Tanggal:13 June 2024
customer satisfaction

Apa itu Customer Satisfaction?

Memberikan pelayanan terbaik terhadap konsumen adalah tugas wajib setiap pelaku usaha. Itulah mengapa semua pelaku usaha sepakat bahwa kepuasan pelanggan adalah segalanya. Tak ada artinya apabila menghasilkan produk berkualitas, tapi buruk dalam melayani pelanggan. Hal ini tentu akan menyebabkan pelanggan kabur dan bisnis pun tidak akan berjalan lancar.

Apabila konsumen merasa puas terhadap produk yang ditawarkan, loyalitas konsumen akan dapat tercipta dan keuntungan penjualan pun akan meningkat. Untuk itu setiap pelaku usaha wajib memahami apa itu customer satisfaction. Tenang saja, artikel ini akan membahas mengenai topik tersebut. Jadi, simak terus, ya!

Apa itu customer satisfaction?

customer satisfaction

Pada dasarnya, customer satisfaction adalah istilah marketing yang diambil dari bahasa Inggris yang artinya kepuasan pelanggan atau konsumen. Philip Kotler dan Kevin Lane Keller (2007) mengemukakan bahwa customer satisfaction adalah perasaan senang atau kecewa pelanggan yang timbul setelah membandingkan performa atau hasil produk yang dipikirkan atas performa yang diharapkannya.

Hal ini bisa disimpulkan bahwa customer satisfaction adalah rasa puas konsumen yang timbul setelah menggunakan produk ataupun layanan yang disediakan. Biasanya, rasa puas konsumen ditandai dengan kesesuaiaan antara ekspektasi sebelum membeli dan realita setelah membeli produk. Rasa puas yang dialami konsumen cenderung mempengaruhi sifat loyalitasnya untuk kembali membeli produk. Untuk itu, kepuasan konsumen bisa dikatakan menjadi salah satu aspek penting dalam perkembangan suatu bisnis.

Di dunia kompetisi bisnis, memperhatikan tingkat customer satisfaction akan sangat berguna. Suatu perusahaan yang memiliki tingkat customer satisfaction tinggi akan cenderung lebih unggul daripada kompetitor lainnya. Selain itu, perusahaan juga harus bisa menjaga tingkat kepuasan pelanggan agar tetap tinggi.

Baca Juga: Apa Itu Customer Experience?

Faktor yang mempengaruhi customer satisfaction

Selain menumbuhkan loyalitas konsumen, kamu bisa menerapkan strategi solid selanjutnya setelah mengetahui tingkat kepuasan pelanggan, lho. Oleh sebab itu, kamu wajib memahami beberapa faktor yang mempengaruhi customer satisfaction agar kamu bisa mengukur strategi bisnis selanjutnya. Berikut faktor-faktor customer satisfaction yang perlu kamu ketahui:

  • Kualitas produk atau jasa

source: Pexels

Faktor pertama yang mempengaruhi kepuasan pelanggan adalah kualitas produk atau jasa yang bisnis ditawarkan. Semakin berkualitas produk atau jasa yang ditawarkan, maka konsumen pun akan semakin puas.

  • Pelayanan customer service

Customer service (rawpixel.com)

source: rawpixel

Selain kualitas produk, kamu juga perlu memperhatikan kualitas pelaayanan terhadap konsumen. Konsumen pastinya akan senang apabila dilayani dengan baik, ramah, dan memuaskan. Sebaliknya, apabila kamu melayani konsumen dengan buruk, besar kemungkinan mereka tidak akan kembali lagi untuk menmbeli produk atau jasamu. Oleh sebab itu, setiap pelaku usaha wajib meningkatkan pelayanan agar kepuasan pelanggan pun lebih mudah digapai.

  • Harga

source: Pexels

Harga produk juga menjadi faktor penentu kepuasan konsumen kamu, lho. Umumnya, mereka lebih menyukai harga terjangkau, namun tetap memilah kualitas produk yang hendak dibelinya. Kalau tidak ada kesesuaian antara harga dan kualitas, biasanya akan menyebabkan kekecewaan konsumen. Jadi, kamu perlu mematok harga yang sesuai dengan kualitas produk yang kamu tawarkan, ya.

  • Ketersediaan produk

kemudahan dalam mengakses produk menjadi faktor yang tidak kalah penting untuk memuaskan pelanggan. Pelanggan sangat ingin produk yang kamu tawarkan dapat ditemukan dengan mudah.

Baca juga: 5 Indikator Kepuasan Konsumen!

Manfaat kepuasan pelanggan

Berikut adalah beberapa manfaat yang akan dirasakan saat pelau usaha mengutamakan customer satisfaction:

  • Terciptanya loyalitas pelanggan.
  • Reputasi perusahaan akan menjadi lebih baik.
  • Keuntungan meningkat.
  • Berpeluang menjadi sumber keuntungan di masa depan.

Itulah deskripsi umum mengenai customer satisfaction atau kepuasan pelanggan. Semoga bermanfaat!

Baca juga: Faktor-faktor yang Memengaruhi Customer Value

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *