Tanggal:25 April 2024

Corel Draw: Pengertian, Fungsi, Harga dan Kelebihannya

Saat ini ada banyak aplikasi yang dapat membantu kamu melakukan pekerjaan desain grafis untuk berbagai keperluan. Corel draw adalah salah satu aplikasi desain grafis yang perlu kamu kuasai. Aplikasi ini populer di kalangan desainer grafis dan telah digunakan oleh lebih dari 90 juta pengguna dalam menciptakan berbagai karya. 

Untuk kamu yang tertarik menggunakan Corel draw dalam membuat desain grafis, berikut adalah penjelasan mengenai pengertian, fungsi, beberapa kelebihan, dan kekurangan Corel draw.

Apa itu Corel Draw?

Corel draw adalah perangkat lunak pengolah grafis berbasis vektor yang berguna dalam membantu pekerjaan desainer. Objek yang dihasilkan berupa kombinasi beberapa garis, baik berupa garis lurus maupun lengkung. 

Perangkat lunak ini dirilis pertama kali pada 15 Januari 1989 oleh Corel Corporation, sebuah perusahaan yang berbasis di Ottawa, Kanada. Corel draw adalah salah satu perangkat lunak pertama yang memiliki kemampuan desain grafis berbasis vektor berwarna pada perangkat komputer. Berbeda dengan pengolah grafik raster, Corel draw memanfaatkan kombinasi titik, garis, dan kurva menjadi sebuah ilustrasi.

Dengan cara kerja berbasis vektor, Corel draw dapat anda gunakan untuk merancang gambar desain dengan kualitas tinggi. Kamu bisa dengan mudah mengatur skala titik, garis, atau kurva secara proporsional.

Fungsi Corel draw

Corel draw adalah perangkat lunak pengolah grafis yang dapat membantu kamu mendesain gambar dalam berbagai bentuk dan ukuran. Kamu dapat memanfaatkan kemudahan dalam mengatur skala gambar untuk mencetak gambar secara detail dan akurat dalam berbagai ukuran. Selain itu, corel draw juga memiliki beragam fitur canggih yang memberi keleluasaan dalam mendesain grafis.

1. Membuat Poster

Fungsi Corel draw yang paling sering dijumpai adalah digunakan sebagai sarana membuat poster. Dengan memanfaatkan perangkat lunak ini, pembuatan poster menjadi lebih mudah. Terlebih, jika kamu bisa mengimpor gambar yang telah ada dan mengeditnya di Corel draw. selain itu, kamu juga bisa merancang desain poster dari awal.

Corel draw memungkinkan pengguna untuk membuat desain poster dengan keleluasaan. Kamu bisa dengan mudah mengatur ukuran poster sesuai kebutuhan. Selanjutnya, kamu hanya perlu berlatih membuat desain poster dalam berbagai bentuk di Corel draw.

2. Gambar Vektor

Corel draw adalah perangkat lunak pengolah grafis berbasis vektor. Oleh karena itu, kamu bisa memanfaatkannya untuk membuat gambar vektor. Jika telah mahir, kamu bisa menciptakan gambar vektor yang menarik dan menawarkan layanan jasa menggambar.

3. Desain Logo

Fungsi Corel draw yang selanjutnya adalah untuk menciptakan desain logo. Banyak desainer grafis telah menghasilkan logo menarik dan unik menggunakan perangkat lunak ini. Dengan memanfaatkan beragam fiturnya, kamu dapat menciptakan desain logo berkualitas.

4. Konversi Gambar Bitmap

Bitmap adalah format berkas grafis yang umum digunakan dalam penyimpanan file gambar. Berbeda dengan vektor, bitmap tercipta melalui kombinasi titik-titik kecil (pixel). Titik-titik tersebut bisa mempunyai warna yang berbeda dan membentuk pola tertentu.

Format berkas bitmap memiliki kemampuan untuk menyimpan informasi dalam resolusi tinggi. Namun, ada keterbatasan terkait ukuran berkas. Gambar bitmap yang diperbesar akan terlihat buram sehingga gambar tidak terlihat baik. Nah, solusinya kamu bisa melakukan konversi berkas bitmap ke vektor.

Kamu bisa memanfaatkan Corel draw untuk melakukan proses konversi berkas bitmap menjadi gambar vektor. Selanjutnya, kamu bisa membuat kreasi gambar yang menarik dari hasil konversi tersebut.

5. Membuat Dokumen dengan Profesional

Corel draw dikenal sebagai perangkat lunak pengolah grafis, namun kamu dapat memanfaatkannya untuk membuat dokumen word juga, lho! Dengan memanfaatkan Corel draw, kamu dapat membuat dokumen yang tertata rapi dan terlihat profesional.

Selain itu, Corel draw juga memiliki opsi format teks yang beragam. Sehingga, kamu dapat melakukan pengaturan yang lebih variatif saat hendak mencetak dokumen.

Harga Corel draw

Dengan berbagai fungsi yang dapat kamu manfaatkan tersebut, kamu bisa memilih versi Corel draw sesuai dengan keperluan. Corel Corporation menyediakan 3 opsi perangkat lunak Corel draw yang dapat kamu gunakan, yaitu:

1. Corel Draw Graphics Suite

Perangkat lunak versi ini memiliki fitur yang paling lengkap, disertai dengan fitur kolaborasi. Dengan demikian, kamu dapat berkreasi dalam menciptakan desain dengan lebih bebas. Terdapat 2 skema harga yang diberlakukan Corel. Kamu bisa memilih untuk membelinya secara langsung seharga 589 USD (setara dengan Rp.12,4 juta), memakai skema langganan per bulan dengan harga 36,58 USD (setara dengan Rp.500 ribu), atau langganan per tahun dengan harga 439 USD (setara Rp.6,3 jutaan).

2. Corel Draw Standard 2021

Corel menyediakan CorelDraw Standard 2021 untuk kamu yang memiliki hobi menggambar atau bisnis rumahan. Pemakaiannya sesuai untuk pembuatan brosur, ilustrasi website, flyer, dan sejenisnya. Versi perangkat lunak ini bisa kamu dapatkan dengan 419 USD (setara dengan Rp.6 juta.

3. Corel Draw Essentials 2021

Selanjutnya adalah versi Corel draw yang paling terjangkau, kamu bisa mendapatkannya dengan harga 155.00 USD (setara Rp.2.254 juta). Penggunaannya akan cocok bagi kamu yang ingin belajar menggambar secara mudah dan menyenangkan.

Dari berbagai versi dan penawaran tersebut, kamu bisa menentukan pilihan sesuai kebutuhan.

Baca juga| Mengenal Fungsi Extrude Tool pada Coreldraw

Kelebihan dan Kekurangan Corel Draw

Kelebihan Kekurangan
Mudah digunakan

Dengan tampilan yang mudah dipahami dan beragam fitur yang mudah dipelajari, membuat pengguna akan lebih mudah dan terbiasa dengan tata letak perangkat lunak ini. Dengan beragam kemudahannya, CorelDraw merupakan perangkat lunak yang banyak direkomendasikan untuk desainer pemula.

Sulit membuat tabel

Sayangnya, kamu akan kesulitan membuat tabel di perangkat lunak ini. CorelDraw merupakan perangkat lunak pengolah grafis berbasis vektor, sehingga pada saat membuat tabel kamu membutuhkan usaha lebih agar dapat membuat tabel sesuai keinginan.

Format file impor/ekspor yang lengkap dan beresolusi tinggi

CorelDraw menyediakan cukup banyak format untuk keperluan menyimpan, impor, dan ekspor file. Contoh, format file AI agar file dapat dibuka di perangkat lunak Adobe Illustrator. File akhir yang dihasilkan juga memiliki resolusi tinggi sehingga gambar yang dicetak tidak pecah atau buram.

Ukuran file yang besar

Kekurangan CorelDraw adalah ukuran file penyimpanan filenya yang besar, sehingga untuk memasang perangkat lunak ini kamu membutuhkan komputer atau laptop dengan spesifikasi yang mumpuni dan memiliki kapasitas RAM tinggi. Selain itu, ukuran file mentah hasil desainnya pun cukup besar.

Tersedia beragam tools

CorelDraw menyediakan beragam alat dengan fungsi menarik seperti selection, editing, dan pemberian efek.

Color space yang perlu dikoreksi

Meskipun tersedia berbagai tools pada perangkat lunak ini, namun banyak desainer yang kurang menyukai warna yang dihasilkan karena akurasi warna pada palet secara digital seringkali berbeda setelah dicetak.

Baca juga| PSD: Pengertian, Kelebihan, Kekurangan Dan Cara Membukanya

Perbedaan Corel Draw dengan Adobe Photoshop

Perbedaan CorelDraw Adobe Photoshop
Pembuat dan Tanggal Pembuatan Corel Corporation pada Januari 1989 Adobe Systems pada Februari 1990
Penggunaan Perangkat lunak pengolah grafis berbasis vektor. Biasanya digunakan untuk pembuatan desain grafis, logo, banner, atau komik. Sebuah program untuk menerjemahkan grafis dan mengedit gambar seperti fotografi dan videografi.
Kandungan dalam Satu Layer Dapat mengandung beberapa objek Terdiri dari beberapa duplikasi dari single object
Resolusi Resolusi gambar lebih tinggi sehingga tidak akan buram ketika gambar diperbesar Resolusi gambar lebih rendah sehingga kualitas tergantung ukuran file
Beban PC saat Perangkat Lunak Digunakan Membebani prosesor Photoshop cenderung membebani memori dan GPU ketika akselerasi GPU diaktifkan
Pengguna Umumnya digunakan oleh percetakan, desainer website, desainer grafis, dan ux designer Umumnya digunakan oleh fotografer dan desainer grafis.

Baca juga|  Cara Membuat Efek Noise di CorelDraw

Nah, sekian informasi mengenai perangkat lunak pengolah grafis Corel draw. Perangkat lunak ini merupakan salah satu rekomendasi terbaik untuk membuat desain visual. Semoga bermanfaat.

autocad
belajar photoshop
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *