Tanggal:30 May 2024

Mengenal Investasi Leher Keatas, Manfaat, Contoh dan Tipsnya

Apa Itu Investasi Leher Ke Atas?

Di era sekarang ini, investasi merupakan salah satu hal yang cukup penting yang harus kita mulai dari usia dini. Menurut KBBI, Investasi adalah penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan. Dengan melakukan investasi, kita bisa memiliki pegangan untuk masa depan

Namun, investasi tak melulu hanya soal uang ataupun harta yang terlihat seperti saham, emas, dan juga reksadana. Investasi juga bisa tentang pengembangan diri kita sendiri atau yang biasa kita sebut dengan personal development.

Salah satu bentuk dari investasi diri adalah investasi leher ke atas. Mungkin ada beberapa orang yang pernah mendengar istilah tersebut, lalu apa itu investasi leher ke atas? 

Investasi Leher Ke Atas (ILKA) adalah istilah yang merujuk pada investasi diri sendiri atau pengembangan diri. Seseorang akan berinvestasi pada keterampilan, pengetahuan, dan pengamalan yang akan membantu mereka meningkatkan potensi diri dan karier mereka.

Kenapa disebut dengan Investasi Leher Ke Atas? “Leher Ke Atas” merupakan ungkapan lain atau akronim dari Kepala. Oleh karena itu, investasi leher ke atas adalah investasi yang kita lakukan untuk mengisi kepala kita dengan ilmu-ilmu yang barus.

Sebab kepala merupakan bagian utama seseorang untuk berpikir dan melakukan kreativitas. Pola pikir yang baik akan menentukan juga kehidupan yang baik.

Manfaat Investasi Leher Ke Atas

Ada beberapa manfaat yang akan kita dapatkan jika menerapkan Investasi Leher Ke Atas, antara lain :

a) Meningkatkan Kemampuan

Dengan berinvestasi untuk diri sendiri, pastinya seseorang akan meningkatkan kemampuan yang mereka miliki. Meningkatnya kemampuan dan juga keterampilan, hal itu akan membantu mereka untuk meningkatkan value mereka terhadap pekerjaan ataupun bisnis mereka.

b) Meningkatkan Kesempatan Karir

Investasi pada diri sendiri akan membuka peluang seseorang untuk mengejar dan menggapai karir yang lebih baik dari sebelumnya. Sebab dirinya sudah memiliki nilai atau value lebih sehingga pantas untuk mendapatkan pekerjaan tersebut.

c) Meningkatkan Kualitas Hidup

Investasi diri akan membantu seseorang memperoleh pengetahuan baru, keterampilan baru, dan pengalaman baru. Alhasil, hal tersebut secara tidak langsung akan meningkatkan kualitas hidup mereka.

Jenis Investasi Leher Ke Atas

Lalu, apa saja jenis dari Investasi Leher Ke Atas. Diantaranya sebagai berikut : 

  • Pendidikan Formal; melanjutkan pendidikan formal seperti kuliah atau pasca sarjana di universitas atau perguruan tinggi.
  • Pendidikan Non-formal; mendaftar di program pelatihan atau seminar, mengambil kursus online, atau membeli buku yang berkaitan dengan industri atau keahlian tertentu.
  • Pengalaman Kerja; mengambil pekerjaan sambilan atau magang di industri yang ingin dikejar, atau mencoba peran baru di tempat kerja saat ini untuk meningkatkan keterampilan dan pengalaman.
  • Pelatihan Keahlian; mendaftar di program pelatihan keahlian atau sertifikasi dalam bidang tertentu seperti teknologi informasi, manajemen, atau bahasa asing.
  • Pengembangan Keterampilan Soft Skills; meningkatkan keterampilan interpersonal seperti kemampuan berkomunikasi, kepemimpinan, dan manajemen waktu melalui pelatihan atau kursus.
  • Kesehatan dan Kondisi Fisik; mengikuti program pelatihan atau mempekerjakan pelatih pribadi untuk membantu meningkatkan kesehatan dan kondisi fisik.
  • Pengalaman Hidup; mencoba hal-hal baru seperti melakukan perjalanan ke tempat yang belum pernah dikunjungi sebelumnya, bergabung dengan organisasi sukarela, atau memulai bisnis sendiri untuk mengembangkan keterampilan dan memperluas pengalaman hidup.

Contoh Investasi Leher Ke Atas

  • Pendidikan dan Pelatihan: Membeli buku, mengambil kursus online atau offline, mengikuti seminar atau konferensi, dan memperoleh sertifikasi.
  • Pengalaman: Mencoba hal-hal baru seperti melakukan perjalanan ke tempat yang belum pernah dikunjungi sebelumnya, bergabung dengan organisasi sukarela, atau memulai bisnis sendiri.
  • Kesehatan dan Kondisi Fisik: Mengikuti program pelatihan atau mempekerjakan pelatih pribadi untuk membantu meningkatkan kesehatan dan kondisi fisik.

Tips untuk Investasi Leher Ke Atas

  1. Tentukan tujuan yang akan dicapai dari investasi diri, seperti meningkatkan kemampuan kerja, mengejar karier, atau meningkatkan kualitas hidup.
  2. Buat rencana yang terperinci untuk investasi sendiri, termasuk jenis investasi yang ingin dilakukan, waktu, biaya yang diperlukan, dan target pencapaian.
  3. Lakukan evaluasi diri, evaluasi keterampilan, kekuatan, dan kelemahan untuk membantu menentukan jenis investasi yang akan paling efektif.
  4. Berani mengambil risiko; investasi diri sendiri memerlukan waktu dan biaya, tetapi dapat memberikan pengembalian investasi yang besar pada jangka panjang.
  5. Selalu konsisten, investasi diri adalah proses jangka panjang, jadi tetaplah konsisten dan tekun dalam upaya untuk meningkatkan diri Anda.

Nah, itulah beberapa penjelasan tentang “Investasi Leher Ke Atas”. Bagi Sobat Vocasia yang ingin mengetahui lebih banyak hal-hal yang berkaitan dengan dunia investasi, kalian bisa mengikuti kelas online Vocasia yang membahas tentang tips investasi dan materi-materi yang mengedukasi lainnya. Yuk, mumpung lagi ada promo langsung daftar dengan KLIK TOMBOL DI BAWAH INI!

Menulis Surat Lamaran - Personal Development

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *