Tanggal:21 February 2024
Freelance Writer

Freelance Writer: Tugas, Jenis, Skill, Gaji dan Tipsnya

Di era digital saat ini, banyak sekali orang yang berminat untuk pekerjaan freelance khususnya freelance writer. Freelance writer merupakan solusi untuk kamu yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan dengan waktu yang fleksibel. Jika kamu hobi menulis, pekerjaan ini sangat tepat karena kamu bisa mengasah kemampuan menulis dan juga kamu bisa memperbanyak portofolio.

Walaupun pekerjaan ini mempunyai banyak kebebasan dan peluang, tapi juga mendatangkan sejumlah tantangan. Sangat penting bagi kamu untuk memahami peran mereka dengan baik sebelum memulai. Menjadi freelance writer tidak hanya menulis kata-kata saja, kamu harus memahami keinginan klien, melakukan research, dan banyak lagi.

Di artikel kali ini, Minvo akan membahas lebih dalam tentang freelance writer mulai dari tugas, jenis pekerjaan, gaji yang diharapkan, skill yang diperlukan, dan tips  untuk berhasil menjadi freelance writer. Jadi, jika kamu tertarik untuk menjadi freelance writer yuk disimak!

Apa Itu Freelance Writer?

Freelance writer atau penulis lepas adalah seseorang yang bekerja secara mandiri yang menawarkan jasa menulis kepada klien tanpa terikat kontrak kerja tetap dengan suatu perusahaan atau entitas tertentu. Oleh karena itu, seorang freelance writer memiliki kendali penuh atas karier mereka dan mereka dapat memilih proyek-proyek mana yang ingin mereka ambil.

Baca Juga: Mau Bekerja Dengan Fleksibel? Cek Situs Freelancer Indonesia Berikut Ini!

Jenis-Jenis Freelance Writer

Jika kamu ingin menjadi freelance writer, ada beberapa jenis pekerjaan yang bisa kamu tekuni untuk menjadi freelance writer:

1. Copywriter

Copywriter merupakan sebutan untuk seseorang yang memiliki keahlian dalam menulis teks persuasive dan menarik untuk tujuan pemasaran. Tugas utama seorang copywriter adalah membuat konten yang dapat mempengaruhi pembaca untuk melakukan tindakan tertentu  seperti membeli produk. Biasanya seorang copywriter bekerja di agensi periklanan sebagai freelance atau secara independen.

Untuk menjadi seorang freelance copywriter yang sukses, kamu harus menguasai produk yang akan kamu promosikan menggunakan copywriting dan memahami kebutuhan target market.

2. Content Writer

Content writer adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk menciptakan konten yang informatif dan relevan dengan target audiens. Biasanya mereka sering menulis artikel blog, konten website, atau membuat script konten sosial media yang tidak hanya menarik tetapi juga memberikan nilai tambah dalam bentuk informasi atau hiburan.

Baca Juga: Apa Sih Freelance Itu? Cek 3 Kelebihan Dan Kekurangannya Berikut Ini!

3. Ghost Writer

Ghost writer merupakan seseorang yang menciptakan karya tulis seperti buku, artikel, atau konten lainnya. Namun, nama mereka tidak dicantumkan sebagai penulis utama. Biasanya mereka sering bekerja di belakang karya orang lain, dan klien mereka yang mendapatkan kredit atas karya tersebut. Ghostwriter biasanya diberi imbalan berupa bayaran tetap atau royalti atas karya yang mereka hasilkan.

4. Technical Writer

Technical writer adalah penulis yang memiliki pemahaman mendalam tentang subjek teknis seperti ilmu komputer, teknik, atau ilmu pengetahuan lainnya. Tugas utama technical writer adalah mengubah informasi kompleks menjadi bahasa yang lebih mudah dipahami oleh pembaca yang tidak memiliki latar belakang teknis. Mereka sering menulis paduan pengguna, dokumentasi perangkat lunak, atau materi teknis lainnya.

5. UX Writer

UX writer adalah penulis yang berfokus pada pengalaman pengguna. Mereka bertanggung jawab menciptakan teks yang memandu pengguna melalui antarmuka produk atau aplikasi dengan cara intuitif dan efisien.

Skill yang Dibutuhkan Untuk Menjadi Freelance Writer

Sebagai seorang freelance writer, skill yang kamu miliki merupakan aset berharga yang akan mempengaruhi seberapa sukses anda dalam karier sebagai seorang freelance writer. Berikut beberapa skill yang dibutuhkan seorang freelance writer:

1. Keterampilan Menulis yang Kuat

Kemampuan menulis merupakan dasar dari pekerjaan sebagai freelance writer. Untuk menjadi seorang freelance writer kamu harus mampu menyusun kalimat yang benar, memiliki tata bahasa yang baik, dan dapat mengkomunikasikan ide dengan jelas dan efektif. Kemampuan menulis yang kuat juga mencakup kemampuan untuk menyesuaikan gaya penulisan kamu dengan jenis konten yang kamu buat.

2. Kemampuan Manajemen Waktu

Sebagai seorang freelance writer, kamu akan memiliki berbagai proyek dengan batas waktu yang berbeda. Oleh karena itu kemampuan ini menjadi kunci untuk menjaga produktivitas dan memastikan bahwa pekerjaan kamu dapat dikirimkan tepat waktu.

Baca Juga: Kenali Tipe Klien Yang Harus Dihindari Freelance

3. Keterampilan Komunikasi

Keterampilan komunikasi sangat penting untuk seorang freelance writer, karena dengan kamu mempunyai keterampilan komunikasi yang baik kamu dapat menjelaskan ide, menegosiasi dengan klien, dan memahami kebutuhan klien

4. Mampu Belajar dan Menerima Kritikan

Sebagai seorang freelance writer pastinya kamu harus menyesuaikan dengan keinginan klien. Ketika pekerjaan kamu tidak sesuai dengan kemauan klien otomatis kamu akan dikritik oleh klien. Oleh karena itu pentingnya menerima kritikan dan belajar dari kesalahan.

Berapa Gaji Seorang Freelance Writer?

Salah satu pertanyaan paling umum yang sering diajukan oleh seseorang yang tertarik menjadi freelance writer adalah “Berapa gaji freelance writer? Gaji seorang freelance writer sebenarnya cukup bervariatif karena tergantung dari jenis pekerjaannya, tingkat pengalaman, jumlah pekerjaan, kualitas pekerjaan, dan lain-lain. Umumnya seorang freelance writer mendapatkan penghasilan sekitar Rp100.000 – Rp5.000.000.

Tips Menjadi Freelance Writer yang Sukses

1. Ikuti Kursus Online Menulis

Jika kamu tidak memiliki pengalaman dalam menulis dan bingung mau belajar menulis mulai dari mana, kamu bisa mengikuti kursus online menulis. Dengan kamu mengikuti kursus online menulis belajar kamu jadi lebih terarah dan kamu tahu apa yang harus dipelajari lebih dahulu.

Khusus untuk kamu yang ingin menjadi freelance writer tapi tidak punya pengalaman dan bingung mulai dari mana, tenang Minvo punya rekomendasi kursus untuk kamu. Kamu bisa join kursus menulis di Vocasia. Klik Disini

2. Bangun Kebiasaan Membaca

Sebagai freelance writer kamu harus membiasakan membaca, karena dengan membaca kamu dapat merangsang kemampuan menulis. Mulai dari gaya bahasa, cara menulis, dan lain-lain. Oleh karena itu membiasakan membaca merupakan hal yang wajib sebagai freelance writer. Kamu bisa membaca berbagai topik, semakin banyak pengetahuan yang kamu dapatkan dari membaca, maka akan semakin bagus.

3. Latihan Menulis Hasil Bacaan

Latihan review hasil bacaan merupakan salah satu trik ampuh untuk dapat menulis dengan lancar dan baik. Dengan begitu kamu dapat memperbanyak kosakata dan wawasan yang akan berguna untuk memperkuat etos kerja ketika menjadi penulis.

4. Manfaatkan Website Freelance

Kamu bisa memanfaatkan website freelance untuk mencari klien. Sudah banyak website-website freelance yang bermunculan dan kamu bisa memanfaatkan itu untuk menawarkan jasa kamu kepada klien. Tapi sebelum itu kamu harus mulai dengan pasang foto profil, memasukan portofolio dan mencantumkan harga setiap biaya dari menulis. Hal ini bertujuan jika ada klien yang tertarik dengan jasa kamu mereka mempunyai gambaran.

Baca Juga: 6 Cara Mudah Menjadi Freelancer Sukses Untuk Pemula

5. Mencari Niche atau Spesialisasi

Menemukan niche atau spesialisasi dalam dunia freelance akan membantu kamu mendapatkan bayaran yang tinggi. Ketika kamu memiliki kemampuan khusus dalam suatu bidang, kamu dapat menawarkan nilai tambah kepada klien.

6. Mempelajari Pasar

Memahami pasar dan tren dalam industri freelance adalah sangat penting. Hal ini, dapat membantu kamu mengidentifikasi peluang, menyesuaikan penawaran, dan bersaing secara efektif.

7. Bangun Portofolio yang Kuat

Portofolio merupakan kumpulan karya-karya yang telah kamu buat untuk ditunjukkan kepada calon klien. Kamu bisa membangun portofolio dengan menulis artikel blog atau proyek pribadi yang menonjol.

 

Nah, itu dia hal-hal yang perlu kamu ketahui untuk menjadi seorang freelance writer.

Kamu ingin menjadi freelance writer? atau ingin menjadi full time writer? Tapi gapunya pengalaman dan bingung mau belajar dari mana?

Yuk join kursus di VOCASIA, Kamu bisa belajar menulis dari nol sampai menjadi pengalaman dengan harga terjangkau!

Jangan lewatkan kesempatan menjadi freelance writer yang sukses. Daftarkan dirimu sekarang juga dengan klik link di bawah ini sekarang!

Penulis : Achmad Refikasa – Vocasia

Sukses Membangun Kesan - Personal Development

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *