Tanggal:20 May 2024

7 Contoh CV Beasiswa Beserta Fungsi dan Cara Membuatnya

Hai, Sobat Vocasia! Kamu ingin mendapatkan beasiswa impian? Tahukah kamu salah satu langkah penting dalam mencapai tujuan ini adalah dengan menyusun CV beasiswa yang menarik dan informatif. Di tengah persaingan yang ketat, CV beasiswa yang menarik dan informatif bisa menjadi kunci untuk membedakan dirimu. Jangan khawatir, karena Minvo akan memberikan tips berharga tentang cara membuat CV beasiswa, contoh CV beasiswa, dan rahasia yang dapat membantu kamu untuk meraih beasiswa impian. Langsung disimak ya! Jangan lewatkan informasi berikut yang dapat merubah hidupmu!

 

Pengertian CV Beasiswa

CV beasiswa merupakan dokumen informasi tentang diri kamu, pendidikan, pengalaman, dan prestasi yang relevan ketika kamu mengajukan permohonan untuk mendapatkan beasiswa. Fungsi dari CV ini adalah untuk memperkenalkan diri kepada pemberi beasiswa dan untuk memberikan gambaran lengkap mengapa kamu layak mendapatkan beasiswa ini.

Menurut zety.com, CV beasiswa adalah dokumen yang menyajikan tujuan karir, prestasi dan aktivitas akademik, keterampilan, dan pengalaman sukarela atau kerja Anda.

Struktur CV Beasiswa

Sebelum kita melangkah lebih jauh, mari kita pahami struktur CV beasiswa terlebih dahulu karena struktur CV beasiswa memainkan peran krusial dalam memberikan gambaran yang jelas dan teratur tentang siapa kamu.

Berikut komponen utama yang harus ada dalam CV beasiswa:

Identitas Diri

  • Nama Lengkap
  • Alamat Lengkap
  • Nomor Handphone
  • Email Aktif

Deskripsi Diri

Jelaskan tentang latar belakang kamu, tujuan kamu mendapatkan beasiswa dan bagaimana beasiswa ini dapat membantu kamu mencapai tujuan pendidikan atau karier kamu, serta jelaskan minat bidang kamu.

Riwayat Pendidikan

Mencantumkan riwayat pendidikan sangatlah penting dalam struktur CV beasiswa, karena tujuan dari beasiswa biasanya untuk memenuhi kebutuhan dalam bidang akademik. Kamu bisa menuliskan riwayat pendidikan terakhir kamu di dalam CV, lengkap dimulai dari nama institusi, tahun lulus, dan gelar kamu.

Riwayat Organisasi/Komunitas

Pengalaman organisasi bisa menjadi nilai plus buat kamu, karena dengan aktif organisasi maka tim yang menyeleksi akan menilai kamu aktif berkontribusi di masyarakat. Kamu dapat menuliskan nama organisasi, jabatan kamu di organisasi dan jelaskan kontribusi kamu di organisasi tersebut.

Riwayat Magang

Dengan kamu mempunyai pengalaman magang akan menjadi poin plus buat kamu, karena dengan pengalaman magang membuat kamu mendapat wawasan tentang tren, tantangan, dan peluang dalam industri tersebut. Hal ini dapat dijadikan bukti bahwa kamu memiliki pandangan yang luas tentang bidang yang diminati. Kamu dapat menuliskan nama instansi, dengan posisi apa, dan juga kontribusi kamu untuk perusahaan.

Riwayat Pelatihan / Seminar

Pengalaman pelatihan/seminar dapat menunjukkan bahwa kamu telah mengumpulkan berbagai macam pengalaman dan pencapaian. Hal ini dapat membantu CV kamu menonjol di antara pelamar yang lain. Kamu dapat menuliskan nama instansi, judul pelatihan, dan waktunya.

Keterampilan

Keterampilan yang relevan dengan program beasiswa atau bidang studi akan membuat kamu memiliki dasar yang kuat untuk berpartisipasi dan berkembang dalam program tersebut. Kamu dapat menuliskan keterampilan yang relevan dengan beasiswa yang kamu lamar.

Baca Juga: Contoh CV Mahasiswa Yang Masih Kuliah Dan Tipsnya


Cara Membuat CV Beasiswa Yang Menarik dan Informatif

  • Sebelum kamu memulai membuat CV, alangkah baiknya kamu mencari tahu terlebih dahulu tentang profil dari pemberi beasiswa dan juga pahami syarat dan kriteria beasiswa yang ingin kamu lamar. Ini akan memudahkan kamu untuk menyesuaikan CV dengan harapan mereka.
  • Buatlah CV dengan format yang rapih dan simple sehingga, dapat membantu mengkomunikasikan informasi secara terstruktur.
  • Cantumkan identitas diri secara lengkap mulai dari nama lengkap, alamat lengkap, nomor handphone yang bisa dihubungi, dan alamat email aktif.
  • Sebelum menuliskan deskripsi diri, pahami diri sendiri terlebih dahulu. Biasanya tentang saya berisikan tentang latar belakang, tujuan mendapatkan beasiswa, bagaimana beasiswa dapat membantu tujuan pendidikan atau karier kamu, dan apa kemampuan yang paling menonjol yang relevan dengan jurusan kamu.
  • Tuliskan riwayat pendidikan terakhir yang berisikan nama universitas/sekolah, tahun masuk dan tahun lulus, gelar, dan jurusan kamu.
  • Cantumkan riwayat organisasi dengan lengkap, yang di mana biasanya berisikan tentang nama organisasi, tahun bergabung dan tahun keluar jika memang sudah tidak di organisasi tersebut, jabatan di organisasi, dan jobdesk.
  • Jika sudah pernah magang, cantumkan riwayat magang seperti mencantumkan riwayat organisasi.
  • Cantumkan pengalaman mengikuti pelatihan secara detail yang berisi nama pelatihan, nama penyelenggara, tahun diselenggarakannya pelatihan.
  • Cantumkan kemampuan kamu baik itu hard skills ataupun soft skills.

Baca Juga: 15 Skill Dalam CV Yang Dapat Kamu Cantumkan Saat Melamar Kerja

Tips agar CV Beasiswa kamu terlihat menarik

Hai Sobat Vocasia, kamu masih bingung membuat CV yang Terlihat menarik dan Informatif di mata pemberi beasiswa? Nah, Minvo punya satu tips ampuh nih untuk mengatasi masalah kalian!

Siapa sih yang tidak ingin memiliki CV beasiswa yang dapat mencuri perhatian? Tapi, bukanlah hal yang mudah untuk mengekspresikan semua pencapaian dengan cara menarik dan informatif. Tentu kamu tidak ingin CV biasa-biasa saja menghambat peluang beasiswa yang seharusnya bisa kamu dapatkan. Bayangkan betapa sayangnya jika potensi luar biasa yang kamu miliki tidak tersampaikan dengan baik karena CV yang kurang menggambarkan siapa diri kamu sebenarnya.

Jangan khawatir, Minvo punya solusinya! Kursus Menyusun CV dan Resume yang Menarik di Vocasia adalah teman terbaik kamu untuk meraih beasiswa impian. Dengan paduan dari para ahli, kursus ini akan membantu kamu mengatasi kendala dalam merangkai kata dan membantu kamu membuat CV yang menarik dan informatif.

Yuk, raih beasiswa impian kamu bersama Vocasia dengan mengikuti kursus Menyusun CV dan Resume yang Menarik!

Contoh CV Beasiswa yang Menarik dan Informatif

 

1. Contoh CV Beasiswa Mahasiswa

 

2. Contoh CV Beasiswa LPDP

 

3. Contoh CV Beasiswa Luar Negeri

4. Contoh CV Beasiswa Bagi yang Sudah Bekerja

5. Contoh CV Beasiswa Bahasa Inggris

 

6. Contoh CV Beasiswa untuk Bank Indonesia

 

7. Contoh CV Beasiswa S1

 

Itulah beberapa contoh CV beasiswa yang menarik dan informatif yang bisa kamu jadikan referensi dalam membuat CV beasiswa.

Kalau kamu masih bingung dalam membuat CV beasiswa, yuk segera join kursus di Vocasia!

Jangan lewatkan kesempatan emas untuk diterima beasiswa impian!

 

 

 

Penulis : Achmad Refikasa – Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *