Tanggal:18 July 2024

5 Indikator Kepuasan Konsumen!

Semua pebisnis pasti setuju bahwa tingkat kepuasan konsumen adalah salah satu hal yang fundamental dalam merealisasikan keberhasilan sebuah bisnis. Kalau konsumen tidak puas dengan produk yang ditawarkan, tentu akan membuat bisnis sulit untuk berkembang atau bahkan sukses. Maka dari itu, penting bagi pebisnis untuk mengetahui dan mempelajari indikator kepuasan konsumen. Level kepuasan konsumen juga bisa menjadi penentu strategi bisnis selanjutnya yang akan digarap oleh pebisnis tersebut. Lantas, apa itu indikator kepuasan konsumen? Dan apa saja? Simak terus artikel ini sampai selesai, ya!

indikator kepuasan konsumen

Source: Pexels

Apa itu indikator kepuasan konsumen?

Indikator kepuasan konsumen adalah tingkatan kepuasan konsumen setelah membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Biasanya, rasa puas konsumen ditandai dengan kesesuaiaan antara ekspektasi sebelum membeli dan realita setelah membeli produk. Rasa puas yang dialami konsumen cenderung mempengaruhi sifat loyalitasnya untuk kembali membeli produk. Untuk itu, kepuasan konsumen bisa dikatakan menjadi salah satu aspek penting dalam perkembangan suatu bisnis.

Baca juga: Tips Mudah Membuka Bisnis Coffee Shop, Pasti Laris!

Jenis indikator kepuasan konsumen

Kepuasan konsumen dibagi menjadi 2 jenis, antara lain:

1. Fungsional

Kepuasan fungsional adalah kepuasan yang diperoleh konsumen dari pemakaian fungsi produk yang dibelinya. Contohnya adalah membeli obat untuk menyembuhkan penyakit, membeli televisi untuk ditonton, membeli gunting untuk menggunting benda, dan lain sebagainya.

2. Psikologikal

Kepuasan psikologikal adalah kepuasan konsumen yang tidak berwujud atau tidak berbentuk fisik. Contohnya adalah perasaan bahagia karena membeli stuff lucu, membeli produk limited edition, dan lain sebagainya.

5 indikator kepuasan konsumen

Apabila kamu sedang mengelola binis, penting bagi kamu untuk memahami apa saja penentu rasa puas konsumen terhadap produk yang kamu tawarkan. Nah, berikut 5 indikator kepuasan konsumen yang perlu kamu pahami:

1. Kualitas produk

Salah satu faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan konsumen adalah kualitas produk yang dibeli. Sebagai konsumen, pasti mereka mengharapkan kualitas yang bagus dari produk yang mereka beli. Maka dari itu, kamu sebagai pebisnis harus memperhatikan kualitas produk yang dihasilkan.

Biasanya perusahaan yang memproduksi barang secara masif akan mengalami penyusutan secara kualitas. Hal itu dikarenakan output yang dihasilkan sangat banyak. Kamu harus memastikan setiap barang lolos quality control untuk memenuhi persyaratan dari konsumen.

Semakin tinggi kualitas produk, maka akan semakin tinggi pula tingkat kepuasan konsumen. Jadi, kamu sebagai pebisnis tidak boleh untuk melewatkan proses ini, ya!

2. Kualitas pelayanan

Tidak hanya produk, kamu juga perlu memperhatikan kualitas pelaayanan terhadap konsumen. Konsumen pastinya akan senang apabila dilayani dengan baik, ramah, dan memuaskan. Sebaliknya, apabila kamu melayani konsumen dengan buruk, besar kemungkinan mereka tidak akan kembali lagi untuk menmbeli produk atau jasamu.

Oleh sebab itu, setiap perusahaan wajib meningkatkan pelayanan agar kepuasan pelanggan pun lebih mudah digapai.

3. Harga produk

Harga produk juga menjadi faktor penentu kepuasan konsumen kamu, lho. Umumnya, mereka lebih menyukai harga terjangkau, namun tetap memilah kualitas produk yang hendak dibelinya. Kalau tidak ada kesesuaian antara harga dan kualitas, biasanya akan menyebabkan kekecewaan konsumen.  Jadi, Kamu perlu mematok harga yang sesuai dengan kualitas produk yang kamu tawarkan, ya.

4. Kemudahan mengakses produk

Selain harga, kemudahan dalam mengakses produk menjadi faktor yang tidak kalah penting untuk memuaskan pelanggan. Pelanggan sangat ingin produk yang kamu tawarkan dapat ditemukan dengan mudah.

Maka dari itu, sebaiknya kamu mempermudah proses dalam membeli produk, seperti memudahkan pelanggan memesan produk secara online atau mendistribusikan produk kamu di pasar terdekat pelanggan.

Hindari biaya tambahan atau birokrasi pembayaran yang rumit. Hal ini dilakukan agar pelanggan bisa membeli produk dengan mudah tanpa biaya tambahan yang membuat mereka pusing.

5. Cara mengiklankan produk

Iklan menjadi salah satu strategi untuk membantu mempromosikan produk kamu. Selain itu, iklan produk juga bisa menjadi faktor penentu kepuasan pelanggan, lho.

Pelanggan cenderung menyukai iklan yang mudah dipahami, jujur, dan sederhana.  Kamu perlu menunjukkan iklan yang jujur dan apa adanya agar pelanggan tidak merasa kecewa dan tertipu apabila ada ketidaksesuaiaan antara produk dan iklan yang kamu pasang.

Baca juga: Strategi Pemasaran dalam Bisnis Franchise

Nah, itu dia lima indikator kepuasan konsumen yang perlu kamu ketahui sebagai pebisnis. Dengan memperhatikan kepuasan konsumen, produkmu akan semakin banyak dilirik dan usaha mu pun dapat berkembang. Kemudian kamu dapat menentukan strategi bisnis yang akan diterapkan selanjutnya.

Bagaimana, mudah bukan? Kalau kamu mempunyai kesulitan dalam mengembangkan bisnis karena alasan ini, jangan khawatir, Vocasia menghadirkan kursus buat kamu tentang kiat sukses berbisnis di sini! Tunggu apalagi? Buruan daftarkan dirimu!

Baca juga: Pengertian Turbo Marketing Beserta Pengaruh untuk Konsumen

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
virtual selling
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *