Tanggal:29 February 2024

Ciri-ciri iPhone HDC dan Perbedaannya dengan iPhone Original

Pernahkan kamu mendengar istilah handphone HDC? HDC atau Handphone Copy Draw adalah HP tiruan alias KW. Banyak orang menyebutnya dengan barang palsu karena kemiripan yang dimiliki hampir 100% dengan aslinya. Sasaran merek utamanya adalah iPhone milik Apple.

Dasar penciptaan HDC adalah harga yang terlalu melangit dan tidak ramah di kantong masyarakat Indonesia. Sehingga, para oknum memilih untuk menjual replikanya dengan harga jauh di bawah aslinya. 

Handphone jenis ini banyak ditemukan di situs jual beli online. Mereka lebih memilih menjualnya secara online karena pembeli tidak bisa memeriksa detailnya satu-persatu. Melalui cara tersebut, banyak pembeli yang tertipu karena tergiur dengan harga yang ditawarkan.

Meskipun istilah ini sudah tidak asing di telinga masyarakat Indonesia, faktanya masih banyak yang belum tahu ciri-ciri HDC. Bahkan, mereka tidak bisa membedakan handphone asli dengan HDC.

Artikel ini akan membantumu mengetahui ciri-ciri dan perbedaan antara HDC dan barang asli. Simak dengan teliti agar tidak salah beli, ya!

Baca juga: iPhonemu Boros? ini dia 5 Tips Penting Untuk Menjaga Ketahanan Baterai Pada iPhonemu

Ciri-ciri iPhone HDC

Ilustrasi Ciri-ciri iPhone HDC (Source: pixabay)

Ketika membeli barang, tentu kamu akan memeriksa detailnya agar tidak terjadi kesalahan. Pemeriksaan tersebut dapat dilakukan secara umum melalui tampilan dan secara lengkap berdasarkan kegunaan. 

Kamu dapat menerapkan hal tersebut pada saat membeli iPhone di pasaran. Secara kasar, iPhone HDC memiliki ciri-ciri seperti berikut: 

  1. Harga iPhone HDC jauh lebih rendah hingga tiga kali lipat di bawah harga asli
  2. Penjual tidak memberikan garansi atau jaminan kerusakan
  3. Diklaim sebagai iPhone bekas atau seccond
  4. Memiliki firmware yang tidak jelas
  5. Rentan terhadap adanya malware
  6. Performa tidak sebagus iPhone milik iBox

Baca juga: 10 Perbedaan IOS dan Android

Perbandingan iPhone HDC dengan Original

ciri-ciri iPhone HDC

Ilustrasi Perbedaan HDC dan Original (Source: pixabay)

Selain melihat ciri-cirinya secara umum, kamu juga bisa memeriksanya lebih dalam lagi. Caranya dengan membandingkan performa fitur di dalamnya dengan iPhone original. Berikut adalah beberapa fitur yang harus kamu perhatikan.

1. App Store

iPhone HDC memiliki AppStore yang berbeda dengan aslinya. AppStore milik handphone jenis ini merupakan adaptasi dari Playstore milik Android yang dikemas menyerupai Appstore.

2. Sistem Operasi

Sistem operasi iPhone menggunakan iOs di seluruh platform andalannya. Berbeda dengan HDC yang beberapa sistem operasinya masih menyisipkan Android di dalamnya. Jika dilihat secara jeli, tentu kamu dapat membedakannya.

3. iTunes

Kamu dapat mengecek adanya iTunes dalam iPhone asli melalui laptop. Kamu hanya perlu menggunakan kabel data untuk menghubungkan keduanya. Jika di dalamnya terdapat iTunes, akan muncul notifikasi dalam bilah layar laptop. 

4. Material Body iPhone

Material iPhone asli dan HDC sangatlah berbeda. iPhone original memiliki body dengan kualitas material terbaik dan kelas tinggi. Sementara itu, material milik HDC terlihat seperti plastik dan mudah rusak.

5. Garansi

Cara lain untuk membedakannya adalah dengan memeriksa IMEI. iPhone asli pasti memiliki IMEI yang terdaftar secara resmi, sedangkan HDC tidak.

6. Kualitas Tampilan Layar

Retina display layar HDC sangat jauh berbeda dengan aslinya. Kamu dapat membedakannya dengan iPhone yang dibeli secara resmi di iBox dengan handphone tersebut.

7. Harga

Dari segi harga, HDC tiga kali jauh lebih murah dibanding harga asli. Jika iPhone 11 dijual berkisar 10 juta ke atas, HDC hanya dijual sekitar 2-3 juta saja.

8. Slot MicroSD

iPhone asli atau original tidak memiliki slot MicroSD. Jika handphone tersebut memiliki MicroSD untuk menyimpan memori tambahan, dapat dipastikan itu adalah palsu.

Itulah ciri-ciri iPhone HDC yang dapat kamu hindari. Jangan pernah tergiur dengan harga murah yang ditawarkan. Harga murah tentu akan sebanding dengan kualitas yang dimiliki. Dengan membeli barang palsu, kerugian akan kamu dapatkan di kemudian hari. Periksa sebelum membeli dengan memperhatikan elemen-elemen di atas. 

Baca juga : Mudah dan Cepat! Cara Logout Gmail di Komputer serta HP Android dan IOS

Kursus membuat Aplikasi website

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *