Tanggal:16 May 2024

Cara Bijak Mengatasi Gaslighting di Tempat Kerja

Pernah merasa bersalah saat bekerja padahal tidak melakukan apapun? Atau mungkin, selalu mempertanyakan diri sendiri setelah berdiskusi dengan rekan kerja? Hati-hati, bisa jadi kamu korban gaslighting.

Meski sering dikaitkan dengan hubungan asmara, salah satu tindak pelecehan psikologis ini juga bisa terjadi di mana saja loh, termasuk tempat kerja. Gaslighting merupakan bentuk manipulasi yang dapat menyebabkan korban meragukan dirinya sendiri. Karena itu pada artikel ini, Vocasia akan memberikan cara-cara yang bisa kamu lakukan dalam mengatasi gaslighting di dunia kerja.

1. Meyakini bahwa kamu benar

Gaslighting adalah tentang mendistorsi rasa realitas kamu. Jadi, jika kamu tahu bahwa kamu mengalami gaslighting, luangkan waktu untuk benar-benar duduk dengan apa yang kamu ketahui untuk membuat diri kamu kembali ke kenyataan. Mempercayai diri sendiri adalah kunci untuk mengatasi hal ini.

2. Mengumpulkan bukti

Orang yang memiliki perilaku gaslighting mudah sekali mengelak dari berbagai macam tudingan. Sehingga untuk membuktikan perilaku tersebut, korban sebaiknya mengumpulkan barang bukti yang menunjukkan perilaku gaslighter sebenarnya. Bukti itu bisa berupa pesan singkat, telepon, gambar, video atau suara. Bila perlu catat kejadian dimana gaslighting terjadi.

Upaya pengumpulan barang bukti ini dilakukan untuk mengetahui seberapa parah perilaku gaslighting ini terjadi kepadamu, apakah masih dalam tahap yang wajar atau sudah keterlaluan. Bila sudah keterlaluan maka perilaku ini bisa dilaporkan pada jajaran HRD atau petinggi.

3. Melaporkan ke HRD

Jika keadaan ini semakin membuat kamu tertekan dan malah menurunkan produktivitas kamu dalam bekerja, maka tidak ada salahnya untuk melaporkan kejadian yang kamu alami ke HRD. Ada beberapa skenario yang mungkin terjadi, pertama yakni HRD tidak bisa memproses keluh kesahmu tersebut, mereka akan memindahkan pekerjaan kamu ke bidang lain, atau membuat manajer kamu mundur.

Baca Juga: Cara Menghadapi Rekan Kerja yang Manipulatif

4. Pelajari polanya

Dikutip dari Psychology Today, Carol A. Lambert, seorang psikoterapis berkata bahwa para gaslighter cenderung melakukan tindakan manipulatif di mana mereka akan selalu mencari cara untuk berbohong, memfitnah, atau melakukan apa pun yang dapat membuat korbannya merasa tidak yakin dengan dirinya sendiri. Sehingga hal mendasar untuk menghadapi tindakan pelecehan emosional ini adalah membekali diri dengan pemahaman mengenai gaslighting, agar korban dapat mengetahui ciri-ciri pelaku gaslighting dan trik manipulatif yang mereka lakukan.

Baca Juga: Cara Menhadapi Rekan Kerja yang Suka Mengeluh

5. Komunikasikan langsung dengan pelaku

Jika kamu sudah merasa yakin dengan situasi yang sedang kamu hadapi, kamu bisa mencoba untuk mengajak bicara si pelaku. Ajak kolega untuk bertemu dengan pelaku untuk membicarakan mengenai tindakan yang pelaku lakukan kepada kamu dan kolegamu.

Baca Juga: Cara Menghadapi perbedaan Pendapat Dengan Rekan Kerja

Baca Juga: Cara Elegan Menghadapi Rekan Kerja yang Meremehkanmu

Hindari menyampaikan kalimat tuduhan dan nada konfrontatif, tapi tanyakan solusi agar kalian bisa memiliki hubungan kerja yang lebih baik. Pertemuan langsung ini bisa menentukan apakah pelaku sengaja melakukan tindakan tersebut atau justru mereka tidak sadar telah melakukannya.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *