Tanggal:11 May 2024

Iklan Tokopedia, Aktifkan Sekarang dan Optimalkan Sales!

Iklan Tokopedia adalah fitur promosi yang biasa disebut TopAds, bagi para Merchant yang ingin dagangan nya laris di Tokopedia disarankan untuk dapat mengoptimalkan fitur ini. Sebab dari hasil survey yang dilakukan Tokopedia, rata – rata Merchant yang memanfaatkan fitur ini bisa mendapatkan keuntungan yang berkali lipat dari biasanya karena munculnya barang yang kita jual di tampilan teratas pencarian. 

Memasang iklan TopAds di Tokopedia memang dikenakan biaya, namun biaya yang harus dibayar relatif murah kok, jadi bagi para Merchant yang ingin mengiklankan barang dagangannya gak perlu khawatir. Jadi mari kita bahas disini apa itu iklan TopAds Tokopedia, dan berapa sih biaya iklan Tokopedia.

Apa itu TopAds di Tokopedia?

TopAds adalah fitur promosi toko dan produk yang bisa digunakan oleh seluruh merchant di Tokopedia. Melalui fitur ini, kita bisa mempromosikan produk kapan saja dengan biaya mulai dari Rp.250, Rp.300 dan Rp.350 tergantung kategori.

Perlu diketahui, saat ini fitur TopAds hanya bisa diakses melalui Tokopedia versi desktop dan Seller App. Fitur TopAds menerapkan sistem pembayaran Cost Per Click (CPC), jadi kita hanya akan membayar setiap kali iklan toko atau produk kita di klik oleh pengguna.

Namun, pastikan kita sudah mengetahui cara Kredit TopAds terlebih dahulu dan mengisi dengan jumlah kredit yang tersedia dalam berbagai pilihan, mulai dari Rp 100.000 hingga Rp 5.000.000.

Melalui fitur TopAds, beriklan efektif jadi lebih mudah dan produk toko kita sudah pasti ditampilkan pada halaman strategis.

Seperti di Halaman Pencarian, Homepage, Kategori, serta halaman strategis lainnya.

Fitur TopAds memungkinkan produk toko kita bisa tampil teratas di halaman strategis, serta lebih mudah dikunjungi. Dengan demikian, kita bisa menjangkau lebih banyak pembeli dan bisa memaksimalkan penjualan toko.

Macam Iklan TopAds Tokopedia

Perlu diketahui terlebih dahulu sebelum kita membuat iklan, iklan seperti apa yang ingin kita gunakan. Setelah mengenali nya barulah kita bisa menentukan strategi TopAds apa yang akan digunakan untuk toko kita.

Iklan Toko / Iklan Headline Tokopedia

Iklan toko atau yang dulunya kita kenal dengan nama Iklan Headline Tokopedia, iklan ini mudah dipahami sebab iklan toko memiliki penempatan sendiri yang berbeda dari iklan produk atau iklan kata kunci. Iklan ini muncul sebagai banner teratas yang berada di halaman pencarian. 

Produk-produk yang diiklankan akan muncul di dalam banner, bukan katalog yang ada di halaman pencarian. Oleh karenanya, jangan bingung jika di Iklan Toko ini kita perlu memasukkan kembali kata kunci dan jangan sampai rancu dengan Iklan Kata Kunci. Kata kunci adalah hal penting dalam melakukan iklan.

Iklan Otomatis Tokopedia

Seperti namanya “Iklan Otomatis Tokopedia”, iklan ini bersifat otomatis. Dimana kita hanya perlu memasukkan berapa besar anggaran harian yang ingin kita keluarkan. 

Dari situ, Tokopedia akan berusaha mengoptimalkan sendiri produk apa yang diiklankan, berapa besaran bidding-nya, dan seberapa besar suatu produk akan mendapatkan anggaran. Ketika ini diaktifkan, maka semua Iklan Produk akan diatur secara otomatis oleh Tokopedia dan kita tidak bisa melakukan pengaturan secara lebih spesifik.

Iklan Tanpa Modal

Iklan Tanpa Modal merupakan satu tipe iklan Tokopedia terbaru 2022 dan mungkin belum semua toko bisa mencoba fiturnya. Kita boleh menganggap ini sebagai sebuah tipe iklan otomatis, tapi kita perlu mengatur biaya per penjualan yang terjadi dari Iklan Tanpa Modal ini. 

Ya, jadi jika di tipe iklan lain kita mengatur bidding biaya per klik atau per 1.000 kali tayangan, di Iklan Tanpa Modal ini kita hanya cukup membayar jika produk kita terjual dari iklan.

Bisa dibilang inilah salah satu cara beriklan gratis di Tokopedia. Karena jika tidak ada penjualan dari Iklan Tanpa Modal, kita tidak perlu membayar apa-apa. Ini menjadi sebuah alternatif iklan berisiko rendah bagi pemilik toko. Iklan ini dapat berjalan berdampingan dengan tipe iklan lain.

Iklan Produk

Iklan produk adalah iklan yang bisa dibilang, ini tipe iklan yang muncul di banyak placement sekaligus. Kapan iklan ini akan muncul ditentukan oleh berbagai macam faktor, seperti kata-kata pencarian yang digunakan oleh pengguna Tokopedia, nama produk yang diiklankan, kategori produk, performa review dan penjualan produk, dan lain sebagainya. dengan melakukan iklan Anda bisa meningkatkan penjualan di Tokopedia.

Iklan Kata Kunci

Iklan kata kunci adalah iklan yang akan muncul di halaman pencarian, Memang Iklan Produk juga muncul di halaman pencarian. Tapi, Iklan Kata Kunci ini berfungsi untuk menambahkan lagi kemunculan produk Anda di pencarian-pencarian yang menggunakan kata-kata yang belum ada di nama produk.

Nama produk di Tokopedia memiliki batasan jumlah karakter. Sementara suatu produk bisa punya banyak istilah. Tanpa harus menambahkan begitu banyak istilah di nama produk, kita bisa tambahkan di Iklan Kata Kunci. Sehingga, iklan kita dapat tetap muncul di pencarian-pencarian yang kata kuncinya belum tercantum di nama produk.

Nah, Itulah kelima Iklan Tokopedia 2022 yang bisa kamu terapkan di toko online kamu agar bisa meraup omset berkali lipat.

Kursus digital marketing

Ini Adalah Akun Publikasi Artikel Buatan Mahasiswa & Mahasiswi Studi Independen di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *