Tanggal:17 June 2024

Ingin Kerja Kantoran? Yuk, Kenali Peralatan Kantor yang Wajib Kamu Punya

Peralatan kantor pastinya digunakan untuk menunjang keberhasilan suatu pekerjaan sesuai dengan yang diharapkan. Tujuan kantor tidak akan tercapai tanpa adanya peralatan. Apalagi jika kantor tersebut memiliki tuntutan target yang harus dikerjakan dengan baik dan juga cepat.

Beragam jenis perlengkapan kantor sesuai dengan fungsinya. Perlengkapan yang baik akan memperlancar suatu proses pekerjaan. Sehingga pencapaian tujuan dapat dicapai secara produktif, efektif, dan efisien. Oleh karena itu, perlengkapan kantor sangat penting sebagai dasar menyusun perencanaan kantor.

Jika Anda berminat membuka kantor sendiri, berikut peralatan yang perlu disiapkan. Yuk, simak informasinya!

Apa itu Peralatan Kantor?

Peralatan kantor merupakan istilah yang mengacu pada semua peralatan yang digunakan untuk mendukung kegiatan kantor. Alat-alat ini memegang peranan penting dalam pekerjaan. Ada banyak jenis peralatan yang dapat mempermudah pekerjaan karyawan mencakup semua barang yang digunakan sehari-hari.

Baca juga: Tips Efektif Mendapatkan First Impression yang Baik di Kantor!

Fungsi dari Peralatan Kantor

  1. Mempermudah serta mempercepat proses kerja dan pengaturan kegiatan perkantoran.
  2. Mendukung semua pekerjaan bisnis dan kantor.
  3. Memperoleh hasil kerja yang maksimal dan memuaskan.
  4. Sebagai salah satu perlengkapan kantor.
  5. Sebagai sarana pengarsipan.

Jenis-Jenis Peralatan Kantor

1. Berdasarkan jenisnya, peralatan kantor dibedakan menjadi:

  • Perlengkapan Kantor (Office Supplies)

Media yang digunakan untuk membantu pelaksanaan pekerjaan kantor agar lebih cepat, tepat, dan lebih baik. Misalnya: kertas, pulpen, tinta, printer, penghapus, stapler, gunting, penggaris, dll.

  • Mesin Kantor ( Office Machines )

Alat yang digunakan untuk mengumpulkan, merekam, dan memproses dokumen informasi secara mekanis, elektrik, dan magnetis dalam pekerjaan kantor. Misalnya: mesin fotokopi, penghancur kertas, pemindai, stempel waktu, dan kalkulator.

  • Mesin Komunikasi Kantor (Office Communication Machine)

Alat yang digunakan untuk berkomunikasi baik di dalam organisasi itu sendiri maupun di luar organisasi. Misalnya: telepon, interkom, faks, dan telepon tanpa kabel.

  • Perabot Kantor ( Office Furniture )

Benda di kantor yang biasanya terbuat dari kayu atau besi yang dimaksudkan untuk memudahkan pelaksanaan kegiatan pekerjaan kantor. Misalnya: meja, kursi, sofa, rak buku, lemari, lemari arsip, papan tulis, papan pengumuman, kotak, dan majalah atau koran.

  • Dekorasi atau Interior Kantor (Office Knick-knacks)

Perlengkapan kantor yang digunakan untuk menambah suasana yang menyenangkan serta memberikan kegairahan dan kenyamanan dalam melakukan pekerjaan. Contoh: gambar presiden dan wakil presiden, bendera, struktur organisasi, patung, lukisan, tanaman hidup, jam dinding, kipas angin atau AC.

2. Menurut bentuknya, peralatan kantor dibagi menjadi:

  • Lembar

Peralatan kantor yang berbentuk lembaran. Seperti kertas HVS, kertas folio, kertas karbon, kertas pensil, formulir, plastik bening, karton, kertas kerbau, amplop, dan map.

  • Bentuk Non-lembar

Yaitu peralatan kantor non-lembar (bukan berupa lembaran-lembaran kertas). Misalnya : pulpen, pensil, spidol, penghapus, penggaris, gunting, pembuka surat, pembuka surat, pelubang kertas, stapler, perangko, dan lain-lain.

  • Dalam Bentuk Buku

Peralatan kantor dalam bentuk buku, seperti buku catatan, manual organisasi, direktori hubungan, direktori telepon, kamus, peta kota besar, direktori, buku induk, buku tamu, buku harian pos, dan buku catatan keuangan.

3. Menurut penggunaannya, peralatan kantor dibedakan menjadi:

  • Barang Konsumsi

Barang kantor yang digunakan sekali atau beberapa kali dan tidak tahan lama. Contoh: kertas, tinta, arang, penjepit kertas, pensil, dan pulpen.

  • Barang Tidak Habis Pakai

Benda kantor yang pemakaiannya berlangsung lama. Contoh: stapler, gunting, katering, pelubang kertas.

4. Menurut tujuan tulis-menulis, perlengkapan kantor dibedakan menjadi:

  • Khusus untuk Menulis

Alat yang digunakan langsung untuk keperluan menulis, antara lain kertas, pulpen, pensil , x-type, stabilo dan pensil warna.

  • Untuk Mendukung Pelaku Karya Tulis

Perlengkapan yang menjadi pengiring dalam pekerjaan tulis – menulis. Misalnya stapler, isi stapler, lem, selotip, dan lain-lain.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.  Nantikan artikel lainnya dari Vocasia dan ikuti terus media sosial kami agar tidak ketinggalan informasi!

sukses wawancara - personal development

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *