Tanggal:26 February 2024

Apa itu Customer Loyalty?

Sebuah bisnis perlu mempertahankan pelanggan setia agar dapat bertahan di tengah kompetisi sengit dengan bisnis lainnya. Untuk itu, kamu sebagai pebisnis tidak dapat meremehkan pentingnya upaya loyalitas pelanggan. Satu-satunya cara untuk melakukannya adalah dengan menumbuhkan loyalitas pelanggan dan memberi pelanggan kamu alasan untuk terus datang kembali.

Sehingga, kamu sebagai pebisnis akan memperoleh omzet yang lebih banyak lagi dari sebelumnya. Hal ini harus dilakukan dengan cara meningkatkan customer loyalty melalui penentuan strategi yang solid untuk mengoptimalkannya.

Tentu saja, upaya tersebut dilakukan tidak hanya sekadar untuk meningkatkan laba perusahaan, akan tetapi juga memberikan manfaat positif bagi masyarakat yang membutuhkan produk atau jasa dari bisnis yang sedang kamu kembangkan.

Lantas, seperti apa customer loyalty itu? Dan mengapa penting bagi perusahaan? Vocasia akan menjelaskannya lebih detail di artikel ini. Yuk simak!

Baca Juga | Apa Itu Brand Loyalty? Definisi, Fungsi, Dan Contohnya

Pengertian customer loyalty

customer loyalty

source: pexels

Dilansir dari Hubspot, customer loyalty adalah keinginan pelanggan untuk membeli atau bekerja sama dengan sebuah brand secara terus-menerus. Dari sini bisa disimpulkan bahwa customer loyalty adalah kesetiaan konsumen terhadap sebuah produk. Satu konsumen dapat melakukan pembelian berulang dalam jangka waktu yang panjang.

Loyalitas pelanggan tercipta dari customer experience, customer service dan customer satisfaction yang positif. Maksudnya apa? Ketika pelanggan merasa puas dengan pengalaman dan pelayanan yang diberikan oleh sebuah brand, otomatis akan menciptakan kepercayaan pelanggan dan melakukan pembelian berulang dalam jangka waktu yang panjang. Dalam persaingan bisnis yang ketat, yang dibutuhkan pengusaha adalah menjaga dan merawat konsumennya. Itulah mengapa kesetiaan para konsumen ini membawa banyak keuntungan bagi sebuah bisnis. Tentu saja, meningkatkan customer loyalty dibutuhkan waktu dan upaya untuk membangun kepercayaan dan investasi berkelanjutan.

Baca Juga | Bingung Cara Meningkatkan Loyalitas Pelangganmu? Cek 5 Tips Ini!

Mengapa customer loyalty penting?

Ada beberapa alasan yang mendukung pentingnya kesetiaan pelanggan, di antaranya:

  • Mencoba menggaet konsumen baru memakan lebih banyak biaya

Dalam mengusung strateginya, banyak pebisnis yang terlalu fokus menggaet konsumen baru hingga lupa mempertahankan konsumen lama. Memang benar bahwa mempertahankan konsumen lama masih tetap membutuhkan biaya. Namun, biaya ini lebih rendah daripada biaya untuk mendapatkan konsumen baru.

Baca Juga | 5 Cara Mencari Pembeli Dan Pelanggan Dari Luar Negeri, Yuk Coba!

  • Konsumen loyal memberi lebih banyak pendapatan

Saat konsumen telah mempercayai kualitas produk dan layanan yang kamu berikan, mereka tidak akan ragu membayar lebih untuk itu. Selain itu, konsumen lama akan melakukan pembelian lebih sering daripada konsumen baru. Hal ini tentunya akan menguntungkan bisnismu.

Baca Juga | Apa Itu Buyer Persona? Yuk Simak

  • Kesetiaan konsumen mempengaruhi kinerja karyawan secara positif

Sebagai karyawan yang bergerak di bidang public relation maupun customer service, tentunya akan lebih menyenangkan berhadapan dengan konsumen yang puas, daripada pelanggan yang komplain karena pelayanan dirasa kurang. Karyawan yang dihargai oleh para konsumen serta akan lebih produktif karena suasana di tempat kerja yang mendukung.

Baca Juga | Cara Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan

  • Konsumen loyal cenderung stabil

Sebagian besar semua pebisnis pastinya menyadari bahwa konsumen semakin labil dari waktu ke waktu. Untuk membatasi terjadinya kelabilan ini, tentu penting untuk menerapkan strategi pendekatan kepada konsumen tetap. Hubungan emosional yang berkelanjutan antara kamu dan pelanggan akan mengurangi kelabilan mereka. Sehingga, pelanggan memanifestasikan dirinya untuk terlibat dan berulang kali melakukan pembelian dari merek kamu.

Itulah pengertian singkat mengenai customer loyalty serta beberapa alasan pentingnya. Semoga bermanfaat!

Baca Juga:

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *