Tanggal:20 July 2024

Apa Itu Pemasaran Digital? Pengertian dan Strategi Lengkapnya

apa itu digital marketing

Kemajuan teknologi mendorong tren di dunia bisnis, seperti yang sering kita lihat ketika kita mengunjungi suatu situs internet pasti kita menemukan iklan ataupun kita sering menemukan iklan produk atau jasa yang dilakukan oleh sebuah perusahaan di berbagai media sosial. Hal ini kita ketahui sebagai teknik pemasaran yang disebut digital marketing. Hampir seluruh perusahaan yang menjalankan bisnis menggunakan digital marketing sebagai teknik pemasaran yang efektif dalam menjangkau audiens, melihat semakin tinggi orang-orang yang menggunakan internet dan media sosial untuk menunjang aktifitas.

Baca Juga : Peluang Kerja Digital Marketing

Apa Itu Pemasaran Digital?

Digital marketing adalah suatu upaya atau kegiatan pemasaran atau promosi dengan menggunakan media internet atau media komunikasi digital. Walaupun teknik digital marketing tidak sama dengan teknik pemasaran konvensional (offline) yang menggunakan media cetak seperti koran, majalah, banner, pamphlet, spanduk, atau komunikasi tatap muka yang biasa dilakukan oleh perusahaan dengan pelanggan, tujuannya tetap sama yaitu membangun atau meningkatkan awareness kepada audiens terhadap suatu produk atau brand.

Semakin banyaknya masyarakat yang menggunakan internet dan media sosial menjadikan digital marketing sebagai sebuah teknik pemasaran yang tepat dan cepat untuk dimanfaatkan di era digital ini, maka tidak heran digital marketer pun menjadi profesi yang menggiurkan di era ini.

Baca Juga : Skill Yang Harus Dimiliki Digital Marketing

Manfaat Digital Marketing

Bagi Anda yang ingin membangun atau masih menjalankan sebuah bisnis, digital marketing menjadi sangat penting untuk dilakukan, melihat berbagai alasannya, antara lain.

1. Meningkatkan penjualan

Media internet dan media digital menjadikan digital marketing berhasil menjangkau target audiens yang lebih luas karena tidak dibatasi oleh letak geografis bila dibandingkan dengan pemasaran offline yang dilakukan sebelumnya. Hal ini dikarenakan semakin banyak pengguna internet dan media sosial yang membuat kegiatan/aktifitas masyarakat juga menjadi sangat bergantung pada media tersebut. Tingkat keberhasilan menjangkau pasar tentunya ikut mendorong peningkatan jumlah penjualan, apalagi jika strategi digital marketing yang dilakukan dapat memberikan motivasi, berhasil memberikan solusi yang tepat, dan informatif bagi target audiens.

2. Membidik target audiens dengan tepat

Media online membantu Anda menentukan target audiens untuk bisnis Anda berdasarkan lokasi, usia, profesi, minat, dan sebagainya. Dengan informasi ini, Anda akan lebih mengetahui konten seperti apa yang menarik dan tepat dalam menjawab kebutuhan audiens.

3. Menghemat biaya promosi

Digital marketing diakui lebih ekonomis dalam segi tenaga, waktu, dan biaya disbanding dengan pemasaran konvensional dikarenakan siapa saja dapat melakukannya, hanya dengan memanfaatkan internet. Namun, yang berbisnis pasti tidak lepas dari resiko kegagalan, untuk itu para pemilik bisnis tetap harus pandai dalam memilih strategi-strategi yang tepat dalam menjalankan bisnis, terutama yang berkaitan dengan kegiatan pemasaran.

4. Sebagai sarana penghubung yang baik dengan konsumen

Digital marketing dapat mendekatkan hubungan dengan customer lhoo.. walaupun belum saling kenal. Tersedianya berbagai media digital memudahkan perusahaan dapat terhubung dengan pelanggan, mengingat bisnis bukan hanya perkara berhasil memperoleh pelanggan yang banyak, melainkan juga bagaimana agar pelanggan yang banyak ini loyal terhadap bisnis Anda.

5. Membantu bersaing dengan perusahaan besar

Tidak seperti dulu, sekarang ini siapa saja dapat terjun dalam dunia bisnis, sekaligus dapat bersaing dengan perusahaan-perusahaan hebat lainnya. Kompetitor memang membuat kita harus lebih ekstra lagi dalam menciptakan konten ataupun produk yang menarik di mata masyarakat, tetapi dengan semakin terbukanya peluang informasi dan hebatnya teknologi yang menunjang segala yang dibutuhkan, memberi peluang bagi pebisnis kecil menengah untuk ikut bersaing.

6. Memberikan kemudahan dalam melihat perubahan bisnis

Dengan mempelajari strategi digital marketing dengan baik, selain membantu perusahaan melakukan promosi yang tepat, juga membantu perusahaan untuk menganalisa aktivitas bisnisnya dengan cepat guna melakukan perbaikan dan pengembangan bisnis ke depannnya.

7. Membangun personal dan product branding

Salah satu kunci keberhasilan sebuah bisnis Anda adalah kepercayaan masyarakat terhadap sebuah produk atau jasa. Bahkan tidak berlaku untuk produk atau jasa yang Anda hasilkan saja, tetapi juga personal Anda, bagaimana Anda dilihat sebagai pribadi yang baik di lingkungan masyarakat maupun profesional di dunia kerja.

Strategi Digital Marketing

1.     Content Marketing

Ilustrasi diskusi dalam merancang sebuah konten promosi (analisa.io)

Content marketing menjadi kekuatan bagi dunia digital marketing, di sini perusahaan melakukan promosi berbentuk storytelling melalui artikel, blog, video, gambar, dan sebagainya. Konten yang dibuat harus orisinil sehingga dapat dipercaya oleh mereka yang memperoleh atau menyaksikan konten tersebut. Content marketing tidak hanya dapat meningkatkan penjualan, tetapi juga dapat meningkatkan traffic website.

Baca Juga : Pengertian Content Marketing

2.     Media Sosial

Ilustrasi berbagai macam media sosial (webarq.com)

Media sosial ramai digunakan sebagai tool berbisnis, terutama dalam hal berpromosi dan memungkinkan perusahaan dengan audiens berkomunikasi secara realtime. Berbagai macam media sosial yang dapat digunakan yaitu seperti Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, Pinterest, LinkedIn, dan lain-lain. Tentu tiap media sosial akan efektif jika digunakan sesuai dengan fungsi dan kecocokan dengan bisnis Anda, untuk cari tahu lebih lagi tentang media sosial sebagai strategi berbisnis.

Anda dapat mempromosikan brand dan konten di media sosial seperti. Media sosial merupakan sarana untuk membesar-besarkan brand. Akan tetapi, pada awalnya fokus saja dulu terhadap satu media sosial untuk mempersingkat waktu, biaya, tenaga manusia dan ilmu. Lalu tentukan kepribadian yang Anda gunakan dalam media sosial, seperti formal atau semi formal.

Baca Juga : Pengertian Sosial Media Marketing Beserta 5 Manfaatnya

3.     Search Engine Optimization (SEO)

SEO
ilustrasi mesin pencari google (seosatu.com)

Website merupakan platform yang tidak kalah penting untuk mendongkrak penjualan bisnis Anda. Ketika pelanggan mencari rekomendasi tentang apa yang dibutuhkan di website dan produk yang Anda jual muncul sebagai salah satu jawaban atas pencarian mereka, memungkinkan mereka memposisikan produk Anda menjadi pilihan. Merancang web dengan sedemikian rupa, menetapkan kata kunci yang cocok dengan bisnis Anda, dan memastikan bahwa web Anda masuk ke dalam mesin pencarian bahkan menjadi yang teratas menjadi tugas penting Anda di bagian ini. Mengoptimalisasikan mesin pencari (SEO) bukanlah perkara yang mudah, konten harus menarik dan up-to-date dengan apa yang sedang dibutuhkan atau diinginkan oleh audiens, meski begitu akan menjadi sebuah keuntungan besar jika Anda berhasil melakukannya.

Baca Juga : Perbedaan SEO On-page dan SEO Off-page

4.     Search Engine Marketing (SEM)

Search Engine Marketing (SEM) serupa dengan SEO, tetapi tidak sama. SEM menjadikan situs bisnis Anda sebagai iklan di mesin pencari (biasanya berada di posisi paling atas, bertuliskan ‘iklan’) jika keyword sesuai dengan keyword untuk situs web Anda. Perlu Anda ingat bahwa setiap klik atas situs web Anda, membuat Anda harus membayarnya, jadi pikirkan apakah keuntungan menggunakan SEO pada tipe bisnis Anda, keuntungannya setimpal dengan harga yang harus Anda bayarkan.

Baca Juga : Perbedaan Antara SEO Dan SEM

Ilustrasi SEM dan SEO (taupasar.com/Sigit Ardho)

5.     Website

Sebagian besar waktu kita dihabiskan di smarthphone. Untuk itu, menjadi hal yang penting juga membuat tampilan website bisnis Anda sesuai dengan layer seluler. Ini adalah pekerjaan bagi web designer dalam memogram web agar sesuai dengan semua jenis layar ponsel.

Ilustrasi internet (merdeka.com)

6. Email Marketing

Email marketing menjadi salah satu alat yang dapat dikatakan harus Anda praktekan, selain terjangkau juga dapat meningkatkan angka penjualan, tentu disesuaikan juga tipe bisnis Anda, jika masih dalam golongan kecil atau baru, ini tidak akan efektif untuk digunakan.

Baca Juga : Rekomendasi Email Marketing Terbaik

Ilustrasi email (crm-indonesia.com)

Inilah penjelasan tentang digital marketing yang perlu Anda ketahui, setidaknya menjadi pegetahuan dasar bagi Anda untuk memulai bisnis maupun bagi Anda yang ingin berkarir sebagai digital marketing. Tentu, ilmu-ilmu di atas belumlah cukup, mengetahui bahwa dunia digital marketing sangatlah luas, maka Anda perlu mencari tahu informasi terkait dengan lebih lagi di situs web ataupun aplikasi yang terpercaya kebenaran informasinya. Anda bisa mengikuti pelatihan dari Vocasia untuk pembelajaran lebih lanjut.

7. Affiliate Marketing

Affiliate Marketing adalah suatu bentuk pemasaran di mana orang-orang di luar perusahaan Anda ikut merekomendasikan produk atau jasa yang Anda tawarkan dengan imbalan sejumlah komisi tertentu. Contohnya Shopee Affiliate yang sudah memiliki ratusan ribu orang yang sudah merekomendasikan produk yang dijual di shopee.

8. Native Advertising

Bentuk konten berbayar yang ditampilkan dalam bentuk yang memiliki kemiripan dengan konten media dan penempatannya. Konten yang terlihat dan berfungsi seperti bagian dari media yang terkait. Contohnya Promoted Post di Instagram dan Facebook.

9. Marketplace Optimization

Marketpalce Optimization adalah optimasi toko online di marketplace yang tujuannya sama seperti SEO, yaitu agar produk bisa muncul di halaman pertama bahkan posisi pertama dalam mesin pencarian Sederhananya, jika di dalam strategi SEO yang dioptimasi adalah konten halaman ataupun artikel, maka di Marketplace Optimization yang dioptimasi adalah produk toko.

Banyak unsur yang dapat Anda optimasi, misalnya seperti judul/nama produk, deskripsi produk, pilihan serta urutan gambar yang menarik, fitur & benefit produk, dan lain-lain. Tidak sampai di sana, Anda juga dapat mengoptimasikannya melalui fitur iklan yang juga disediakan oleh platform marketplace masing-masing. Misal TopAds Tokopedia, Shopee Ads, Bliklan Blibli, dan sebagainya.

10. Mobile Marketing

Mobile Marketing adalah aktivitas pemasaran yang dilakukan dengan menggunakan smartphone yang memanfaatkan fitur-fitur teknologi untuk menjalankan kampanye promosi ataupun periklanan Perlahan tapi pasti, tren penggunaan internet dari waktu ke waktu mulai didominasi oleh perangkat mobile. Hal ini dikarenakan pola perilaku masyarakat dalam kesehariannya hampir selalu berinteraksi dengan perangkat seluler.

Baca Juga : Cara Belajar Digital Marketing Sampai Mahir

Nah, itulah sekilas informasi mengenai Digital Marketing. Jika dalam artikel ini saja tidak cukup memenuhi kepuasan Anda dalam belajar digital marketing, kali ini Vocasia menghadirkan kursus Digital Marketing yang bisa anda ikuti. Kursus tersebut juga cocok bagi Anda sebagai pemula dalam dunia Digital Marketing. Segera daftarkan diri Anda dan perdalam ilmunya.

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *