Tanggal:25 April 2024

Strategi Pemasaran Produk Makanan agar Dilirik oleh Konsumen

Bisnis kuliner merupakan bisnis yang tidak akan pernah mati sampai kapan pun. Tak hanya di kota-kota besar yang padat penduduk, tetapi juga di kota-kota lainnya. Hal ini karena makanan adalah salah satu kebutuhan pokok manusia. Namun dengan banyaknya jenis usaha yang serupa, membuat persaingan juga semakin ketat. Maka dari itu diperlukannya strategi pemasaran makanan yang paling baik dan efektif.

Jika saat ini kamu sedang berbisnis makanan, ada baiknya kamu mengetahui strategi pemasaran dari produk makanan itu sendiri. Tak hanya itu, kamu juga harus tahu siapa target pasarnya serta apa saja minat mereka. Kemudian kamu dapat mencocokan produkmu sesuai dengan kebutuhan target pasarmu.

Selain mengetahui target pasar secara spesifik, ada juga beberapa strategi lain yang bisa kamu jalankan guna melancarkan strategi pemasaran produk makanan pada bisnismu. Untuk mengetahui apa saja strateginya, yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Baca juga | 5 Cara Membuka Usaha Makanan Sehat yang Banyak Peminatnya

7 Strategi Pemasaran Makanan

1. Kemasan Produk yang Eye-Catching

Visualisasi kemasan memiliki andil yang cukup penting dalam mengemas produk makanan. Dengan menggunakan kemasan yang menarik mata, calon pembeli pun akan menjadi lebih tertarik untuk mencoba mencicipi produk makananmu. Saat ini ada banyak sekali referensi kemasan produk makanan yang bisa dijadikan contoh disesuaikan dengan target konsumenmu.

Baca Juga | 7 Cara Desain Menu Makanan Untuk Bisnis Kuliner, Gampang Banget!

2. Membuat Website Resmi

Website merupakan salah satu bentuk kehadiran kamu di dunia online. Hal ini berfungsi untuk menambah kredibilitas bisnis yang sedang dijalankan. Dan tidak hanya itu, dengan memiliki website, kamu juga dapat menjangkau audiens yang lebih luas, meningkatkan brand awareness, serta memanfaatkan pemasaran digital. Dengan begitu, calon pelanggan akan lebih mudah menemukan bisnis kulinermu dan melihat produk-produk apa saja yang kamu tawarkan secara lebih mudah.

Baca Juga | 6 Tips Dan Contoh Copywriting Untuk Bisnis Makanan, Auto Banjir Pelanggan Deh!

3. Memasarkan Lewat Media Sosial

Media sosial menjadi hal yang wajib di era digital ini untuk sebuah bisnis. Sebab strategi pemasaran produk makanan melalui media sosial sangat efektif untuk memangkas biaya sewa tempat. Pemasaran melalui media sosial juga membuat kamu lebih mudah menjalin interaksi dengan calon customer. Sehingga kamu dapat membuat berbagai program atau penawaran yang menarik minat calon customer.

Baca juga | Apa itu Content Marketing?

4. Layanan Pesan Antar

Di jaman sekarang, orang-orang sangat menginginkan sesuatu yang praktis dan tidak merepotkan, dan ini termasuk dalam hal pesan makanan. Jika menyediakan layanan pesan antar sendiri terbilang rumit dan membutuhkan modal lebih untuk membayar jasa pengantar, maka kamu bisa bekerja sama dengan pihak ke-3, seperti grabfood dan gofood. Dengan begitu, para konsumen bisa dengan mudah membeli makanan dan kamu juga tidak dibebankan dengan biaya gaji karyawan pengantar makanan.

5. Lakukan Endorsement

Endorsement merupakan kegiatan di mana kamu mengirimkan produk kepada seorang artis atau selebgram, kemudian produkmu akan dipromosikan di media sosial miliki mereka. Sebelum menentukan selebgram mana yang akan kamu gunakan jasanya untuk mempromosikan produk makananmu, ada baiknya kamu melihat jumlah pengikut selebgram tersebut karena ini akan berkaitan dengan jangkauan promosi yang akan kamu dapat.

6. Membuat Promosi yang Anti-Mainstream

Promosi yang unik dan menarik akan mendorong calon pembeli untuk datang ke tempatmu. Kamu perlu membuat promosi yang bisa membuat orang penasaran sehingga orang tertarik untuk mengunjungi etalase. Promosi juga berfungsi untuk mencegah produk menumpuk, karena jika kamu memiliki produk tetapi tidak banyak orang yang tahu, maka kecil kemungkinan orang akan membeli produk tersebut.

Baca juga |  Bisnis Franchise Di Bawah 5 Juta, Mau Coba?

7. Inovasi Produk

Terkadang orang merasa bosan dengan makanan yang itu-itu saja, oleh karena itu, kamu harus melakukan inovasi pada produkmu. Apabila kamu kesulitan untuk menciptakan produk baru, kamu bisa mulai dengan menambahkan varian baru dari produk yang sudah ada. Setidaknya akan selalu ada yang baru dari toko kamu.

Nah, itulah 7 strategi pemasaran produk makanan yang bisa kamu jalankan untuk menarik konsumen. Apabila kamu ingin mengetahui strategy marketing yang efektif dan ampuh menaikkan omzet secara mendalam, kamu bisa mempelajarinya dalam course “Strategi Marketing Bisnis Untuk Menaikkan Penjualan” di Vocasia. Kamu akan dibimbing dengan mentor professional dan tentunya sudah berpengalaman dalam bidangnya. Selamat mencoba!

Baca Juga | 10 Cara Memulai Usaha Catering, Dijamin Banyak Pelanggan Yuk Coba!

Kursus digital marketing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *