Tanggal:25 April 2024

Jenis-Jenis Berita Hard News

Berita keras (hard news) adalah segala informasi penting dan menarik yang harus segera disajikan oleh media penyiaran karena sifatnya harus segera ditayangkan supaya dapat diketahui oleh khalayak audiens

secepatnya. Dalam hal ini, berita keras dapat dibagi ke dalam beberapa bentuk berita, vaitu:

  • Straight News

Straight News berarti berita “langsung.” Maksudnya suatu berita yang singkat (tidak detail) dengan hanya menyajikan informasi terpenting saja yang mencakup 5W+1H (who, what, where, when, why, dan how) terhadap suatu peristiwa yang diberitakan. Berita jenis in sangat terkait waktu (deadline) karena informasinya sangat cepat basi jika terlambat disampaikan kepada audiens.

  • Opinion News

Opinion News merupakan berita pendapat atau opini yang berisikan laporan pandangan seseorang mengenai suatu hal ide kreatif, pemikiran ataupun komentar terhadap sesuatu yang penting. Berita opini ini biasanya berasal atau bersumber dari para ahli, cendekiawan, profesor, atau pejabat mengenai suatu masalah atau peristiva. Contoh dari opinion news adalah pendapat dari pengamat ekonomi mengenai turunnya harga rupiah di dunia.

  • Interpretative News

Berita interpretasi merupakan jenis berita yang merupakan perkembangan dari Straight News. Perkembangan di sini maksudnya adalah dengan adanya penambahan informasi latar belakang, wawancara dengan berbagai sumber dan pengama, serta menambah data-data terkait, sehingga dapat menghasilkan berita baru yang lebih detail dan lebih lengkap. Interpretative news ini sangat membutuhkan wawasan yang luas dan juga ketajaman analisis dari pembawa berita.

  • Depth News

Depth News yaitu berita mendalam, maksudnya adalah berita yang dikembangkan dengan pendalaman hal-hal yang ada di bawah suatu permukaan. Unsur berita yang ditekankan adalah “Mengapa” atau “Why” (mengapa suatu peristiwa bisa terjadi) dan “Bagaimana” atau “‘How” (bagaimana peristiwa itu terjadi, detail peristiwa), serta “So what” (lalu bagaimana dampaknya atau bagaimana selanjutnya?). Tujuan Depth News untuk lebih mengangkat sebuah masalah secara mendalam. Contoh: Ibu Kota Jakarta selalu dilanda banjir setiap kali musim penghujan datang.

  • Investigation News

Investigation News adalah liputan penyelidikan, maksudnya adalah berita yang dikembangkan berdasarkan penelitian atau penyelidikan dari berbagai sumber. Contoh: Praktik korupsi di kalangan pejabat DPR. Investigation News ini hampir sama seperti Depth News. Hanya bedanya, Depth News hanya melaporkan peristiwa secara mendalam, sedangkan Investigative News dilakukan karend reporter”menduga” da pelanggaran yang merugikan kepentingan umum namun ditutup-tutupi kalangan tertentu. Unsur utama liputan penyelidikan adalah adanya dugaan penyelewvengel. yang merugikan pubiik. Reporter daliam hal ini menempatkan diri sebagai watchdog dan melakukan “penyelidikan” untuk mencari kebenaran (fakta) yang tersembunyi. Reporter yang melakukan Investigation News terkadang harus menyamar layaknya intel. Kode etik memperbolehkan reporter menyembunyikan identitas dalam melakukan kerja jurnalisme investigatif.

  • Feature News

Jika feature terkait dengan peristiwa penting atau terkait dengan waktu harus segera disiarkan dalam suatu program berita disebut dengan news feature. Feature adalah satu jenis berita yang membahas satu pokok bahasan, satu tema, diungkapkan lewat berbagai pandangan yang saling melengkapi, mengurai, menyoroti secara kritis, dan disajikan dengan berbagai format. Format yang dimaksud adalah narasi, wawancara, vox pop, musik, puisi, sandiwara pendek atau fragmen. Penyajiannya lebih ringan, dalam arti tidak langsung pada pokok permasalahan. Ada juga feature yang bahasa bercerita dan sifat laporannya investigasi, maka feature disebut pula jenis liputan mendalam. Lalu ada lagi feature yang gabungan antara unsur dokumenter, opini, dan ekspresi.

Baca juga :

3 Jenis-Jenis Berita Soft News

9 Jenis Berita Dalam Jurnalistik, Lengkap Beserta Penjelasannya

12 Jenis Teras Berita Dalam Jurnalistik, Beserta Penjelasannya

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *