Tanggal:23 July 2024

Rekomendasi Waktu Belajar yang Baik Untuk Pelajar

JAKARTA, vocasia.id  – Setiap orang memiliki waktu belajarnya masing-masing. Hal ini dapat disebabkan karena perbedaan situasi dan kondisi setiap orang. Bisa saja seseorang belajar di malam hari karena terlalu sibuk dengan pekerjaan lagi di siang harinya. Sebaliknya, adapun orang yang lebih senang belajar di pagi hari karena menganggap bahwa malam hari adalah waktu untuk beristirahat. Jadi, kapan waktu belajar yang baik itu tergantung masing-masing individu dimana waktu ternyaman untuk belajar.

Kursus online belajar TOEFL PBT Vocasia

Namun, apakah ada waktu belajar terbaik dan sesuai dengan fokusnya seorang manusia? Dilansir dari berbagai sumber pada hari Kamis (6/3/23) vocasia.id telah merangkum Rekomendasi Waktu belajar yang baik yang harus kamu ketahui!

Pada Subuh Hari 

Mungkin sebagian besar orang akan sulit untuk belajar di waktu ini karena berbagai alasan dan boleh jadi salah satu alasannya tidak sempat untuk bangun tidur sebelum jam 5 pagi, apalagi karena alasan belajar. Walaupun begitu, pada waktu ini otak manusia akan lebih efektif dalam bekerja, jadi belajar di waktu ini sangat direkomendasikan. Meskipun beberapa orang harus menahan kantung yang luar biasa, namun saat fajar udara pun masih segar, hal ini dapat membantu kamu agar lebih fokus dalam belajar. Apalagi, disaat-saat ini kebanyakan orang masih belum banyak yang memulai aktivitasnya. Jadi, kamu bisa lebih berkonsentrasi dan gak harus takut ada banyak distraksi dari suara-suara yang dapat menggangu mu. 

Jam 7 Pagi sampai 11 Siang 

Otak bekerja dalam kondisi yang prima dan efektif dalam rentang waktu ini, hal ini akan menyebabkan waktu belajar kamu lebih efektif dari biasanya. Otak akan terasa lebih mudah untuk menangkap ilmu yang sedang dipelajari. Saat hari libur, kamu juga bisa memanfaatkan waktu ini untuk mengerjakan tugas yang lebih rumit dan kompleks. 

Dilansir dari Aku Pintar, pada jam 7 pagi sampai 11 siang sangat cocok untuk belajar karena disaat ini otak kamu berada di fase konsentrasi ditingkat tinggi. Lalu, ada juga kortisol yang dapat memicu kreativitas seseorang. Apalagi, sinar matahari yang dapat membantu tubuh kamu lebih bersemangat.

Jam 6 Petang Sampai 8 Malam 

Jika kamu seorang siswa yang sibuk dan memiliki banyak aktivitas seperti melakukan ekstrakurikuler dan berorganisasi, rekomendasi waktu belajar yang baik dapat dilakukan di rentang waktu ini. Waktu ini dipilih karena tubuh dan otak masih memiliki energi yang cukup. Waktu ini juga baik untuk belajar karena otak bisa istirahat setelahnya. Namun, kamu sebaiknya belajar dengan kesulitan yang ringan saja. Jangan memaksakan diri untuk belajar sampai larut malam, apalagi dengan metode belajar sistem kebut semalam. Kalau sudah begini, hasil belajar kamu tidak akan maksimal karena tubuh dan otak sudah terlalu lelah.

Namun, kamu tidak perlu terlalu kaku dalam menentukan jadwal belajar yang tepat. Tapi, kalau waktu belajar kamu saat di rumah berbeda, itu tidak masalah karena seperti penjelasan diatas kalau setiap orang mempunyai waktu belajarnya masing-masing sesuai dengan jadwal yang mereka senangi dan dapat memaksimalkan hasil belajarnya. 

Tips mengatur waktu belajar yang baik

Tips mengatur waktu belajar yang baik sangat penting bagi siapa saja yang ingin memaksimalkan waktu dan usaha dalam belajar. Terkadang, sulit untuk menemukan waktu yang tepat untuk belajar dengan rutin karena kegiatan dan kesibukan sehari-hari. Namun, ada beberapa cara yang dapat membantu dalam mengatur waktu belajar. 

1. Membuat Jadwal Belajar 

Pertama, membuat jadwal belajar rutin setiap harinya. Alokasikan waktu belajar sekitar satu sampai dua jam setiap hari dan gunakan salah satu dari ketiga waktu belajar terbaik, yaitu pagi hari, siang hari, atau malam hari sebagai patokan. 

2. Tetapkan target belajar 

Kedua, tetapkan target belajar dan buat review pelajaran yang sudah dikuasai sebelum beralih ke pelajaran yang lebih sulit atau belum dikuasai. Dalam menetapkan target belajar, kamu bisa menggunakan aplikasi DoCheck yang memungkinkan kamu untuk set goals belajar, dan upgrade tasks untuk memantau progress belajar kamu.

3. Siapkan waktu istirahat

Ketiga, jangan lupa untuk siapkan waktu untuk istirahat. Terlalu lama belajar justru akan membuat otak kamu cepat lelah dan sulit menyerap informasi. Oleh karena itu, selipkan jeda waktu di tengah waktu belajar, dan gunakan waktu tersebut untuk refreshing dengan melakukan aktivitas yang menyenangkan seperti menonton drama Korea, membaca buku, atau bahkan bermain game.

Meskipun ada waktu belajar terbaik yang dianjurkan, seperti pagi hari, siang hari, dan malam hari, setiap orang memiliki preferensi waktu belajar yang berbeda-beda. Oleh karena itu, tidak ada waktu belajar yang paling baik untuk semua orang. Yang terpenting adalah menentukan waktu belajar yang efektif untuk diri sendiri dan memastikan agar tetap konsisten dengan jadwal belajar.

Itu dia pembahasan dari vocasia.id tentang Rekomendasi Waktu belajar yang baik. Semoga bermanfaat dan menjadi salah satu rekomendasi terbaik untuk kamu!

Penulis: Yurindri Malika Dygtania

Mahasiswa Studi Independen – Kelompok D

Vocasia – Batch #4

Share

Ini Adalah Akun Publikasi Artikel Buatan Mahasiswa & Mahasiswi Studi Independen di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *