Tanggal:25 May 2024

7 Contoh Portofolio Copywriter yang Menarik!

Saat ini banyak orang yang mencari contoh portofolio copywriter untuk membuat portofolio yang bagus dan unik. Copywriter memang menjadi salah satu profesi yang sedang banyak sekali dicari oleh perusahaan yang sudah mapan maupun startup.

Bagi kamu yang hobi menulis, copywriter menjadi salah satu jalan untuk menghasilkan uang dari menulis. Copywriter tentu berbeda dengan content writer. Copywriter cenderung lebih berfokus kepada marketing lewat kata-kata. Sementara itu, content writer lebih berfokus kepada penulisan konten.

Menjadi copywriter tentu belum lengkap kalau belum membuat portofolio sendiri supaya nantinya dapat menarik perhatian perusahaan. Apalagi copywriting adalah salah satu profesi yang bergerak di bidang kreatif. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mengetahui referensi portofolio untuk copywriter. Sehingga nantinya portofolio milik kamu bisa membuat perusahaan lebih tertarik dan mengakui hasil kerja dan kemampuan.

Contoh Portofolio Copywriter yang Menarik

Untuk membuat portofolio copywriter, sebenarnya ada beragam platform yang bisa kamu gunakan. Kamu bisa memanfaatkan LinkedIn, Pinterest, membuat website sendiri, atau cara lainnya.

Pada intinya, portofolio yang kamu susun harus memuat segala hal yang terkait dengan pekerjaan dan bisa meyakinkan orang yang melihatnya. Ada beberapa karya yang bisa kamu masukkan ke dalam portofolio copywriter. Berikut diantaranya:

1. Terry Lively

Sosial media menjadi platform yang cocok untuk membagikan portofolio yang kamu miliki. Terri Lively contohnya, ia menggunakan platform Pinterest untuk membagikan contoh portofolio copywriter yang telah ia buat.
Terri Lively membagikan hasil tulisannya lewat blog yang ia cantumkan. Ia langsung menyajikannya lewat landing page sehingga orang-orang otomatis akan tertarik untuk melihatnya.

Tak hanya itu, Terri Lively juga memberikan sedikit gambaran menarik terkait foto-foto yang ia tampilkan. Contoh portofolio copywriter dari Terri Lively ini bisa kamu tiru untuk nantinya kamu membuat portofolio sendiri.

Baca Juga: Profesi SEO Specialist: Gaji Dan Tugasnya

2. Jennifer Locke

Portofolio yang satu ini juga dapat menjadi inspirasimu untuk membuat portofolio copywriter. Jennifer Locke Writes membuat contoh portofolio copywriter dengan desain yang terlihat sederhana, sehingga sangat menarik bagi para pengunjung.

Selain itu, Jennifer Locke juga kerap kali membuat contoh tulisan yang fleksibel untuk berbagai platform media sosial. Hal tersebut tentu akan sangat berguna bagi kamu seorang copywriter yang harus menulis untuk berbagai keperluan bisnis di berbagai platform media sosial.

3.  Jose Benitez

Copywriter memang berbicara tentang permainan kata-kata. Jose Benitez terlihat sangat cerdas dengan memainkan kata-kata untuk membuat portofolionya.

Saat membuka website dari Jose Benitez, kamu akan menemui kalimat sapaan seperti di atas. Di bawahnya ia menuliskan, “scroll down to see sweat, blood, and tears“. Dari situ para pembaca tentu dibuat penasaran terhadap apa yang akan ditunjukkan oleh Jose Benitez di website-nya. Hal itu bisa membuat para pengunjung akan semakin penasaran dan terus melakukan scroll down.

Jose Benitez menjadi salah satu contoh portofolio copywriter yang direkomendasikan bagi kamu yang suka bermain kata-kata. Kamu juga dapat membuat portofolio copywriter seperti Jose Benitez dengan memainkan kata-kata agar orang-orang penasaran terhadap apa yang akan kamu tunjukkan.

Baca Juga: 5+ Formula Copywriting Yang Perlu Kamu Tahu!

4.  Devina Van Buren

Contoh portofolio copywriter lainnya yang dapat kamu lihat adalah milik Davina van Buren. Selain menjadi seorang traveler, Davina van Buren juga merupakan seorang jurnalis yang mengumpulkan portofolionya ke dalam suatu tempat.

Davina van Buren membuat blognya menjadi sangat rapi. Tidak hanya seorang jurnalis, ia juga membuat kategori content marketing strategist dan brand development partner sehingga orang-orang akan dengan mudah mencari informasi yang mereka butuhkan.

Membuat kategori seperti yang dilakukan Davina van Buren merupakan langkah yang tepat untuk membuat portofolio yang bagus. Contoh portofolio copywriter di atas dapat kamu tiru, sebab terlihat sangat minimalis dan sederhana.

5. Mai Nguyen

Mai Nguyen lulus dengan gelar Bachelor of Journalism dari Ryerson University. Karya jurnalistiknya telah diterbitkan dalam publikasi besar seperti Wired dan Washington Post. Selain menjadi jurnalis, dia juga seorang penulis dan copywriter.
Portofolio copywriter milik Mai Nguyen memiliki dua elemen utama dalam tata letak dua kolom. Pertama adalah foto dirinya saat tersenyum, serta bagian biodata. Kemudian, barulah May memasukan unsur portofolionya di bagian utama website.

Karena mengusung konsep gaya penulisan formal, portofolio milik Mai Nguyen terlihat sangat profesional dan meyakinkan. Selain itu, ia juga menambahkan elemen seperti hasil desain dan portofolio lain yang membuat pembaca beranggapan bahwa Mai Nguyen mempunyai skill yang luas.

Halaman portofolio Mai secara akurat ia beri judul “Bylines New”. Di dalamnya, dia juga mencantumkan artikel terbaru yang ia tulis atas namanya. Konten tersebut diatur secara minimalis dengan banyak ruang putih yang menampilkan konsep profesional dari karyanya yang indah.

Baca Juga: Ini Dia, Contoh Copywriting Produk Kesehatan!

6. Gari Cruze

Gari Cruze telah mengubah kecintaannya pada kata-kata menjadi sebuah profesi yang menjanjikan. Dia adalah seorang copywriter periklanan yang telah membuat iklan digital dan sosial untuk merek-merek besar seperti Lyft, CES, dan P&G, dan lain-lain.

Contoh portofolio copywriter milik Gari terlihat seperti portofolio situs web desain, dan penulis pada umumnya. Ia memberikan konsep full color sekaligus happy pada hasil portofolionya. Selain itu, Gari juga menambahkan hasil fotografi profesionalnya sebagai nilai jual tambahan.

Portofolio milik Gari Cruze ini sangat layak kamu jadikan contoh, terutama jika kamu ingin mengetahui cara membuat portofolio copywriter profesional dengan unsur fotografi.

7. Ashley R. Cummings

Ashley menyediakan berbagai layanan penulisan, mulai dari menulis blog dan ebook hingga salinan situs web. Karyanya sering terbit di blog perusahaan besar seperti Blog E-niaga Perusahaan Shopify Plus, Blog Salesforce, dan lain sebagainya.

Situs Ashley sebenarnya terlihat seperti situs web bisnis kecil pada umumnya. Namun, siapa sangka justru hal itu yang membuat portofolio copywriter miliknya menjadi lebih unik dan profesional. Misalnya, pada bagian beranda, ia memiliki rangkai salindia “Reason to Call”. Di mana ia menjelaskan mengapa klien potensial harus mempekerjakannya.

Selain itu, ia juga menjelaskan pengalaman dan skill miliknya secara gamblang dan singkat. Ashley juga sering memberikan tambahan fotografi profesional agar situsnya semakin menarik. Portofolio milik Ashley R. Cummings ini sangat cocok bagi kamu para pemula di dunia penulisan.

Dari beberapa rekomendasi contoh portofolio copywriter di atas, kira-kira kamu tertarik untuk membuat yang seperti apa? portofolio copywriter menarik yang dapat kamu jadikan inspirasi, tentunya! Semangat, ya.

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *