Tanggal:25 April 2024
cara membuat power point

Cara Mudah Membuat Power Point yang Menarik dan Kreatif!

Bagi kamu yang berstatus sebagai mahasiswa atau pegawai kantoran pastinya sudah cukup akrab dengan presentasi. Presentasi adalah kegiatan berkomunikasi atau berbicara dihadapan audiens untuk menyampaikan suatu materi, gagasan, ide, dan lain sebagainya. Presentasi harus dilakukan dengan sebaik mungkin agar pesan yang ingin disampaikan mudah dipahami oleh audiens.

Dalam pelaksanaannya, kamu bisa memaparkan bahan atau materi presentasimu menggunakan Power Point (PPT). Untuk membuat PPT tentunya tidak asal-asalan, ya.  Kamu harus membuat PPT yang menarik dan kreatif agar audiens tidak bosan dengan presentasimu.

Gimana sih cara membuat Power Point yang menarik dan kreatif? Dalam artikel ini akan dibahas cara pembuatan dan contoh PPT. Yuk, simak!

Baca juga: Memahami Pitching, Pengertian dan Tips Ampuh Melakukannya

Cara Membuat Power Point yang Menarik dan Kreatif

cara membuat ppwer point

Source: Pexels

1. Memilih template

Langkah awal untuk membuat Power Point-mu menjadi menarik adalah memilih template. Microsoft telah menyediakan beberapa template yang bisa kamu gunakan di tab Design. Kamu bisa menyesuaikan template dengan tema presentasimu. Jangan khawatir jika kamu kurang tertarik dengan template bawaan dari Microsoft. Saat ini sudah banyak situs-situs online penyedia template Power Point yang ciamik, lho. Jumlah template-nya sangat banyak dan pilihannya cukup beragam. Situs-situs tersebut di antaranya seperti  Slidesgo, SlidesCarnival, dan lain sebagainya. Kamu tinggal mengunduhnya kemudian template tersebut siap untuk digunakan.

2. Buat teks yang sederhana

Selanjutnya, buatlah teks sesederhana mungkin. Kamu bisa membuat teks berupa poin-poin inti dari materimu kemudian jabarkan secara lebih detail secara lisan. Jika terlalu banyak teks, Power Point-mu akan terasa membosankan dan sulit untuk dibaca.

3. Teks harus mudah dibaca

Kamu harus memperhatikan teks dalam Power Point-mu. Pastikan teks tersebut mudah dibaca dan jelas. Pilihlah font yang sederhana dan ukuran yang sekiranya cukup terbaca oleh audiens. Gunakan background terang dan warna font yang gelap agar teks lebih mudah terbaca dan warnanya pun tidak bertabrakan.

4. Periksa ejaan dan tata bahasa

Jangan lupa untuk membaca ejaan dan tata bahasa dalam teksmu, ya. Apalagi jika kamu ingin menampilkannya dihadapan dosen atau klien. Tentunya kamu harus menampilkan yang terbaik, bukan? Hindari juga typo dalam penulisan.

Baca juga: Ingin membuat presentasi Powerpoint menjadi menarik? Kunjungi situs ini untuk mendapatkan tema gratis

5. Gunakan Chart atau Grafik agar penjelasan lebih praktis

Jika presentasimu berkaitan dengan data dan angka, sebaiknya gunakan Chart atau grafik. Hal ini dilakukan agar memudahkan audiens untuk melihat data yang kamu miliki secara praktis. Namun, sesuaikan dengan isi presentasimu, ya! Jika tidak ada kaitannya dengan data dan angka, kamu tidak perlu menggunakan Chart.

6. Tampilan berbeda tiap slide

Hal yang perlu kamu perhatikan selanjutnya adalah pastikan setiap slide Power Point-mu berbeda-beda. Hindari tampilan slide yang sama dalam setiap penjelasan karena hal itu akan sangat membosankan.

7. Ciptakan slide yang interaktif

Kamu dapat menambahkan gambar atau video dalam presentasi Power Point-mu. Kemudian kamu bisa meminta pada audiens untuk menanggapinya. Hal ini dilakukan agar terjadi komunikasi dua arah sehingga tidak hanya kamu saja yang berbicara. Berikan kesempatan bagi audiens untuk berpartisipasi aktif.

Contoh Power Point yang Menarik dan Kreatif

  • Power Point Menarik

  • Power Point Kreatif

Nah, itu dia penjelasan tentang cara membuat Power Point yang menarik dan kreatif. Ikuti langkah-langkah di atas agar Power Point-mu semakin kece. Kamu juga bisa mengikuti kursus Kursus Membuat PowerPoint Kreatif di Vocasia, lho. Dijamin kamu akan semakin mahir dan mampu membuat PowerPoint yang ciamik.

Semoga artikel ini bermanfaat. Nantikan juga artikel-artikel lainnya, ya. Jangan lupa untuk mengikuti Vocasia di Intagram, Twitter, YouTube, serta media sosial lainnya dan dapatkan beragam informasi terkini dan terbaru!

Baca juga: Merasa Gugup Saat Presentasi Bahasa Inggris? Ikuti 6 Langkah Tepat Ini!

basic excel training

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *