Tanggal:05 May 2024

Bisa Lakukan Dimana Saja, Ini Keuntungan Bimbel

JAKARTA, vocasia.id – Sejak pandemi hadir, dunia berinovasi melakukan banyak kegiatan yang dilakukan secara online atau daring. Salah satunya adalah kegiatan belajar mengajar, entah itu pembelajaran formal maupun non formal. Pembelajaran non formal atau biasa disebut bimbingan belajar (bimbel) juga termasuk yang melakukan kegiatan secara daring ini. Dibawah ini adalah keuntungan bimbel online, simak terus ya!

pelatihan belajar aplikasi fluid simulator untuk pemula vocasia

Belajar adalah salah satu kegiatan terpenting dalam hidup kita, baik di sekolah, universitas, atau bahkan di tempat kerja. Namun, belajar tidak selalu mudah, terutama ketika kamu kesulitan memahami apa yang diajarkan. Itulah sebabnya pengajaran atau bimbingan menjadi pilihan yang banyak dipilih oleh siswa. 

Bimbingan belajar atau bimbel saat ini makin banyak diminati orang masyarakat. Selain untuk tambahan belajaran dalam pendidikan sekolah, bimbel juga dapat melatih dan meningkatkan skill lain sesuai yang kita minati. 

Pada era digital ini persaingan pun kian meningkat dan salah satu cara untuk meningkatkan kualitas diri dengan fleksibel adalah menjadikan bimbel online sebagai alternatifnya, karena sudah dinilai cukup efektif untuk mendalami ilmu dan skill. Apalagi, saat ini sudah banyak bimbel online yang terpercaya dan terjamin.

Dilansir dari berbagai sumber, pada hari Rabu (5/3/23) vocasia.id telah merangkum berbagai keuntungan bimbel online yang harus kamu ketahui!

Keuntungan Bimbel Online 

1. Biaya lebih murah

Keuntungan bimbel online pertama yakni, harga yang jauh lebih dibandingkan bimbel offline. Alasannya karena saat kamu belajar secara online tidak perlu menyediakan sebuah ruangan. Maka dari itu, biaya pengadaan bimbel jadi lebih murah. Selain itu, bimbel online bisa lebih banyak menjangkau siswa karena tidak ada batasan tempat fisik, memungkinkan mereka menghasilkan lebih banyak pendapatan dengan jumlah siswa yang lebih banyak. Pastinya bagi kebanyakan orang harga yang terjangkau dapat dijadikan salah satu pertimbangan untuk mengikuti bimbel online.

2. Belajar bisa lebih fleksibel

Karena dilakukan secara online, keuntungan bimbel online dapat dilakukan dimana saja, jadi kamu bisa membuat suasana belajar sesuka mu. Selain itu, kamu juga bisa belajar dengan nyaman dengan ditemani camilan favorite.

Misalnya, jika kamu memiliki jadwal yang padat, kamu dapat menyesuaikan jadwal belajar untuk mengakomodasi waktu luang. Kamu dapat menggunakan materi pembelajaran kapan saja, bahkan di malam hari atau di akhir pekan. Fleksibilitas ini memungkinkan kamu memprioritaskan aktivitas lain, seperti acara atau organisasi ekstrakurikuler, tanpa harus mengganggu pendidikan. 

3. Hemat waktu

Kamu tidak perlu bangun lebih awal atau mengikuti jadwal seperti bimbel offline karena dengan menggunakan bimbel online kamu bisa mengaksesnya kapan saja. Jadi, tidak perlu menghabiskan waktu untuk jalan ke tempat bimbel.

4. Mendapatkan materi yang lengkap dan berkualitas

Mungkin kamu mengira bahwa bimbel online belum tentu lengkap dalam penyediaan materi untuk kebutuhan pembelajaran kamu. Tapi, tidak perlu khawatir karena kurikulum bimbel online sudah dirancang dengan matang untuk membantu kamu meningkatkan skill dan memperdalam ilmu mu.

Biasanya, bimbel online memiliki program yang disusun berdasarkan jenjang pendidikan, seperti SD, SMP, SMA, dan Universitas. Selain itu, mereka juga menawarkan berbagai mata pelajaran seperti matematika, fisika, kimia, bahasa Inggris, dan lain-lain. Materi lengkap dan berkualitas memungkinkan siswa untuk belajar secara efektif dan efisien. 

5. Tetap bisa berinteraksi

Walaupun tidak secara face-to-face, kamu masih tetap bisa menanyakan kesulitan kamu mengenai materi-materi yang sedang dipelajari dengan memanfaatkan fitur chat dengan mentor. Melalui cara ini, siswa dapat berinteraksi dengan mentor walaupun secara tidak langsung dan menanyakan pertanyaan yang ingin ditanyakannya. 

Selain itu, mentor juga menawarkan berbagai metode pembelajaran seperti video tutorial, kuis, diskusi kelompok dan lain-lain. Metode pembelajaran yang berbeda ini memastikan pelajar tidak bosan dan termotivasi untuk belajar. 

6. Mendapatkan Mentor yang Berkualitas

Biimbel online biasanya memiliki mentor yang memumpuni dan berpengalaman di bidangnya. mentor-mentor ini biasanya mengajar secara offline atau bahkan sudah mempunyai pengalaman mengajar di sekolah. Maka dari itu, mereka mampu memberikan penjelasan yang jelas dan mudah dipahami oleh siswa. Selain itu, siswa selalu dapat menghubungi mentor melalui forum diskusi atau chat online jika mengalami kesulitan dalam memahami materi.

7. Kemudahan Dalam Mengakses

Bimbel online dapat diakses dengan cepat dan mudah hanya melalui Internet. Siswa dapat mengakses materi pelajaran dan juga berinteraksi dengan guru kapan saja, di mana saja selama memiliki koneksi internet yang stabil. Ini sangat membantu bagi siswa yang sibuk di luar sekolah atau tinggal di tempat yang sulit dijangkau, seperti belajar offline. 

Itu dia pembahasan dari vocasia.id tentang keuntungan bimbel online. Semoga bermanfaat dan menjadi salah satu rekomendasi terbaik untuk kamu!

Penulis: Yurindri Malika Dygtania

Mahasiswa Studi Independen – Kelompok D

Vocasia – Batch #4

Share

Ini Adalah Akun Publikasi Artikel Buatan Mahasiswa & Mahasiswi Studi Independen di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *