat kata yang menarik sangatlah penting. Langkah ini juga berfungsi untuk meningkatkan minat pelanggan. Sebelum kamu memutuskan untuk mempublikasikan atau membagikan promosi di WhatsApp, sebaiknya pahami penawaran tersebut terlebih dahulu. Karena langkah ini sangat menentukan keputusan pelanggan. Kata-kata iklan adalah kunci untuk mendapatkan perhatian orang.

Baca Juga : Kata Yang Menarik Untuk Promosi di Whatsapp

7. Penggunaan pesan siaran

Message Broadcast adalah fitur yang memungkinkan untuk mengirim pesan ke konsumen secara bersamaan. Tentu saja ini bisa digunakan untuk mempromosikan makanan. Dengan cara ini, informasi produk dapat dibagikan langsung melalui WA. Pesan siaran dapat digunakan untuk mengirim pesan promosi lainnya, seperti harga diskon pada menu katalog atau harga diskon untuk opsi baru.

Itulah, pembahasan tentang bagaimana mempromosikan makanan agar laris di WA. Tetapi kamu harus konsisten dalam menjalankannya, ya. Salah satu kunci sukses ada di balik setiap proses yang dilewati. Kamu juga perlu menjaga hubungan baik dengan konsumen. Mungkin terdengar klise, tetapi kamu harus tahu bahwa ini berdampak langsung pada bisnismu.

Baca Juga : Cara Menggunakan Whatsapp Bisnis

Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu para pebisnis makanan. Nantikan juga artikel lainnya dari Vocasia, ya!

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *