Tanggal:15 May 2024

Format Desain Penelitian Deskriptif Kualitatif

Dari berbagai varian penelitian kualitatif yang berkembang saat saat ini. Pada prinsipnya ada tiga model desain yang paling sering digunakan di kalangan peneliti. Yaitu format desain deskriptif-kualitatif. Kemudian Format desain kualitatif-verifikatif. Dan format desain kualitatif-grounded theory.

Pada format desain deskriptif-kualitatif banyak memiliki kesamaan dengan desain deskriptif-kuantitatif. Karena itu desain deskriptif-kualitatif bisa disebut pula dengan kuasi kualitatif atau desain kualitatif semu. Artinya desain ini belum benar-benar kualitatif karena bentuknya masih dipengaruhi oleh tradisi kuantitatif (deduktif). Terutama dalam menempatkan teori pada data yang diperolehnya. Berdasarkan pemaparan tersebut. Berikut dibawah ini adalah penjelasan mengenai format desain pada penelitian deskriptif kualitatif. Simak dibawah ini, yuk!

Baca juga : Metode Bahan Visual dalam Penelitian Kualitatif

Format Desain Penelitian Deskriptif Kualitatif

Strategi analisis data deskriptif-kualitatif pada dasarnya memiliki kesamaan dengan desain deskriptif-kuantitatif. Seperti yang dijelaskan di atas, dan perlu dipertegas lagi. Bahwa desain deskriptif-kualitatif biasa disebut pula dengan kuasi kualitatif atau desain kualitatif semu. Karena itu, desain strategi ini belum benar-benar kualitatif. Hal ini karena konstruksinya masih dipengaruhi oleh tradisi kuantitatif. Terutama dalam menempatkan teori pada data yang diperolehnya.

Dikatakan kuasi kualitatif, juga karena sifatnya yang tidak terlalu mengutamakan makna. Sebaliknya, penekanannya pada deskriptif menyebabkan format deskriptif kualitatif lebih banyak menganalisis permukaan data. Hanya memerhatikan proses-proses kejadian suatu fenomena. Bukan kedalaman data ataupun makna data. Hal inilah juga yang banyak dilakukan dalam penelitian sosial dengan berbagai format penelitian kuantitatif. Walaupun demikian, deskriptif-kualitatif mengadopsi cara berpikir induktif untuk mengimbangi cara berpikir deduktif.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai format desain penelitian deskriptif kualitatif. Semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa cek postingan artikel yang lainnya juga, ya!

Baca juga : Metode Diary dalam Penelitian Kualitatif

Menulis Surat Lamaran - Personal Development
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *