Tanggal:18 May 2024

10 Perbedaan IOS dan Android

© Detik Inet Website

Orang bilang lebih simple menggunakan iOS ketimbang Android, namun banyak juga orang bilang Android lebih mudah dalam segala hal. Benarkah seperti itu? Sudahkah Anda tahu apa saja perbedaan iOS dengan Android? Mari simak 10 perbedaan iOS dan Android di bawah ini.

1. Segi Kegunaan

iOS merupakan sistem operasi yang ekslusif karena sistem operasi ini dirancang khusus hanya untuk digunakan di produk iPhone dari Apple Inc. Sedangkan Android merupakan sistem operasi buatan Google yang dirancang untuk bisa kompatibel dengan berbagai merk smartphone.

Berkat keeksklusifan iOS, iPhone menjadi pilihan yang disukai oleh banyak orang karena semua fungsi dalam smartphone ini jadi tampak sederhana dan mudah untuk digunakan.

iPhone juga sangat berhati-hati dan cermat dalam mengontrol segala sesuatu yang boleh ada di iPhone Anda. Tidak demikian halnya dengan Android yang justru menawarkan kebebasan untuk melakukan apa saja yang Anda kehendaki di smartphone Android milik Anda sendiri.

2. Kemampuan Berbagi Data

Berbagi data dengan iPhone adalah tugas. Misalnya, untuk dapat menerima atau mengirim data lagu, Anda perlu mentransfer data melalui iTunes. iTunes juga harus diinstal di PC atau laptop Anda terlebih dahulu.

iPhone juga tidak memberikan kemudahan penggunaan teknologi Bluetooth. Bluetooth memungkinkan Anda mengirim data hanya ke pengguna iPhone. Ini dirancang untuk meminimalkan kemungkinan iPhone Anda diserang oleh virus berbahaya.

3. Penggunaan Aplikasi

Jumlah aplikasi yang tersedia di Google Play Store sudah sangat banyak. Ini tidak seperti aplikasi yang mungkin ada di Apple App Store, di mana tidak semua pengembang dapat mengirimkan aplikasi mereka ke Apple App Store.

Pada ponsel pintar Android, Anda bahkan dapat memasang aplikasi yang tersedia sebagai .apk dari situs web mana pun, atau membagikan aplikasi Anda sendiri dengan pengguna Android lain dan mencoba menjalankannya.

4. Kemampuan Modifikasi Tampilan

Sebagai eksklusif, iPhone tidak memungkinkan Anda untuk mengutak-atik layar beranda, baik itu tema, logo, atau transisi tampilan slide layar beranda. Yang bisa Anda lakukan hanyalah mengubah tampilan wallpaper.

Tidak seperti iPhone, smartphone Android memungkinkan semua pengguna untuk mengubah semua yang ada di layar sesuai keinginan mereka. Jika Anda adalah tipe orang yang cepat bosan, maka Anda memerlukan smartphone Android yang memungkinkan Anda mengubah tema.

Baca juga: Apa Itu Firewall? Pengertian, Fungsi, Dan Cara Kerjanya!

5. Kapasitas Penyimpanan

Apple Inc sudah menentukan kapasitas penyimpanan internal untuk produk iPhone nya. Pada awalnya, iPhone dilengkapi dengan penyimpanan internal hanya sebesar 8GB atau 16GB. Saat ini, iPhone sudah menyediakan penyimpanan internal dengan kapasitas 256GB.

Jika Anda membutuhkan banyak ruang di smartphone Anda untuk membuat video dan foto atau bermain game, iPhone merupakan yang terbaik. Sayangnya, Anda tidak bisa menambahkan kartu memori eksternal untuk iPhone yang Anda miliki.

6. Ketersediaan Suku Cadang

Suku cadang untuk iPhone seringkali sangat mahal dan sulit didapat. Misalnya, pengisi daya iPhone memiliki desain eksklusif yang dirancang untuk produk Apple.

Suku cadang untuk semua jenis smartphone dengan sistem operasi Android dapat dibeli di mana saja dengan harga yang jauh lebih rendah daripada suku cadang iPhone. Jika Anda lupa kabel charger Android Anda, Anda bisa meminjam kabel pengguna Android lain.

7. Kelengkapan Aplikasi

Salah satu hal yang bisa dibanggakan oleh para pengguna iPhone adalah adanya berbagai aplikasi yang bisa ditemui di App Store tetapi tidak tersedia di Play Store. Tapi tentu saja para pengguna Android hanya perlu menemukan aplikasi yang fungsinya mirip dengan aplikasi App Store tersebut.

8. Keragaman Aksesoris

Apple merupakan perusahaan smartphone yang jarang meluncurkan smartphone baru. Jadi, Anda bisa dengan leluasa memilih berbagai aksesoris untuk iPhone kesukaan Anda. Casing iPhone misalnya, tersedia di mana-mana dan bisa Anda beli dengan mudah.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Instagram Ads

9. Segi Harga

Seperti yang Anda ketahui, semua orang menyayangkan mahalnya harga yang dipatok oleh Apple Inc untuk produk iPhone nya. Misalnya, iPhone X dengan kapasitas penyimpanan 64GB saja dijual dengan harga hingga 26,2 juta rupiah dan versi 256 GB nya dijual seharga 28,2 juta rupiah.

10. Perusahaan yang Membuat

Dilihat dari perusahaan yang membuat sistem operasi ini saja sudah berbeda. Sistem operasi Android dibuat oleh perusahaan yang bernama Google. Sedangkan iOS dibuat oleh perusahaan yang bernama Apple Inc.

Nah, itu dia 10 perbedaan iOS dan Android. Setelah mengetahui perbedaannya, kamu termasuk tim yang mana nih? Apapun pilihannya, sesuaikan dengan kebutuhan serta budget kamu, ya!

Baca juga: Cara Menggunakan Whatsapp Business

Kursus belajar pemograman untuk anak vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *