Tanggal:12 May 2024

Kenali 9 Faktor yang Tidak Mendukung Kesuksesan Bisnis Kamu!

Punya bisnis tetapi bisnis kamu tak berjalan dengan baik? Modal sudah cukup, promosi sudah dilakukan, semua dirasa sudah dilakukan. Ternyata ada lho beberapa faktor yang membuat bisnis kamu tidak ada kemajuan atau bisa dibilang gagal. Sobat Vocasia jangan panik dulu, ya! Vocasia sudah merangkum faktor-faktor yang tidak mendukung kesuksesan bisnis kamu. Cekidot!

1. Tak Memiliki Visi dan Misi yang Jelas

Jika kamu membuka usaha tetapi tidak memiliki tujuan yang jelas dari awal, jangan harap usahamu akan membuahkan hasil yang mengejutkan. Kamu harus memiliki tujuan yang jelas untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Buatlah daftar visi dan misi tokomu sejak awal, kemudian barulah mulai berbisnis. Hal itu bertujuan untuk mengetahui ke mana arah bisnis kamu berjalan.

2. Tidak Ramah Kepada Customer

Zaman sekarang tidak ada pembeli yang mau membeli produk pada toko yang adminnya tidak ramah. Sifat jutek, judes, dan tidak ramah merupakan salah satu faktor yang membuat tokomu tidak banyak dikunjungi pembeli.

3. Minimnya Modal Usaha

Jika modal usahamu masih sedikit, disarankan jangan langsung mulai bisnismu, ya! Bisnis itu tidak hanya sekadar mendapatkan keuntungan, melainkan juga ada kerugian yang didapat nanti. Jika kamu hanya mempunyai tabungan yang pas-pasan dan dialokasikan semuanya untuk modal usaha, nantinya kamu akan sangat sakit hati jika bisnismu sepi-sepi saja. Jadi lebih baik kamu menabung dulu hingga dirasa tabunganmu cukup dan lebih untuk menjalankan bisnis.

Baca juga: Product Development: Pengertian, Fungsi, Dan Tahapan

4. Terlalu Takut Mengambil Risiko

Orang yang takut mengambil risiko ialah orang yang tidak akan pernah sukses dalam hidupnya. Tekad yang kuat sangat dibutuhkan saat kamu memulai sesuatu. Saat kamu takut mengambil risiko, kesuksesan yang ada di depan sana akan semakin jauh darimu. Hayo? Pilih untuk memberanikan diri atau hanya diam saja di sini?

5. Kurangnya Pengetahuan

Memulai sebuah bisnis harus didasarkan pengetahuan yang luas dan hati yang lapang. Kurangnya pengetahuan soal berbisnis membuatmu buntu di tengah jalan. Perbanyak membaca artikel atau buku tentang bisnis. Pengetahuan dibutuhkan demi keberlangsungan bisnis yang baru saja kamu jalani lho.

Baca Juga: Apa itu Omzet?

6. Minim Inovasi

Kamu tidak hanya harus memproduksi barang, kamu juga harus berinovasi. Inovasi dibutuhkan untuk membuat tokomu tidak berhenti di titik yang datar-datar saja. Minim inovasi dapat membuat tokomu kekurangan pelanggan karena tokomu begitu-begitu saja.

Mulai sekarang kamu harus berpikir bagaimana caranya kamu dapat membuat tokomu berbeda dengan yang lainnya. Hal itu diperlukan untuk menarik perhatian calon pelangganmu.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Omzet Penjualan

7. Tak Memenuhi Permintaan Pasar

Jika saat ini orang-orang banyak yang membeli baju, kamu jangan menjual celana. Turuti permintaan pasar, dan kamu akan mendapatkan keuntungan yang lumayan cepat dari situ. Hal ini bukan berarti kamu hanya ikut-ikutan toko lain saja, kamu dapat mengembangkan tokomu melalui produk yang kamu jual. Produk yang banyak diminati orang-orang akan cepat terjual ketimbang produk yang jarang dicari.

8. Pengelolaan Keuangan yang Buruk

Keuangan harus dicatat dengan baik. Jika kamu boros dalam menggunakan profitmu, kamu akan selalu merasa bisnismu lah yang gagal. Padahal itu terjadi karena kamu boros.

Modal bisnis dan keuntungan harus dicatat dengan baik, kamu akan tahu seberapa besar pengeluaranmu untuk modal dan bisa mengontrolnya. Pengelolaan keuangan yang buruk akan membuat bisnismu merosot jatuh. Hati-hati, ya, Sobat Voca!

9. Pemasaran yang Gagal

Dalam menjalankan sebuah bisnis, kamu harus tau cara pemasaran yang bagaimana yang akan mengembangkan bisnismu. Jika kamu ingin memasarkan produk ataupun tokomu, kamu harus melakukan research terlebih dahulu.

Cari tahulah tentang jasa promosi yang kamu sewa dengan baik. Kamu akan mengetahui perbedaan antara asal memilih jasa promosi dan memilih jasa promosi dengan penuh pertimbanhgan. Jangan biarkan dana yang kamu sisihkan untuk promosi menguap begitu saja tanpa ada feedback untuk tokomu, ya!

Nah, itu dia beberapa faktor yang tidak mendukung kesuksesan bisnis kamu. Sudah siap menjadi pebisnis yang sukses? Semangat berbisnis, Sobat Vocasia!

Baca juga: Manajemen Bisnis: Pengertian, Jenis, Dan Fungsi

Public relation masterclass
jadwal kerja terstruktur
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *