Tanggal:25 April 2024

8 Tips Membeli Mobil Bekas, Dijamin Tidak Salah Pilih!

Membeli barang bekas memang mendapatkan harga yang lebih murah dari harga barang baru tersebut, namun kamu harus berhati-hati. Dalam membeli barang bekas, kamu harus pintar memilih barang tersebut layak kamu beli atau tidak, apalagi jika barang bekas itu mobil.

Kamu ingin membeli mobil bekas dengan kualitas bagus dan masih mulus? Kalau begitu, kamu butuh survei! Tapi tenang, Vocasia sudah merangkum 8 tips membeli mobil bekas untuk kamu, simak rangkumannya di bawah ini.

Baca Juga | Sangat Menjanjikan, Berikut 9 Cara Membuka Usaha Cuci Mobil Dan Motor

1. Sesuaikan Budget yang Kamu Miliki

Sebelum memilih mobil bekas yang akan ingin dibeli, tips membeli mobil bekas matic ataupun manual paling pertama adalah mengetahui berapa harga mobil yang ingin kamu beli. Sehingga kamu sudah bisa merencanakan skema pembayarannya sejak awal dan tidak akan mengganggu keuanganmu di kemudian hari.

Baca Juga | 9 Aplikasi Pengatur Keuangan, Solusi Terbaik Mengendalikan Keuangan Yang Terpercaya, Yuk Coba!

2. Cari Tahu Siapa Penjualnya Sebelum Bertransaksi

Pembeli mobil bekas, biasanya tidak sabar dan cenderung terburu-buru dalam mencari mobil yang telah diincar, padahal yang baik adalah mencari dengan sabar dan teliti. Hal ini agar pembeli mendapatkan mobil bekas yang sehat dan prima. Tak hanya itu, pembeli juga harus teliti terhadap identitas penjualnya sebelum melakukan transaksi. Sebab, ada kemungkinan terjadinya penipuan entah uang dibawa kabur atau kejahatan lainnya.

Jika memang merasa cocok dengan mobil yang menjadi incaran ada baiknya kamu menjalin hubungan dengan penjual untuk memverifikasi infomasi mobil yang dicari. Sebab, ada beberapa mobil yang dijual dengan cara dititipkan di dealer. Karena itu, coba cek dan ricek mengapa mobil ini dijual, mengapa mobil dijual dengan cara dititipkan. Banyak juga langsung negosiasi dengan penjual. Namun ada baiknya lihat dulu mobil yang dicari, kemudian baru melakukan penawaran.

Baca Juga | 11 Rekomendasi Mobil Keluarga Terbaik Dan Ternyaman 2022

3. Lakukan Survei Secara Langsung

Tips membeli mobil bekas online yang paling penting adalah melakukan survei tempat. Survei tempat bisa dilakukan ke dealer offline. Hal ini akan memudahkanmu untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas. Sebaliknya, jika hanya memeriksa ketersediaan via website atau secara online, ada potensi terjadinya penipuan kondisi mobil yang cukup tinggi. Untuk itu, ada baiknya mengecek secara online maupun offline untuk memverifikasi ketersediaan mobil yang ada.

Baca Juga | Wajib Tahu! Inilah Kelebihan Dan Kekurangan Kartu Kredit

4. Cek Kondisi Eksterior Mobil

Tak hanya penjualnya, hal yang perlu mendapatkan pengecekan selanjutnya adalah pada bagian bodi dan eksterior mobil. Kamu perlu memperhatikan setiap komponen body mobil, apakah masih terlihat dan dapat berfungsi dengan baik. Jangan lupa, perhatikan juga jika ada bekas perbaikan atau kualitas cat yang tak merata. Pastikan semua komponen body masih dalam keadaan lengkap. Detail lainnya yang biasanya terlewat adalah pengecekan pada celah body dan kondisi ruang mesin serta kolong mobil.

Baca Juga | 7 Cara Bisnis Bengkel Motor Yang Sangat Mudah Dan Menguntungkan

5. Periksa Kondisi Kelengkapan Aksesoris dan Interior Mobil

Selanjutnya, saat kamu akan melakukan pemeriksaan kondisi mobil, mulailah dengan periksa bagian interior mobil. Ada banyak komponen interior yang perlu dicek fungsinya. Misalnya saja AC, sistem audio, dan switch lampu. Kamu juga harus pastikan semua fitur dapat berfungsi dengan baik, terutama fitur keamanan seperti sabuk pengaman.

Setelah itu, perhatikan juga kondisi interior mobil. Coba kamu duduki jok depan dan belakang apakah masih nyaman, periksa kondisi dashboard, plafon dan karpet. Perhatikan pula bau interior, apakah interior berbau apek? Jika iya, ini bisa menjadi salah satu indikasi mobil tersebut pernah kena banjir.

Baca Juga | Franchise Planet Ban, Jaringan Sparepart Motor Terbesar Di Indonesia

6. Tanyakan Mengenai Performa Mesin

Mesin merupakan salah satu bagian penting dari proses pengecekan mobil. Mengecek performa mesin pada mobil bekas harus dengan cermat dan teliti. Periksa juga secara menyeluruh, apakah ada kebocoran oli pada blok mesin atau komponen lainnya.

Setelah itu, kamu bisa melakukan test drive jika showroom atau dealer atau penjual meminta calon pembeli untuk mencoba mobil tersebut. Saat test drive ini perhatikan dengan baik, mulai dari laju kendaraan, tarikan gas, kondisi rem, transmisi, hingga kaki atau per mobil, dengan begitu bisa menilai mobil bekas tersebut masih nyaman atau tidak.

Baca Juga | Kenali Perbedaan Vellfire Dan Alphard!

7. Periksa Riwayat Service Kendaraan

Sebaiknya sebelum membeli mobil bekas, kamu bisa menanyakan terkait riwayat service-nya. Sebab hal ini akan mempermudah kamu jika mobil bekas yang dibeli rajin dirawat di bengkel resmi. Kamu juga bisa memastikan kondisi mobil incaran dengan memeriksa riwayat service kendaraan.

Perhatikan juga pemilik sebelumnya apakah telah melakukan perawatan berkala dengan disiplin dan terdokumentasi dengan baik pada catatan atau buku servis. Jika pada akhirnya kamu menemukan bahwa mobil tersebut pernah mengalami perbaikan akibat kecelakaan, banjir atau tidak terawat dengan baik, maka sebaiknya hindari saja.

Baca Juga | NPWP: Pengertian, Golongan, Fungsi, Dan Jenisnya

8. Teliti Kelengkapan Surat

Surat-surat kendaraan merupakan hal penting yang juga wajib kamu teliti dan perhatikan saat membeli mobil bekas. Pastikan kamu mendapatkan BPKB dan STNK yang asli. Perhatikan dan teliti keaslian BPKB dan STNK mobil bekas tersebut, sebab saat ini banyak sekali beredar surat-surat berharga palsu agar mobil curian laku dengan harga tinggi.

Kamu juga wajib memastikan bahwa mobil yang akan kamu beli memiliki BPKB dan STNK dengan nama asli pemiliknya. Dengan demikian, BPKB dan STNK yang asli dan lengkap maka akan mempermudah kamu untuk urusan balik nama dan administrasi lainnya.

Baca juga | Tips Menjadi Sales Motoris Profesional, Cocok Untuk Pemula!

kursus belajar membuat dimsum vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *