Tanggal:26 April 2024

7 Contoh Content Marketing Untuk Meningkatkan Strategi Bisnis

Content marketing (pemasaran konten) merupakan salah satu teknik pemasaran terbaik dan paling efektif di era internet saat ini. Sesuai dengan namanya, content marketing memanfaatkan penggunaan konten dalam pemasaran online. Banyak lho, perusahaan terkemuka yang telah menggunakan metode ini sebagai strategi bisnis untuk meningkatkan brand awareness.

Nah, pada pembahasan kali ini, kami akan memberikan 7 contoh content marketing yang mungkin bisa kamu jadikan referensi promosi bisnismu. Tanpa harus berlama-lama lagi, yuk langsung saja simak contoh content marketing di bawah ini.

Baca juga: Apa Itu Content Marketing?

7 Contoh Content Maketing

1. Situs Web

Free Person Using a Macbook Pro on a White Table Stock Photo

Situs Web. Sumber: pexels.com

Menggunakan situs web atau blog sebagai content marketing bisa menjadi pilihan pertama yang dapat kamu coba. Kamu juga bisa mengaplikasikan strategi SEO dan SEM ke dalamnya. Selain itu, metode ini merupakan salah satu strategi content marketing yang dapat kamu temui dengan mudah.

2. Video

Free Black female demonstrating knitting sweater and recording video on smartphone Stock Photo

Video. Sumber: pexels.com

Strategi content marketing berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan video. Kamu bisa merekam video pemasaran lalu mengunggahnya ke berbagai media sosial atau layanan berbagi video daring. Perhatikan pula kualitas videonya, buatlah video yang mampu menggambarkan produk atau jasa yang kamu tawarkan dengan baik.

Gary Varchenuk merupakan salah satu dari sekian banyak orang yang menggunakan strategi ini. Ia telah memasarkan berbagai produk melalui sebuah kanal YouTube, salah satunya adalah bisnis anggur milik keluarganya.

3. Surat Elektronik

Free Gold Letter Y on Black Background Stock Photo

Surat Elektronik. Sumber: pexels.com

Pernahkah kamu mendapat notifikasi surat elektronik yang berisi berbagai penawaran produk ataupun jasa. Sebenarnya, email yang masuk itu adalah bentuk pemasaran konten.

Strategi ini cukup populer di kalangan pebisnis. Akan tetapi, efektivitas dari content marketing surat elektronik terbilang cukup rendah. Hal tersebut tentunya bukan tanpa alasan, kebanyakan orang malah merasa terganggu dengan notifikasi yang terus masuk dan tak kunjung usai tersebut. Mereka acap kali tak menghiraukannya, bahkan terkadang memasukkannya ke dalam kotak spam.

4. Postingan Media Sosial

Free Facebook Application Icon Stock Photo

Postingan Sosial Media. Sumber: pexels.com

Jenis pemasaran yang satu ini sangat efektif apalagi saat ini adalah era digital di mana banyak orang lebih suka menghabiskan waktu menjelajah media sosial. Selain cukup praktis, jenis pemasaran social media marketing juga bisa menjangkau banyak pelanggan baru dan bisa langsung berinteraksi dengan merea.

Jadi bisa dikatakan jika melakukan promosi melalui social media dapat memperluas jangkaun content marketing dengan bantuan platform media sosial. Membuat content marketing dengan postingan media sosial merupakan strategi pemasaran yang sederhana dan sangat mudah untuk dikelola. Meski begitu, dampak dari social media marketing pada perusahaan sangatlah besar.

Baca juga: Pentingnya Content Planning Untuk Bisnis Dan Tips Cara Membuatnya

5. Podcast

Free Person in White Dress Shirt Sitting Beside Brown Wooden Table With White Ceramic Mug and Black Stock Photo

Podcast. Sumber: pexels.com

Siniar atau podcast merupakan kumpulan file audio digital yang dapat kamu dengarkan baik secara langsung maupun mengunduhnya terlebih dahulu. Content marketing dengan metode ini masih jarang kita temui di Indonesia. Akan tetapi, menjadikan podcast sebagai media content marketing sudah menjadi hal yang wajar di luar negeri.

Seorang penulis buku terkemuka asal Amerika, Michael Hyatt, merupakan salah satu pelopor content marketing podcast. Ia memiliki konten siniar bertajuk ‘Lead to Win’ dengan jumlah unduhan lebih dari 250.000 tiap bulannya. Di dalam podcast cuma-cuma miliknya, Michael memberikan berbagai informasi mengenai buku dan kursus yang ia miliki.

6. Buku

Free The World Atlas of Coffee Book Stock Photo

Buku. Sumber: pexels.com

Kamu pasti jarang atau bahkan tidak pernah mendengar strategi content marketing melalui media buku, kan? Metode ini memang cukup merepotkan karena mengharuskan pebisnis untuk mengeluarkan biaya cetak buku yang tidak murah.

Akan tetapi, content marketing  menggunakan media buku dapat kamu jadikan pilihan karena unik dan masih jarang kita jumpai di Indonesia. Book Yourself Solid merupakan contoh nyata yang telah sukses menjual berbagai produk menggunakan metode ini.

7. Infografik

Free Black Flat Screen Computer Monitor Stock Photo

Infografik. Sumber: pexels.com

Sesuai namanya, content marketing infographic menggunakan berbagai data, informasi, dan pengetahuan dalam bentuk grafik. Hal tersebut bertujuan untuk memudahkan proses marketing. Calon pelanggan juga akan lebih mudah menyerap informasi mengenai produk yang kamu jual.

Untuk dapat memahaminya lebih lanjut, kamu bisa melihat berbagai contoh content marketing infografik yang telah Michael Schmitz himpun di media berbagi foto, Pinterest. Untuk melakukan strategi pemasaran yang satu ini, kamu harus memiliki kemampuan mendesain, analisis informasi, dan storytelling yang cakap untuk dapat menyusun strategi ini dengan baik.

Baca juga: Ingin Jadi Content Strategist? Berikut Tugas-Tugasnya!

Demikianlah contoh content marketing yang dapat menjadi referensimu dalam mempromosikan bisnis atau usahamu. Kamu bisa memilih salah satu atau bahkan menggunakan semuanya.

Selain itu, kamu juga harus mempelajari cara membuat strategi konten untuk pemasaran online agar memperoleh hasil yang maksimal. Salah satunya, kamu bisa belajar di kursus “Digital Marketing”. Seiring dengan berjalannya waktu dan perkembangan teknologi, aktivitas pemasaran mulai berkembang, maka bisnismu pun harus terus update dengan segala kemajuan yang ada.

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
scale up bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *