Tanggal:21 February 2024

Cara Mengatur Spasi di Word yang Berantakan – Vocasia

Halo Sobat Vocasia!

Sobat sedang membuat tulisan di Word, tetapi kesal karena tulisannya yang terkesan berantakan. Disini mimin siap membantu sobat dalam mengetik di Word. Kali ini mimin akan menjelaskan “cara mengatur spasi di word yang berantakan”. Di artikel ini mimin akan menjelaskan berbagai cara dalam mengatur spasi teks yang berantakan di aplikasi Microsoft Word.

Mau tahu lebih lanjut, ayo ikuti pembahasannya disini!

Disini mimin akan mendemonstrasikan caranya dengan aplikasi Word edisi 2019. tetapi cara-cara ini bisa dipakai di berbagai versi aplikasi Word.

Cara Merapikan Tulisan Paragraf Agar Sejajar

Perhatikan teks paragraf di bawah ini!

Merapikan paragraf (Fungsi Justify). Sumber: Vocasia

Teks pada gambar di atas tidak sejajar karena sobat belum menekan tombol “Justify”. Untuk melakukannya, sobat bisa mencari tombol “Justify” yang berada di menu paragraph. Sebelum sobat menekan justify, ada baiknya sobat meng-blok teks yang ingin dirapikan dengan mengklik seluruh teks. Hal ini bisa dilakukan dengan menarik kursor mouse dari kata pertama di paragraf pertama pada teks sampai ke bawah. Setelah itu, sobat bisa menekan tombol justify. Setelah sobat menekan justify, ini hasil tulisan sobat.

Hasil paragraf setelah menekan Fungsi Justify. Sumber: Vocasia

Posisi tulisan sobat sudah menjadi merata ke setiap sisi dan tidak ada baris yang terlalu panjang dan terlalu pendek. Di bagian selanjutnya mimin akan mengajarkan bagaimana mengatur jarak baris dalam tulisan sobat.

Cara Mengatur Jarak Baris Paragraf 

Sobat memiliki teks dengan jarak antar baris seperti ini:

Mengatur Line Spacing 1. Sumber: Vocasia

Kali ini sobat menginginkan jarak antar baris yang berbeda, caranya adalah mengaturnya di menu line spacing yang berada tepat di sebelah kanan tombol justify. Sobat bisa mengaturnya secara cepat atau secara detail. Tampilan menunya seperti ini:

Menu Detail Line Spacing. Sumber: Vocasia

Sobat bisa mengatur jaraknya dengan mencari line spacing di tab spacing. Sobat bisa mengaturnya dengan memilih single, 1,15, 1,5, atau sesuai dengan pilihan sobat.

Ini perubahan yang terjadi sesudah sobat mengatur line spacing teks sobat:

Jarak Line Spacing 1,15. Sumber: Vocasia

Gambar di atas menunjukkan line spacing dengan ukuran 1,15. Terdapat jarak yang sedikit lebih lebar ketimbang ukuran 1,0 di gambar sebelumnya.

Line Spacing ukuran 1,5. Sumber: Vocasia

Line spacing 1,5 memiliki jarak yang lebih lebar ketimbang ukuran 1 dan 1,15.

Sekarang mimin lanjutkan cara mengatur jarak antar paragraf

Cara Mengatur Jarak Antar Paragraf

Salah satu fitur yang dimiliki oleh Microsoft Office adalah mengatur jarak antar satu paragraf dengan paragraf lain. Ayo perhatikan cara dan langkah gambarnya di bawah ini:

Memberi jarak antara paragraf ke-1 dan paragraf ke-2. Sumber: Vocasia

Dengan menekan Add Space Before Paragraph, akan ada jarak antara satu paragraf dengan paragraf selanjutnya. Cara menambah jarak ini adalah dengan menekan tombol line spacing yang terletak tepat di sebelah kanan tombol justify. Setelah itu, sobat menekannya dan sobat akan menemukan salah satu tulisan Add Space Before Paragraph.

Jika sobat ingin menghapus jarak antar satu paragraf dengan paragraf sebelumnya, sobat tinggal menekan tulisan Remove Space After Paragraph.

Fitur Remove Space After Paragraph. Sumber: Vocasia

Gambar di atas menunjukkan efek fungsi Remove Space After Paragraph. Terlihat bahwa tidak ada jarak lagi antara paragraf pertama dan kedua.

Itulah beberapa hal yang bisa sobat lakukan dalam merapikan teks sobat di program Microsoft Word. Semoga bisa membantu sobat dalam mengerjakan tugas pengetikan sobat.

Bagi sobat yang ingin mahir dalam mengoperasikan aplikasi Word bisa bergabung ke kursus “Langkah Praktis Belajar Ms Office Word”. Sobat bisa bergabung dengan menekan tombol di bawah ini:

grit adalah

pelatihan mengelola peran dan tanggung jawab pekerjaan vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *