Tanggal:12 May 2024

Iklan Komersial: Pengertian, Jenis, Ciri dan Contohnya

Apa Itu Iklan Komersial?

Iklan komersial adalah suatu pesan atau promosi yang digunakan untuk mempromosikan produk atau jasa dengan tujuan untuk menarik minat dan mempengaruhi perilaku konsumen agar membeli atau menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan. 

Dengan melakukan pemasaran produk melalui iklan komersial. Selain dapat meningkatkan penjualan, iklan komersial juga dapat membuat suatu produk yang awalnya diketahui menjadi bisa lebih dikenal oleh masyarakat luas.

Selain menjadi media pemasaran produk, iklan komersial juga berperan penting dalam menciptakan citra suatu brand. Alhasil, meningkatkan brand awareness dari produk tersebut.

Salah satu iklan komersial yang sedang hangat di kalangan netizen Indonesia adalah iklan dari perusahaan fashion syariah yaitu Zafeer Indonesia. Mereka menggunakan media sosial untuk memperkenalkan produk sekaligus menciptakan citra brand.

Strategi yang digunakan yaitu dengan menjual lifestyle, dengan menunjukkan visual yang mempresentasikan bahwa produk mereka bisa dipakai di situasi apa saja, semua orang dan segala kalangan. 

Nah, tapi Iklan komersial memiliki banyak jenis, ciri-ciri, dan contohnya loh, Sobat. Oleh karena itu, ini ada beberapa hal yang harus dipahami agar dapat membuat iklan yang efektif dan berhasil dalam memasarkan produk atau jasa. Yuk simak artikel ini selengkapnya!

Tujuan Iklan Komersial

Secara ringkas iklan komersial memiliki beberapa tujuan lain. Tujuan dari iklan komersial adalah sebagai berikut:

  • Meningkatkan Penjualan
  • Membangun Brand Awareness
  • Meningkatkan Loyalitas Konsumen
  • Menghadapi Persaingan
  • Memperkenalkan Produk atau Jasa Baru

Jenis Iklan Komersial

Ada beberapa jenis iklan komersial yang biasa kita lihat, jenis-jenis iklan komersial tersebut adalah sebagai berikut:

a) Iklan Televisi

Iklan televisi adalah jenis iklan yang ditayangkan di televisi, biasanya ditayangkan pada jeda iklan di antara program televisi. Dengan begitu, iklan televisi dapat menjangkau audiens yang sangat luas dan dapat menampilkan gambar dan suara untuk menarik perhatian konsumen.

b) Iklan Radio

Iklan radio adalah jenis iklan yang ditayangkan di radio, biasanya disiarkan di antara program-program radio. Iklan macam ini dapat menjangkau audiens dan sangat efektif dalam menjangkau pendengar yang sedang mengemudi atau melakukan kegiatan lainnya.

c) Iklan Cetak

Iklan cetak adalah iklan yang dicetak pada media seperti surat kabar, majalah, atau brosur. Dapat berupa gambar dan teks, atau kombinasi keduanya. Iklan macam ini sangat efektif dalam menjangkau audience yang tertarget secara spesifik dan dalam mempromosikan produk atau jasa yang lebih eksklusif.

d) Iklan Digital

Iklan digital adalah jenis iklan yang ditampilkan di platform digital seperti situs web, media sosial, atau aplikasi. Iklan dapat berupa gambar, video, atau teks, dan biasanya ditargetkan pada audiens tertentu. Iklan macam ini sangat efektif dalam menjangkau audiens yang lebih muda atau gen Z.

Ciri-ciri Iklan Komersial

Lalu, ciri-ciri dari iklan komersial itu sendiri adalah:

a) Memiliki Tujuan Promosi

Tujuan utama dari iklan komersial adalah untuk mempromosikan produk atau jasa tertentu agar dikenal oleh masyarakat luas dan memicu minat mereka untuk membeli atau menggunakan produk atau jasa tersebut.

b) Memiliki Pesan yang Jelas dan Mudah Dimengerti

Iklan komersial harus memiliki pesan yang jelas dan mudah dimengerti oleh audiens target. Hal ini dilakukan agar audiens dapat memahami apa yang ditawarkan dan mempertimbangkan untuk membeli atau menggunakan produk atau jasa tersebut.

c) Menarik Perhatian

Iklan komersial harus mampu menarik perhatian audiens agar mereka tertarik untuk melihat atau mendengarkan iklan tersebut. Biasanya, iklan menggunakan elemen visual atau suara yang menarik agar audiens tertarik dan lebih mudah mengingat iklan tersebut.

d) Menyajikan Informasi Tentang Produk atau Jasa

Iklan komersial harus menyajikan informasi tentang produk atau jasa yang ditawarkan agar audiens dapat memahami produk atau jasa tersebut dan memutuskan apakah ingin membeli atau menggunakan produk atau jasa tersebut.

e) Disajikan dalam Berbagai Bentuk

Iklan komersial dapat disajikan dalam berbagai bentuk seperti iklan televisi, radio, cetak, digital, dan sebagainya. Hal ini dilakukan agar iklan dapat menjangkau audiens target dengan cara yang berbeda-beda.

Contoh-contoh Iklan Komersial

Berikut contoh-contoh iklan komersial di beberapa platform yang berbeda:

1) Iklan Televisi

Contoh iklan televisi yang populer adalah iklan Teh Botol Sosro yang menampilkan orang-orang yang menikmati Teh Botol Sosro, setelah makan apa saja. Hal ini sesuai juga dengan slogan Teh Botol Sosro yaitu “Apapun makanannya, minumnya Teh Botol SOSRO”. 

Tagline tersebut masih digunakan hingga sekarang dan masih melekat di ingatan masyarakat Indonesia. Iklan tersebut menarik perhatian dan membuat orang tertarik untuk membeli Teh Botol Sosro.

2) Iklan Radio

Contoh iklan radio yang efektif adalah iklan McDonald’s yang menampilkan lagu jingle yang mudah diingat dan menggugah selera. Iklan tersebut mampu membuat orang terus memikirkan produk McDonald’s dan ingin mencoba produk tersebut.

3) Iklan Cetak

Contoh iklan cetak yang menarik adalah iklan produk kosmetik yang menampilkan model dengan kulit yang cantik dan sehat. Iklan tersebut mampu membuat orang tertarik untuk membeli produk kosmetik tersebut karena ingin memiliki kulit yang cantik dan sehat seperti model dalam iklan.

4) Iklan Digital

Contoh iklan digital yang efektif adalah iklan Facebook, Instagram, dan juga beberapa media sosial lainnya. Biasanya menampilkan produk yang disesuaikan dengan minat dan perilaku pengguna media sosial. Iklan tersebut mampu menjangkau audiens yang lebih tepat dan membuat mereka tertarik untuk membeli produk tersebut.

Nah, itulah penjelasan yang singkat dan lengkap, tentang apa itu Iklan Komersial. Bagi Sobat yang sedang menjalankan bisnis dan ingin belajar lebih dalam tentang melakukan pemasaran melalui iklan komersial. Kalian bisa mengikuti Kursus Online dari Vocasia yang membahas “Tingkatkan Penjualan dengan Teknik Beriklan di Facebook & Instagram“.

Di Kursus ini, sobat akan diberikan materi bagaimana cara membuat iklan, sistematis Facebook Ads dan juga Instagram, serta persiapan yang harus dilakukan sebelum membuat iklan. Yuk buruan daftar, jangan sampai ketinggalan dan dapatkan semua benefitnya. Untuk info lengkap dan pendaftaran bisa KLIK TOMBOL DI BAWAH!

grit adalah

Public relation masterclass

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *