Tanggal:18 May 2024

Cara Menggunakan Whatsapp Business

WhatsApp Business adalah aplikasi gratis yang dirancang untuk kebutuhan bisnis kecil. Aplikasi ini memudahkan kamu untuk terhubung langsung dengan pelanggan, mempromosikan produk serta layanan, dan menjawab pertanyaan customer sepanjang perjalanan belanja.

Kamu juga dapat membuat katalog untuk produkmu dan menggunakan fitur khusus untuk mengotomatisasi, menyortir, serta merespons pesan dengan cepat.

Beberapa fitur yang saat ini tersedia, antara lain:

  • Profil bisnis untuk mencantumkan informasi penting mengenai bisnis, seperti alamat, email, dan situs web.
  • Label untuk mengorganisasi serta menemukan chat dan pesan dengan mudah.
  • Fitur perpesanan untuk merespons pelanggan dengan cepat.

Baca juga: 6 Cara Sukses Menjalankan Bisnis Blogging

Perbedaan WhatsApp Messenger dengan WhatsApp Business

Dapat menambahkan nomor telepon rumah atau kantor

Berbeda dengan WhatsApp Messenger yang hanya menggunakan nomor ponsel, dengan WhatsApp Business kamu bisa menambahkan nomor telepon rumah atau kantor.

Bisa membalas pesan secara otomatis

Fitur ini memungkinkan pebisnis untuk menyetel balasan otomatis jika mendapat pertanyaan yang sama dari konsumen. Pengaturan ini juga bisa digunakan untuk mengirim pesan otomatis untuk menyambut konsumen baru. Fitur ini tentu tak ditemukan di WhatsApp Messenger yang bertujuan personal.

Lihat statistik pesan terkirim dan diterima

Dengan fitur ini, pebisnis bisa melihat statistik pesan terkirm dan pesan yang diterima. Tentu saja fitur ini tidak tersedia di WhatsApp Messenger yang justru penggunanya seringkali menyembunyikan informasi jika pesan telah dibaca.

Centang Hijau

WhatsApp Business memiliki fitur centang hijau untuk para pengguna nya yang telah melakukan verifikasi. Fitur ini memberikan tanda bahwa akunmu telah resmi terdaftar di WhatsApp.

Langkah-Langkah Penggunaan Aplikasi WhatsApp Business 

Lalu, apakah penggunaan aplikasi WhatsApp Business sama dengan WhatsApp Messenger? Berikut langkah-langkah yang dapat kamu ikuti:

1. Unduh lalu buka aplikasi WhatsApp Business: Aplikasi tersebut dapat kamu unduh secara gratis di Google Play Store dan Apple App Store. Ketuk ikon WhatsApp Business pada layar utama telepon kamu.

2. Tinjau Ketentuan Layanan: Baca Ketentuan Layanan, lalu ketuk Setuju dan Lanjutkan untuk menerima ketentuan.

3. Daftar: Pilih negara dari daftar tarik turun untuk menambahkan kode negara, lalu masukkan nomor telepon kamu dalam format nomor telepon internasional. Ketuk Selesai atau Lanjut, lalu ketuk Oke untuk menerima kode pendaftaran 6 digit melalui SMS atau panggilan telepon. Untuk menyelesaikan pendaftaran, masukkan kode 6 digit yang kamu terima.

4. Izinkan akses ke kontak dan foto: Kontak dari buku alamat telepon kamu dapat ditambahkan ke aplikasi WhatsApp Business. Kamu juga dapat mengizinkan akses ke foto, video, dan file yang ada pada telepon kamu.

5. Buat akun: Masukkan nama bisnis, pilih kategori bisnis, lalu pilih foto profil.

6. Buat profil bisnis kamu: Ketuk JelajahiProfil bisnis. Di sini, kamu dapat menambahkan informasi bisnis penting seperti alamat, deskripsi, jam kerja, dan lainnya.

7. Mulai chat. Profil bisnis kamu sekarang telah disetel. Kamu bisa langsung memulai chat kamu dengan pelanggan kamu.

Nah, itu dia langkah-langkah cara menggunakan aplikasi Whatsapp Business yang dapat kamu ikuti. Aplikasi ini sangat mudah dan cocok digunakan para pengusaha bisnis online. Tertarik untuk mencoba? 

Baca Juga: Jenis Usaha Online Yang Menguntungkan

Kursus digital marketing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *