Tanggal:01 May 2024

Tips Efektif Mendapatkan First Impression yang Baik di Kantor!

First impression atau kesan pertama sangat penting untuk membranding dirimu di mata orang yang baru dikenal. Walaupun dengan first impression ini, tak semua orang bisa mendapat hati orang yang baru dikenal. Namun, first impression menjadi hal yang penting untuk di perhatikan apalagi dalam dunia bisnis yang notabennya selalu bertemu dengan orang banyak dan orang asing.

Untuk dapat menciptakan first impression yang baik, perlu beberapa langkah yang harus kamu lakukan.Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk mendapatkan first impression yang baik.

Tips First Impression yang Baik 

1. Jangan takut untuk melakukan kontak mata

Sebagian orang merasa malu atau terlalu nervous untuk membuat kontak mata dengan lawan bicara pada pertemuan pertama. Pada dasarnya, eye contact bisa memperlihatkan kepercayaan diri sekaligus menunjukkan rasa ketertarikan kamu terhadap apa yang orang lain bicarakan.

Bahkan di negara-negara western, kontak mata juga menandakan kalau kamu memiliki respect terhadap lawan bicara. Tapi sekali lagi, lakukan eye contact secukupnya dan jangan menatap terus-menerus karena hal tersebut justru bisa memberikan kesan yang negatif.

2. Gunakan tutur bahasa yang lebih terarah

Saat di bangku kuliah, memang tidak ada materi yang mengajarkan kamu cara memilih padanan kata yang tepat dan profesional untuk dipakai di kantor. Bahasa yang digunakan di kampus cenderung cukup baku atau bahkan terkadang luwes. Sementara itu, untuk memberikan first impression yang positif di tempat kerja, dibutuhkan tutur kata yang bukan cuma akademis atau terdengar keren, tetapi, harus sesuai dengan konteks profesional dan budaya di perusahaan.

Selain itu, kamu juga perlu menyesuaikan gaya bahasa dengan lawan bicara. Sebagai contoh, saat kamu sedang berkomunikasi dengan manajer, gaya bicara yang digunakan tentu berbeda ketika sedang berbicara dengan rekan setim.

Nah, untuk mendapatkan pola bertutur yang lebih profesional dan fleksibel, kamu bisa ajak teman untuk berlatih. Kamu bahkan juga bisa meminta saran dari atasan yang sudah lebih berpengalaman dalam urusan komunikasi agar kesan pertama bisa lebih positif, sesuai kata Prosky.

3. Jaga nada bicara

Untuk melengkapi bahasa yang sudah lebih terarah, first impression yang kamu dapatkan bisa lebih positif dengan penggunaan nada bicara yang tepat. Orang yang cenderung berbicara dengan nada tinggi biasanya akan meninggalkan kesan tidak percaya diri atau bahkan tidak sopan.

Selain itu, orang yang punya kecenderungan berbicara cepat justru dianggap terlalu percaya diri atau terkadang seperti tidak bisa fokus. Selain menjaga nada bicara, pastikan juga intonasi bicaramu sudah terdengar jelas dan tidak banyak nada ragu seperti ungkapan ‘eh’ atau ‘hmm‘. Nada-nada seperti itu akan membuatmu tampak tidak percaya diri.

4. Perhatikan body language

Tips selanjutnya untuk membuat first impression yang baik adalah dengan menjaga gerak tubuh atau body language. Nah, apakah kamu seseorang yang suka grogi saat bertemu orang baru? Atau suka garuk-garuk kepala saat merasa bingung dengan sebuah percakapan?

Bila, ya, sebaiknya kamu mulai berlatih untuk mengurangi gerakan tubuh yang tidak terlalu diperlukan ini. Pastikan bahwa gestur tubuhmu baik saat sedang berbicara di kantor. Kamu bisa mulai berlatih dari rumah dengan mulai memerhatikan posisi duduk dan gestur tangan saat sedang berbicara.

5. Perhatikan Penampilan dengan Benar

Penampilan dan cara berpakaian sangat penting, karena mempengaruhi penilaian orang terhadap karakter dan kemampuan dirimu. Pastikan penampilanmu rapi, bersih serta profesional dan jangan lupa berpakaian yang tepat sesuai dengan budaya di perusahaan.

Hindari menggunakan pakaian dengan warna atau motif yang terlalu mencolok. Pakaian yang eksentrik hanya akan memberikanmu kesan terlalu percaya diri.

6. Tepat waktu

Kolega atau atasan tidak akan peduli dengan berbagai alasanmu jika datang terlambat. Rencanakanlah untuk datang beberapa menit lebih awal dan berikan kelonggaran waktu untuk hal-hal tidak terduga seperti macet atau salah jalan. Datang lebih awal jauh lebih baik daripada terlambat. Selain itu, tepat waktu merupakan langkah awal untuk memberikan first impression yang positif.

Baca juga :

5 Tips Untuk Memilih Kantor

5 Cara Meningkatkan Motivasi Kerja

7 Tips Naik Jabatan Lebih Cepat

8 Tips Agar Cepat Dipanggil Wawancara Kerja, Maksimalkan Berbagai Kesempatan!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *