Tanggal:28 April 2024

Jenis Jenis Artikel Beserta Pengertian dan Contohnya Lengkap

Sobat Vocasia.id – Artikel adalah rangkaian atau artikel berdasarkan fakta dan opini, untuk dipublikasikan di media (cetak atau online). Tujuan penulisan esai biasanya untuk menyampaikan informasi atau ide dengan data dan fakta. 

Kursus belajar TOEFL online Vocasia

Namun, menulis artikel memiliki tujuan lain dan menulis artikel tidak semudah yang Anda bayangkan. 

Pelajari tentang jenis artikel, pengertian, dan contohnya. Artikel dan jenis artikel memiliki beberapa contoh yang membedakannya dengan artikel lainnya. 

Pengertian Artikel

Artikel adalah karya tulis yang membahas topik dan tujuannya untuk menginformasikan suatu hal yang penting, memberikan sudut pandang, atau yang dapat menghibur pembaca. Artikel sering muncul di media cetak atau online seperti koran, majalah, jurnal, blog, dan website.

Artikel biasanya berupa fakta, opini, atau analisis yang ditulis, tergantung maksud dan tujuan penulis. Alhasil, artikel bisa berguna untuk berbagai ragam sesuai apa yang diperlukan, seperti menyebarkan informasi, mempengaruhi opini pembaca, atau mempromosikan produk atau layanan.

Jenis-Jenis Artikel

Berikut ini adalah jenis-jenis artikel yang dapat kalian ketahui:

1) Artikel Deskripsi

Seperti namanya, esai deskripsi adalah jenis esai yang menggambarkan sesuatu kepada pembaca dalam bentuk prosa. Dengan cara ini; pembaca dapat merasakan, melihat, dan mendengar apa yang sedang dijelaskan.

Sebagai artikel yang mempunyai daya tarik terkait deskripsi adalah penggunaan bahasa yang deskriptif, seperti kata sifat, dan kata keterangan, yang memperluas dan menjelaskan objek yang dibahas. Seringkali artikel deskripsi ini menggunakan metode penjelasan visual, seperti penggunaan majas metafora, personifikasi, atau perumpamaan, untuk memperkuat deskripsi. 

Contoh artikel deskripsi ini biasanya menggambarkan sebuah kawasan wisata, seperti pantai, danau, sungai dan gunung, artikel yang memberikan pemahaman tentang karakteristik dan kebiasaan suatu tempat, atau artikel yang memperkenalkan sebuah peristiwa atau kejadian, seperti adanya festival atau acara budaya tertentu.

2) Artikel Narasi

Narasi adalah esai yang isinya secara sistematis menceritakan rangkaian peristiwa dari awal hingga akhir. Narasi memiliki karakter, konflik, dan resolusi. Contoh esai naratif adalah autobiografi, biografi, dan cerita pengalaman. 

Penulisan naratif ditandai dengan penggunaan bahasa yang jelas, koheren, dan alur cerita yang mengalir. Artikel cerita ini berisi detail yang sangat spesifik yang membuat cerita lebih hidup dan realistis. 

Contoh artikel naratif antara lain artikel yang menceritakan kisah hidup seseorang, pengalaman dalam suatu kegiatan atau peristiwa, atau artikel yang menceritakan kejadian atau peristiwa yang terkenal. Artikel naratif biasanya ditulis dengan gaya santai dan personal sehingga pembaca dapat berempati dengan perasaan dan pengalaman penulis.

3) Artikel Eksposisi

Esai eksposisi adalah jenis artikel yang isinya menjelaskan atau memberikan informasi tentang suatu topik, dengan tujuan untuk memperluas wawasan pembaca. Artikel bantuan seringkali disertai dengan gambar, grafik, dan informasi pendukung lainnya. 

Seperti yang sudah diketahui bahwa artikel eksposisi itu menggunakan bahasa yang formal dan objektif, sebagai penekanan pada keakuratan dan kebenaran fakta. Artikel eksposisi biasanya menggunakan metode yang jelas, contohnya saat pemilihan kata dan pengorganisasian informasi secara terstruktur untuk memudahkan pembaca memahami argumen atau topik yang dibahas. 

Contoh artikel eksposisi dapat berupa artikel tentang suatu produk atau merek, artikel yang membahas isu sosial atau politik, atau artikel yang menjelaskan suatu proses atau konsep. Artikel eksposisi ini bisa membantu dan bermanfaat untuk para pembaca yang ingin menambah wawasan dan pemahaman baru mengenai suatu topik atau permasalahan yang sedang terjadi. 

4) Artikel Argumentasi

Jenis artikel argumentatif adalah karangan yang bertujuan untuk membuktikan kebenaran pendapat dengan menghadirkan fakta atau angka sebagai alasan. Biasanya terdapat unsur opini dan data dalam esai, beserta fakta pendukung dari sebuah pendapat.

Seperti yang sudah dijelaskan, artikel argumentasi adalah penggunaan bahasa yang bersifat membujuk dan jelas, serta penjelasan pada penggunaan bukti dan argumen yang akurat. 

Contoh artikel argumentasi dapat berupa artikel yang membahas isu politik atau sosial, artikel yang membahas perdebatan mengenai hukum atau kebijakan, atau artikel yang membahas kontroversi di bidang tertentu. Artikel argumentasi bisa membantu pembaca sebagai ilmu pengetahuan yang lebih baik tentang suatu masalah dan tegas dalam mengambil keputusan atau tindakan yang tepat.

5) Artikel Persuasi

Artikel persuasi adalah artikel yang bertujuan untuk mempengaruhi pembaca agar mempercayai atau melakukan sesuatu. Artikel persuasi biasanya ditulis untuk tujuan tertentu seperti mempromosikan produk atau merek, mempengaruhi opini publik, atau membujuk seseorang untuk melakukan tindakan dari perbuatan itu sendiri.

Artikel persuasi sering menggunakan metode retorika, logika, dan emosi untuk membujuk pembaca. Tujuan akhir dari artikel persuasi adalah untuk mengubah pandangan atau perilaku pembaca. 

Contoh artikel persuasi meliputi editorial surat kabar yang mempengaruhi pembaca untuk memilih calon politik tertentu, iklan yang mempromosikan produk atau layanan tertentu, atau artikel blog yang membujuk pembaca untuk melakukan tindakan tertentu seperti mengikuti suatu program atau membaca buku tertentu.

Nah Sobat, itulah penjelasan tentang jenis-jenis artikel beserta pengertian dan contohnya. Kalian juga bisa mengikuti Kursus di Vocasia untuk mempelajari Kelas Menulis Memulai Karya. Sobat bisa bergabung dengan menekan tombol di bawah ini!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *