Tanggal:17 May 2024

9 Alasan Lebih Baik Menggunakan Sepatu Converse Untuk Olahraga Angkat Beban

Converse, atau “chucks”, merupakan salah satu merek sepatu terkenal saat ini. Convers biasa digunakan untuk tampil lebih bergaya dan trendy. Namun, tahukah kamu bahwa sepatu Converse merupakan sepatunya atlet angkat besi?   Jika belum tahu, kamu patut membaca artikel berikut ini.

Alasan Mengapa Sepatu Convers Diminati Atlet Angkat Besi

Converse Chuck Taylor All-Stars adalah sepatu yang sudah bertahan cukup lama, bahkan tidak banyak berubah sejak 1917. Sepatu ini awalnya dirancang untuk menjadi sepatu basket tetapi Converse juga membuat nama di dunia powerlifting. Converse adalah salah satu merek sepatu  angkat beban teratas.

Sepatu Converse ideal untuk angkat beban karena solnya yang didesain rata dan penyangga pergelangan kaki  di desain tinggi. Sol datar memungkinkan pengangkat merasa lebih terhubung ke lantai yang dapat meningkatkan keseimbangan dan mengurangi rentang gerak keseluruhan (selama deadlift). Dukungan pergelangan kaki yang tinggi memungkinkan stabilitas ekstra saat pergelangan kaki bergerak di bawah beban.

Selain itu,  ada beberapa alasan utama mengapa atlet angkat beban menggunkana sepatu Converse, di antaranya:

1. Murah

Sepatu angkat besi dan angkat beban bisa menjadi sangat mahal, itulah sebabnya sepatu Converse adalah solusi jitu jika kamu hanya memiliki budget minim. Kamu bisa mendapatkannya dari mana saja, dengan harga sekitar 50 hingga 60  dolar  jika diluar negeri. Di Indonesia kamu bisa mendapatkannya dengan harga  400 ribu hingga 1 Jt-an.

Meski begitu, kamu tetap perlu memastikan bahwa sepatu tersebut berkualitas baik, meskipun harganya murah, kamu tidak boleh mengorbankan kualitas. Dalam subjek yang sama, tidak semua sepatu super mahal juga berkualitas tinggi. kamu dapat menemukan banyak produk yang dapat diandalkan dengan harga yang cukup murah.

Jika membelinya secara online, biasanya juga terdapat layanan pengiriman dan pengembalian gratis jika kamu tidak puas dengan model atau ukurannya tidak pas.

2. Sol Datar

Sebagian besar sepatu memiliki sol melengkung untuk menopang kaki. Ini sangat ideal untuk berlari, berjalan, atau, kegiatan sehari-hari. Tetapi atlet angkat beban membutuhkan sesuatu yang lebih datar untuk menopangnya dengan benar. Ini mungkin kedengarannya tidak bagus, tetapi untuk powerlifting solnya harus berbentuk datar sehingga dapat membantu menapakan kaki ke lantai.

Sepatu ini memudahkanmu mendorong kaki dari tanah secara efisien saat melakukan teknik angkat beban, seperti squat dan deadlift. Banyak orang lebih suka tidak memakai sepatu sama sekali, tetapi itu tidak selalu praktis dan berbahaya.

Converse hadir dengan penyangga yang baik hingga pergelangan kaki dengan atasan tinggi dan sangat datar dibandingkan dengan banyak sepatu lainnya. Mereka juga terbuat dari kanvas yang berarti sangat ringan. Inilah sebabnya mengapa begitu banyak powerlifter kasual dan profesional menyukainya. Jika kamu  berada di gym yang tidak memungkinkan kamu berolahraga tanpa sepatu, sepatu Converse adalah pilihan terbaik.

Sangat penting bahwa kakimu berada dalam bentuk yang tepat untuk membantu kamu menjaga postur yang baik, dan sangat penting untuk memastikan keselarasan otot yang tepat. Jadi, penting untuk mendapatkan sepatu yang bagus, baik untuk di dalam maupun di luar gym.

3. Membuat Kaki Lebih Dekat ke Tanah

Bagian bawah sepatu Converse sangat tipis jika dibandingkan dengan jenis sepatu lainnya. Meskipun ini mungkin tampak tidak penting, untuk olahraga lift seperti deadlift, hal ini sangat penting. Karena dapat memberi kamu keuntungan besar dibandingkan dengan angkat besi lainnya dan memberimu banyak ruang untuk pengembangan diri jika kamu berlatih sendirian.

Pada dasarnya ketika melakukan deadlift, kamu melakukan campuran gerakan antara membungkuk dan jongkok untuk menurunkan beban dari tanah. Kemudian saat kamu mengangkat beban kembali, kamu akan meluruskan tubuh dan berdiri kembali. Ini kemudian diulang dan ketika sudah selesai, kamu hanya meletakan beban kembali ke tanah.

Converse jauh lebih dekat ke tanah, jadi tentu saja mengingat informasi sebelumnya, deadlift jauh lebih mudah karena  kamu memiliki jarak yang lebih sedikit untuk mengangkat beban. Ini memastikan bahwa lebih mudah bagi kamu untuk mengangkat lebih banyak beban dan melakukan lebih banyak repetisi saat berolahraga.

Banyak sepatu akan memberi kamu lebih banyak daya angkat dari tanah karena memiliki sol karet yang tebal, sedangkan sepatu Converse memiliki sol sangat tipis untuk memberikan dukungan yang dibutuhkan kaki kamu. Perbedaan kecil ini dapat membuat banyak dampak berbeda saat mengangkat beban.

4. Mudah Ditemukan

Sepatu Converse sangat mudah ditemukan di toko-toko sepatu retail yang menjual produk lain, atau kamu juga bisa mengunjungi banyak situs jual-beli online yang menawarkan sepatu Converse. Hal ini membuat sepatu Converse memudahkanmu untuk membelinya.

Sepatu ini telah ada selama seratus tahun dan tidak banyak yang berubah dengan desainnya yang merupakan kebalikan dari sepatu powerlifting tradisional.

Sebagian besar toko sepatu tidak menyediakan sepatu powerlifting dan biasanya tidak murah atau bagus jika ada. Toko online juga tidak akan melakukannya kecuali kamu menjelajahi situs yang dirancang untuk powerlifting. Seperti yang kamu bayangkan, ini juga tidak murah. Berbeda dengan sepatu Converse, yang dapat kamu temukan di mana saja dan harganya relatif murah.

5. Sedikit Bantalan

Sepatu Converse tidak memiliki bantalan sebanyak sepatu biasa. Ada baiknya sepatu lari atau latihan normal memiliki banyak bantalan, tetapi untuk powerlifting itu bisa menjadi penghalang kinerja kamu.

Saat kamu melakukan gerakan jongkok atau deadlift, kamu harus mendorong ke atas dengan kaki. Jika sepatu kamu memiliki bantalan yang besar, kamu akan menekan bantalannya ke bawah sebelum kamu mendorongnya ke tanah.

Kelebihan sepatu Converse akan memberi kamu koneksi yang lebih dekat ke tanah sehingga kaki kamu langsung mendorong tanah. Hal ini memungkinkan kamu untuk menciptakan gaya angkat yang jauh lebih kuat dan stabil.

Saat kamu menggunakan sepatu yang memiliki bantalan, cenderung tidak stabil. Cobalah untuk membayangkan melakukan jongkok berat di atas kasur, dan pada dasarnya seperti itulah rasanya mencoba dan memakai sepatu lari untuk mengangkat deadlift.

6. Nyaman

Sepatu Converse sangat nyaman, tidak seperti tingkat sandal yang nyaman, atau senyaman tidak memakai sepatu tetapi tetap saja mereka cukup bagus.

Sepatu powerlifting cenderung tidak terlalu nyaman dan banyak orang yang mengeluh bahwa mereka tidak nyaman sama sekali. Inilah sebabnya mengapa bagi banyak orang merasa sepatu Converse jauh lebih baik untuk mengangkat beban daripada sepatu yang dirancang khusus untuk angkat beban.

Selain itu, jika kamu memiliki kaki yang lebar, sepatu Converse bisa lebih pas dengan kaki kamu daripada sepatu deadlifting tradisional.

7. Merek yang Sudah Mapan

Converse sebagai merek telah berjalan sejak 1908 sehingga merek ini sudah memiliki nama di pasar. Converse telah membuat sepatu berkualitas baik selama lebih dari 100 tahun dan tidak banyak yang berubah pada saat itu. Selain itu, Converse juga memiliki gayanya sendiri. Hal ini membuat pecinta Converse setia dan bahkan semakin banyak jumlahnya.

8. Terlihat bagus

Banyak orang membeli sepatu Converse berdasarkan desainnya yang unik dan tak lekang oleh waktu. Hampir semua orang mengenali Converse dan kamu bisa mendapatkannya dalam berbagai desain dan pola yang berbeda.

Jika penampilan adalah hal penting bagi kamu saat mengangkat beban, kamu tidak akan salah memilih sepatu Chuck Taylor sebagai pilihan, karena desainnya yang keren dan stylish.

9. Melindungi Kaki

Kaki kamu membuat dampak besar pada postur tubuh kamu secara keseluruhan dan memengaruhi fleksibilitas dan bentuk pengangkatan kamu.

Akibatnya, sangat penting untuk memiliki sepatu terbaik yang sehingga ketika kaki kamu berinteraksi dengan tanah,  tidak akan merusak kaki kamu. Jika tidak memilih sepatu yang tepat, akibatnya bentuk dan kesehatan kamu secara keseluruhan akan terganggu.

Converse Chuck Taylors juga menggunakan bahan kanvas yang adem dan ringan sehingga saat kamu berkeringat, sepatu kamu tidak akan terasa tidak nyaman.

Demikian penjelasan singkat menegnai  9 alasan utama mengapa  sepatu Convers diminati atlet angkat besi. Jadi, sepatu Converse di desain bukan hanya untuk bergaya agar keren dan trendy, tetapi dapat dimanfaatkan atlet angkat besi untuk menunjang performa kegiatannya. Selamat Mencoba!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *