Tanggal:18 May 2024

IT Support: Tugas, Tanggung Jawab, Skill dan Gajinya

Information Technology (IT) telah menjadi bagian penting dari kegiatan bisnis modern. Seiring dengan itu, permintaan untuk layanan dukungan IT juga semakin meningkat.

Di sinilah peran seorang IT Support menjadi sangat penting. Dalam artikel ini, minvo akan membahas tentang IT Support, tugas, tanggung jawab, skill dan gaji yang diperoleh.

IT Support adalah

Image Source © Facebook Kakanda Zyan

1. Pengertian IT Support

IT Support atau teknisi IT adalah seseorang yang membantu pengguna teknologi informasi dalam mengatasi masalah teknis. IT Support dapat bekerja di berbagai lingkungan, baik itu di kantor atau di tempat tinggal pengguna.

IT Support juga bertanggung jawab dalam memastikan bahwa sistem informasi berfungsi dengan baik dan aman.

2. Tugas IT Support

Tugas seorang IT Support sangatlah beragam, tetapi di antaranya adalah:

  1. Memberikan dukungan teknis dan bantuan kepada pengguna dalam mengatasi masalah teknis.
  2. Memperbaiki dan mengatasi masalah pada perangkat lunak dan perangkat keras.
  3. Memastikan bahwa perangkat lunak dan perangkat keras terbaru telah terpasang pada sistem.
  4. Melakukan instalasi dan konfigurasi perangkat lunak dan perangkat keras.
  5. Melakukan pemeliharaan dan perawatan rutin pada perangkat keras dan perangkat lunak.
  6. Mengelola dan memperbarui sistem keamanan informasi untuk mencegah serangan siber.

3. Tanggung Jawab IT Support

Sebagai seorang IT Support, tanggung jawab utama adalah untuk memberikan dukungan teknis dan memperbaiki masalah teknis yang terjadi pada sistem informasi. IT Support juga bertanggung jawab dalam memastikan bahwa sistem informasi aman dan berjalan dengan lancar.

Selain itu, IT Support juga harus menjaga hubungan baik dengan pengguna dan manajemen, serta menyediakan dokumentasi yang jelas dan akurat mengenai sistem informasi.

4. Skill IT Support

IT Support membutuhkan berbagai keterampilan teknis dan non-teknis, seperti:

  1. Memiliki pengetahuan teknis yang kuat mengenai perangkat keras dan perangkat lunak.
  2. Mampu memecahkan masalah teknis dengan cepat dan efektif.
  3. Mampu berkomunikasi dengan baik dan jelas dengan pengguna dan manajemen.
  4. Mampu bekerja dalam tim dan juga secara mandiri.
  5. Mampu mengelola waktu dengan baik dan mengatur prioritas dalam tugas yang diberikan.
  6. Memiliki pengetahuan yang cukup mengenai keamanan informasi dan teknologi siber.

5. Gaji IT Support

Gaji IT Support dapat berbeda-beda tergantung pada lokasi dan pengalaman kerja. Menurut data dari Payscale.com, gaji rata-rata seorang IT Support di Amerika Serikat adalah sekitar $49.433 – $60.000 per tahun.

Namun di Indonesia, gaji IT Support dapat berkisar antara Rp 3 juta – Rp 10 juta per bulan tergantung dari pengalaman dan keahlian.

Kesimpulannya adalah IT Support memainkan peran yang sangat penting dalam menjaga sistem informasi tetap berjalan dengan lancar dan aman. Alhasil, tidak adanya kendala dalam semua aspek dan divisi walaupun terkadang seorang IT Support tidak dianggap karena posisinya yang jarang terlihat. Pada dasarnya, IT Support adalah posisi yang krusial.

Nah Sobat Vocasia, tentunya untuk menjadi seorang IT Support, sobat diharuskan memiliki keahlian dasar pada bidang Jaringan Komputer. Nah minvo ada ada rekomendasi kursus yang bisa sobat ikuti nih.

Yaitu Training Mikrotik Level Dasar – Mahir (Jago Mikrotik) pada training tersebut sobat akan belajar dan memahami Jaringan Komputer khususnya Mikrotik untuk implementasi di lapangan. Tunggu apalagi sobat, klik tombol Join Kursus di bawah ini sekarang juga!

sukses wawancara - personal development

Hallo! Perkenalkan, saya Yanuario Bagas Prayoga atau biasa dipanggil Kakanda Zyan. Saya adalah mahasiswa aktif Fakultas Teknologi Informasi, Program Studi Sistem Informasi di Universitas Teknologi Digital Indonesia (d.h STMIK Akakom Yogyakarta).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *