Tanggal:25 May 2024

Sudah Tahu Ciri Ban Mobil Harus Diganti? Ini Penjelasannya

Ban mobil merupakan salah satu komponen mobil yang sangat penting. Ban mobil menjadi salah satu faktor penentu keselamatan dan kenyamanan pengendara, apalagi jika usia ban mobil sudah tua. 

Karena ban lah yang menopang beban mobil agar tetap bisa bergerak, menjaga kenyamanan penumpang, faktor keiritan konsumsi BBM, ketahanan komponen kaki-kaki mobil dan lain sebagainya. Karena sifatnya yang fast-moving, maka kita perlu mengetahui apa saja tanda-tanda ban mobil harus diganti. Berikut ulasannya.

10 Ciri Ban Mobil Harus Diganti

1. Ban Mobil Sudah Berusia Tiga Tahun

Ban mobil pun memiliki batas waktu tertentu agar segera diganti batas normal. Penggunaan ban mobil, yaitu sekitar tiga tahun lamanya. Ban mobil terbuat dari bahan karet yang elastis sehingga kelenturan tersebut akan berubah. Semakin lama, maka karet tersebut akan mengalami penurunan elastisitas dan pada akhirnya karet menjadi getas.

2. Ketebalan Tapak Ban Sudah Mencapai Batas TWI 

Ketebalan ban (sumber: Pexels)

TWI atau Tread Wear Indicator merupakan salah satu tanda pada ban mobil. Tanda ini menjelaskan tentang batas paling kecil ketebalan ban yang yang masih layak untuk digunakan. Jika kemampuan sudah menyentuh di segitiga TWI, maka ban harus segera diganti. Terdapat dua posisi indikator oli pada ban, yaitu bagian tepi ban dan tengah telapak ban. Bagian tepi ban akan terlihat segitiga kecil di area bawah kembang ban. Lalu di tengah telapak ban berupa tonjolan yang tidak tinggi kembang ban. 

Baca juga: 8 Tips Membeli Mobil Bekas, Dijamin Tidak Salah Pilih!

3. Ban Sudah Retak 

Kondisi ban yang sudah retak tentu bahaya jika tetap digunakan. Keretakan ini bisa terjadi karena ban terlalu panas, umur ban yang sudah terlalu tua, atau pengaruh cairan kimia tertentu. Bagian ban yang kerap mengalami keretakan adalah bagian tepi atau samping ban. 

4. Sudah Sering Ditambal 

Sering bocor (sumber: Pexels)

Jika ban mobil bocor, maka salah satu jalan keluar jangka pendek yang kerap dilakukan, yaitu menambal pada bagian yang bocor. Namun, jika memang ban mobil tersebut sudah sering bocor dan ditambal, lebih baik jika menggantinya. Banyaknya tambalan pada ban, ditambah saat menggunakan mobil dengan kecepatan tinggi dan suhu permukaan yang panas. Hal ini bisa saja tambalan ban tersebut lepas dan nyawa bisa jadi taruhannya. 

Baca juga: Airbag: Pengertian, Fungsi, Jenis, Dan Cara Kerja

5. Ban Lecet Karena Benda Keras 

Ban lecet (sumber: Pexels)

Seringkali ban mobil bergesekan dengan benda keras, seperti trotoar atau jalan yang berlubang hingga menyebabkan ban menjadi lecet. Memang dalam keadaan ini ban masih bisa digunakan, tetapi kondisi tersebut bisa menyebabkan masalah karena ketahanan antar ban sudah tidak seimbang. Misalnya, setelah melewati jalan rusak ban masih bisa digunakan, tetapi saat melalui jalan rusak berikutnya belum tentu kondisi ban bisa sebaik seperti sebelumnya. 

6. Ban Sobek 

Sobek (sumber: Pexels)

Saat ban sobek, alangkah baiknya ban tersebut segera diganti walaupun sobekan tidak besar. Hal itu bisa berbahaya jika tetap memaksa untuk menggunakannya. 

7. Kembang Ban Terangkat 

Heel toe merupakan kondisi ban yang kembangnya terangkat. Kondisi ini terjadi pada ban mobil yang sering digunakan di jalanan yang rusak. Apalagi saat mengendarai mobil tersebut menggunakan kecepatan tinggi, sehingga fungsi rem pun menjadi senjata utama pada saat peristiwa itu terjadi. Penggunaan rem yang over itulah dapat menyebabkan kembang ban terangkat. 

Baca juga: Penyebab Busi Motor Hitam Dan Basah

8. Jarak Tempuh Lebih dari 40.000 Km 

Jarak melebihi batas (sumber: Pexels)

Tanda-tanda ban mobil harus diganti selanjutnya, yaitu ban mobil tersebut sudah digunakan dengan jarak tempuh lebih dari 40.000 km. Rentang waktu jarak ini ini berkisar antara 2 sampai 3 tahun dengan pemakaian normal. Ban mobil yang sudah menempuh jarak 40.000 km akan mengalami aus walaupun masih elastis dan bagus. 

9. Pengelupasan Alur Ban 

Ban terkelupas (sumber: Pexels)

Ban merupakan satu komponen mobil yang memiliki beberapa lapisan. Jika lapisan tersebut ada yang terkelupas apalagi bagian alurnya, hal itu bisa memengaruhi performa bahan saat digunakan. 

10. Muncul Benjolan 

Ciri terakhir kalau ban mobil harus segera diganti, yaitu adanya benjolan pada ban. Dengan munculnya benjolan ini, dapat menjadi indikasi adanya konstruksi ban yang rusak dan harus digantikan dengan yang baru. Kondisi ini juga sangat berbahaya untuk digunakan karena sewaktu-waktu ban tersebut bisa saja pecah saat digunakan. Beberapa faktor yang memengaruhi munculnya benjolan pada ban mobil, yaitu waktu dan tekanan angin yang tepat pada ban.

Baca juga: Rekomendasi Motor Untuk Perempuan Ternyaman

Itulah tadi ulasan mengenai beberapa tanda bahwa ban mobil harus diganti. Bukan hanya tentang kenyamanan pengendara dan penumpang, tetapi penggantian ban mobil secara rutin juga memengaruhi keselamatan saat berkendara.

Untuk kamu yang sedang mencari informasi mengenai kesehatan, olahraga, otomotif, hobi, atau gaya hidup, kamu bisa menemukan hal tersebut di dalam blog Vocasia.  

kursus pelatihan membuat bisnis pempek vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *