Tanggal:21 February 2024

Rekomendasi 4 Alat Fitness Rumahan yang Wajib Kamu Punya

Olahraga fitness merupakan hal yang sangat penting dan dapat dilakukan di mana saja, salah satunya di rumah. Seorang yang fitness di rumah biasanya memiliki kesibukan tinggi sehingga tidak sempat pergi ke gym. Fitness dapat menjadikan dirimu sehat. Apalagi, rutin berolahraga bisa meningkatkan kesehatan otak kita, mengurangi risiko penyakit, serta memperkuat tulang dan otot.

Dalam fitness, tentunya kamu membutuhkan alat bantu agar lebih maksimal. Model alat fitness memang beraneka ragam bentuk dan ukuran, dari yang kecil hingga yang besar. Nah, jika ingin memulai rutin bergerak dari rumah, kamu hanya perlu memiliki beberapa alat fitness yang praktis dan sederhana, seperti berikut ini:

Baca juga:  7 Rekomendasi Olahraga Untuk Menurunkan Berat Badan Anti Gagal!

4 Rekomendasi Alat Fitness Di Rumah

Fitness di rumah. Sumber: freepik.com

1. Matras Olahraga

Penggunaan matras saat berolahraga berfungsi untuk mencegah tergelincir. Alat ini juga menjadi bantalan yang nyaman untuk sendi.

Penggunaan matras olahraga sering dilupakan. Padahal alat ini penting jika kamu melakukan latihan interval dalam intensitas tinggi. Matras tersedia dalam berbagai warna dan bentuk. Ini bisa kamu sesuaikan dengan preferensi pribadi.

2. Dumbel

Dumbel tersedia dalam berbagai ukuran dan bentuk. Kamu dapat menyesuaikan dengan kemampuan. Jika ini adalah aktivitas yang baru kamu lakukan, sebaiknya pilih dumbel dengan berat yang ringan. Kemudian tingkatkan secara perlahan jika sudah terbiasa.

Dumbel adalah alat yang dapat memperkuat dan meningkatkan massa otot tubuh. Ini juga dapat membantu membakar lebih banyak kalori.

Kombinasi latihan kekuatan dengan dumbel dan kardio bukan hanya membakar banyak kalori saja. Keduanya juga dapat membentuk postur tubuh tampak lebih atletis.

Alat olahraga di rumah ini tersedia satuan atau satu set. Pilih dengan pegangan bergerigi yang mudah digenggam dan tidak licin.

Baca juga:  10 Gerakan Olahraga Untuk Mengecilkan Perut Paling Ampuh

3. Tali Skipping

Lompat tali adalah olahraga yang berfungsi untuk menunjang kesehatan organ jantung dan paru-paru. Ini juga dapat melatih kekuatan otot kaki.

Olahraga ini tidak begitu mahal, kamu hanya harus menyediakan tali skipping atau jika kesulitan membelinya, kamu dapat menggunakan karet gelang yang nantinya akan dibuat menjadi tali.

Selain itu, kamu cukup mencari tempat yang luas di rumah. Seperti teras, taman, atau balkon lalu kamu bisa melakukan olahraga ini. Jika rutin, lompat tali akan memperkuat otot-otot yang ada di kaki.

Cara penggunaan skipping adalah dengan mengayunkan memutar ke tubuh seperti bentuk bola dan apabila tali mendekati kaki, kamu harus lompat. Tidak ada repetisi khusus dalam oalahraga ini, kamu bisa melakukannya sebanyak-banyanya sesuai kemampuan.

Lakukan selama 30 detik atau 40 hingga 50 lompatan. Istirahat selama 30 sampai 90 detik, kemudian ulangi kembali. Lakukan sebanyak 3 hingga 4 kali.

4. Band Resistensi

Band resistensi berbentuk karet elastis. Ini digunakan untuk melatih ketahanan dan kekuatan otot tubuh. Tingkat elastisitas band juga bermacam-macam. Kamu bisa memilih yang sesuai dengan kemampuanmu. Semakin rendah elastisitas band, maka tali semakin sulit untuk dibentangkan. Ini membuat otot harus bekerja ekstra.

Bentuk band resistensi juga beragam. Ada yang mirip seutas tali karet, berbentuk lingkaran, dan memiliki pegangan di kedua ujungnya.

Alat olahraga di rumah ini umum digunakan untuk latihan squat. Agar hasilnya maksimal, kamu bisa melakukan 8 hingga 25 repetisi, sebanyak 2 sampai 3 set.

Tips Tepat Memilih Alat Olahraga di Rumah

Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih alat olahraga di rumah. Berikut ini di antaranya:

  • Tujuan: Pilih yang sesuai dengan kebutuhan. Jika ingin membangun kekuatan atau kardio, pilih alat penunjang yang tepat sasaran.
  • Harga: Alat olahraga yang berkualitas belum tentu mahal. Kamu bisa memilih yang sesuai dengan budget, tapi tidak boleh mengorbankan keamanan diri, ya!
  • Garansi: Alat olahraga berisiko rusak jika sering digunakan. Sebaiknya pilih yang bergaransi, karena kamu bisa menukarnya jika rusak sewaktu digunakan.
  • Ulasan pelanggan: Pastikan untuk membaca ulasan pelanggan sebelum membeli produk. Perhatikan ​​tentang desain, daya tahan, dan fungsionalitas alat tersebut.

Jika kamu mengalami cedera saat melakukan olahraga di rumah, segera tanya dokter untuk mengetahui langkah mengatasinya. Cedera yang dibiarkan bukan hanya mengganggu aktivitas, tapi juga menurunkan koordinasi gerak tubuh.

Baca juga:  8 Gerakan Olahraga Peninggi Badan Yang Terbukti Ampuh

Nah, itu adalah 4 rekomendasi alat fitness rumahan yang wajib kamu punya. Sebelum membeli, sebaiknya kamu menentukan olahraga apa yang akan kamu lakukan sesuai kebutuhanmu. Setelah mengetahui, barulah kamu dapat menentukan alat fitness yang cocok sesuai kebutuhanmu.

Kebanyakan, penyakit terbesar bagi seorang yang ingin memulai olahraga adalah menunda. Senang menunda menjadikan kamu kehilangan semangat untuk mencapai targetmu dan timbulah rasa malas. Oleh karena itu, Vocasia menyediakan kursus untuk menghilangkan kebiasaan menunda dengan cara yang menarik.

Penasaran? Daftarkan dirimu melalui link berikut:

Productivity Hacks

Selamat mencoba! Semoga bermanfaat.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *