Tanggal:14 May 2024

Ingin Jadi Content Strategist? Berikut Tugas-Tugasnya!

Kalau sekarang sedang berada atau bekerja di bidang media digital dan sebagainya, pasti tahu banget sama posisi pekerjaan yang satu ini. Ada yang sudah tahu belum apa itu Content Strategist? Profesi yang satu ini merupakan salah satu profesi yang cukup populer di kalangan era digital saat ini, menarik banget bukan? 

Content Strategist adalah salah satu pekerjaan yang memiliki hubungan atau relasi di dalam bidang digital marketing. Secara garis besar, seorang content strategist pekerjaannya adalah membuat konten, menentukan kebutuhan konten yang akan dibuat, dan menjadwalkannya untuk kapan didistribusikan ke publik. Tidak hanya skill pemasaran yang ditantang, tetapi analisis juga harus bisa ya! 

Lalu, ada apa aja sih tugas-tugas dari seorang content strategist? Tentunya banyak dong! Tetapi, kembali lagi pada perusahaan masing-masing, karena content strategist akan mengikuti alur dan kemauan dari perusahaan dalam membuat dan mendistribusikan konten, bukan langsung dari content strategistnya. Mau tahu apa saja tugas-tugasnya? Yuk kita cek bareng!

Baca Juga | 6 Cara Membuat Konten Yang Menarik Di Sosmed, Yuk Coba!

1. Menyusun Strategi & Meningkatkan Promosi Dari Kualitas Konten

Seorang content strategist harus bisa dan handal dalam menyusun strategi konten yang akan mereka ciptakan. Tidak hanya itu, content strategist juga harus bisa meningkatkan promosi dari kualitas konten. Skill pemasaran kamu akan diuji dalam hal ini, maka dari itu sangat penting sekali kamu memiliki background dari marketing ya!

2. Menetapkan Strategi Editorial di Semua Platform

Content Strategist juga harus rajin dan disiplin dalam memaparkan strategi editorial mereka untuk beberapa waktu kedepan, mengapa begitu? Hal ini agar konten yang akan dibuat dan dipasarkan tidak berantakan dan tergesa-gesa saat pembuatan. Kamu juga akan merasa aman mengetahui kamu sudah menyiapkan konten-konten yang nantinya akan dipasarkan di beberapa platform perusahaan.

Baca Juga | Yuk Intip! Pentingnya Content Planning Untuk Bisnis Dan Tips Cara Membuatnya

3. Membuat & Menyamakan Gaya dari Semua Konten Yang Dibuat

Di dalam perusahaan, pastinya memiliki ciri khas atau style yang sangat identik banget. Hal ini agar perusahaan atau brand yang dipasarkan memiliki orisinalitas dan otentisitas yang sangat tinggi. Maka dari itu, kamu harus membuat dan menyamakan gaya dari semua konten yang akan atau sedang dibuat. Jangan sampai, setiap konten yang kamu buat itu berbeda-beda. Hal tersebut dapat memperhambat proses pemasaran yang ampuh.

4. Menganalisis Apakah Strategi Content Marketing Sudah Bisa Berjalan Dengan Baik

Saat kamu sudah melakukan semua itu, saatnya untuk melakukan evaluasi dan analisis dari strategi konten marketing yang sudah kamu buat. Apakah berhasil, stabil, menurun, atau gagal? Jika kamu sudah menentukan hasilnya, kamu akan dapat melanjutkan pembuatan konten selanjutnya tentunya dengan hasil analisis tersebut. Yang pasti, inginnya konten kamu berhasil di pasaran ya! Asal kamu ikuti semua tugas-tugas dari seorang content strategist di atas, pasti berhasil kok!

Nah kamu sudah tahu nih tugas-tugas apa saja yang dilakukan oleh seorang Content Strategist, kamu minat gak nih jadi Content Strategist? Jangan lupa tugas-tugasnya ya!

Baca Juga | Apa Content Marketing? Yuk Simak Penjelasannya

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *