Tanggal:17 June 2024
Pengertian content planning (rawpixel.com)

Pentingnya Content Planning untuk bisnis dan Tips Cara Membuatnya

Apa itu content planning?

Perencanaan adalah bagian di mana Anda benar-benar memutuskan apa yang akan Anda lakukan dan kapan. Di sinilah Anda membuat topik untuk membahas tema Anda, memilih jenis dan taktik konten tertentu untuk mengatasi tujuan dan preferensi audiens Anda, lalu memasukkan semuanya ke dalam kalender editorial Anda.

Baca Juga | Ingin Jadi Content Strategist? Berikut Tugas-Tugasnya!

Kenapa content planning itu penting?

  • Meningkatkan konsistensi

Memiliki banyak konten acak yang tidak terhubung di berbagai saluran hanya akan membingungkan audiens Anda. Begitu juga dengan menggunakan nada yang berbeda atau mendistribusikan konten yang tidak relevan. Memposting secara acak dan pada jadwal yang tidak konsisten akan mengurangi tingkat keandalan dan konsistensi Anda. Pelanggan Anda akan menemukan diri mereka mengunjungi halaman Anda lebih sering karena Anda menjadi lebih konsisten dengan posting media sosial Anda

Baca Juga | 5 Jenis konten Video yang dapat menghasilkan uang

  • Meningkatkan target audiens

Strategi konten dapat membantu Anda lebih memahami audiens Anda dan membuat konten yang relevan dengan kebutuhan mereka. Ini juga dapat membantu Anda mendistribusikan konten tersebut di saluran yang tepat. Lagi pula, tujuan pemasaran konten adalah untuk menyediakan konten yang tepat, kepada orang yang tepat, pada waktu yang tepat, dan strategi yang komprehensif dapat membantu Anda mencapainya.

Baca Juga | Berikut Ini Cara Promosi Podcast yang Tepat!

  • Meningkatkan kualitas branding

Penting untuk diingat bahwa kualitas konten yang Anda buat dan bagikan akan bernilai bagi audiens Anda dan karenanya meningkatkan kredibilitas Anda sebagai merek dan pemimpin pemikiran dalam vertikal/industri tertentu. Ini juga memainkan peran besar dalam jumlah daya tarik yang akan Anda terima dari posting Anda. Aturan nomor satu adalah menjaga konten tetap relevan dengan bisnis Anda dan memastikan konten yang dibagikan berwawasan luas.

  • Meningkatkan skor SEO

Penting untuk mengoptimalkan konten Anda seperti kata kunci, jenis citra atau video, dan judul untuk memastikan blog Anda SEO friendly. Berbagi blog di platform sosial Anda bukan hanya cara yang bagus untuk mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda, tetapi juga cara sederhana untuk meningkatkan skor SEO Anda.

konten kreator

konten kreator – @rawpicel.com

Tips membuat content plan

Membuat rencana konten untuk media sosial akan memaksimalkan upaya pemasaran Anda di platform sosial dan membuat Anda tetap di jalur untuk mencapai tujuan bisnis Anda.

1. Kenali target audiens Anda

Untuk menggunakan media sosial sebagai alat pemasaran yang efektif, Anda perlu mengenal audiens target Anda. Menentukan audiens Anda berdasarkan demografi atau usia, jenis kelamin, dan status perkawinan mereka tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Untuk berhubungan dengan audiens Anda, Anda perlu mengenal mereka secara pribadi. Ini dapat dilakukan dengan menempatkan diri Anda pada posisi mereka. Jika Anda adalah seseorang dalam audiens target Anda, bagaimana Anda akan meneliti suatu produk?

2. Menentukan tujuan

Apa yang ingin Anda capai melalui rencana konten media sosial? Apa tujuanmu? Mendefinisikan tujuan Anda penting untuk membuat rencana dan menilai efektivitasnya.

Membangun komunitas, meningkatkan kesadaran merek, dan membuat pelanggan terlibat adalah beberapa tujuan yang sangat baik untuk dipertimbangkan dalam kampanye sosial Anda.

3. Pilih platform sosial yang sesuai

Platform media sosial bervariasi dalam penggunaan dan penggunanya. Sebelum memilih platform atau platform untuk meluncurkan kampanye pemasaran, teliti opsi Anda untuk melihat di mana kemungkinan besar Anda akan menemukan audiens target Anda. Facebook, Twitter, Pinterest, Instagram, YouTube dan LinkedIn adalah beberapa jaringan media sosial terkemuka di internet saat ini. Ada banyak cara untuk berbagi konten di situs ini.

Baca Juga | 5 Kreator Youtube Indonesia Paling Hits, Siapa Aja Ya?

4. Topik konten penelitian

Setelah Anda menentukan platform sosial apa yang akan digunakan, mulailah merencanakan konten Anda. Teliti topik konten dan buat daftar calon subjek yang dapat Anda gunakan selama periode waktu tertentu. Dorong partisipasi audiens dengan meminta komentar, membuka topik untuk debat, atau mengikuti survei untuk melihat konten seperti apa yang diinginkan pelanggan Anda.

Baca Juga | Panduan Cara Membuat Video Marketing Untuk Bisnis

5. Bangun kepercayaan pelanggan melalui keterlibatan

Mendorong konten di media sosial mungkin menyampaikan pesan Anda, tetapi itu tidak cukup untuk beresonansi dengan calon pelanggan atau memenangkan kepercayaan mereka. Cara terbaik untuk membangun pengikut adalah melalui keterlibatan pribadi dengan audiens Anda.

Terbukalah dengan pelanggan Anda. Gunakan platform sosial Anda untuk menjalin hubungan dengan audiens Anda, mempromosikan niat baik, dan menyediakan layanan pelanggan. Saat orang-orang mempercayai Anda, mereka cenderung membeli merek Anda.

Baca Juga | Pentingnya Engagement Rate untuk Bisnis Online

Demikianlah penjelasan terkait content plan. Content plan adalah bagian penting dalam mengembangkan konten menarik Anda yang berkonversi. Di mana pun pelanggan Anda berada di saluran pemasaran, Anda harus dapat menyediakan konten yang menggambarkan dengan tepat tujuan merek dan produk Anda. Dengan sedikit perencanaan dan banyak usaha, Anda akan melihat perubahan nyata dalam kualitas dan penerimaan konten Anda.

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *