Tanggal:25 April 2024

3 Jenis-Jenis Berita Soft News

Berita lunak (soft news) adalah segala informasi yang penting dan menarik yang disampaikan secara mendalam, namun tidak bersifat segera ditayangkan. Program yang mask ke dalam kategori berita lunak adalah:

  • Current Affair

Program yang menyajikan informasi terkait dengan suatu berita penting yang muncul sebelumnya, namun dibuat secara lengkap dan mendalam serta cukup terikat dengan waktu.

Batasannya adalah bahwa selama is yang dibahas mash mendapat perhatian khalayak maka current affair dapat disajikan. Misalnya, program yang menyajikan cerita mengenai kehidupan masyarakat setelah ditimpa bencana alam dahsyat, seperti gempa bumi atau tsunami.

  • News Magazine

Diberi nama magazine karena topik atau tema yang disajikan mirip dengan topik-topik atau tea yang terdapat dalam suatu majalah. Magazine adalah program yang menampilkan informasi ringan namun mendalam, dengan kata lain magazine adalah feature dengan durasi lebih panjang, ditayangkan pada program tersendiri yang terpisah dari program berita.

Dokumenter Dokumenter adalah program informasi yang bertujuan untuk pembelajaran dan pendidikan, namun disajikan dengan menarik.

Misalnya, menceritakan mengenai suatu tempat, kehidupan atau sejarah seorang tokoh, kehidupan atau sejarah suatu masyarakat (misalnya suku terasing) atau kehidupan hewan di padang rumput, dan sebagainya. Suatu program documenter adakalanya dibuat seperti membuat sebuah film, sehingga sering disebut dengan film dokumenter.

  • Talk Show

Program talk show atau perbincangan adalah program yang menampikan satu atau beberapa orang untuk membahas suatu topik tertentu dipandu oleh seorang pembara acara host. (Mereka yang diundang adalah orang-orang yang berpengalaman) langsung dengan peristiwa atau topik yang diperbincangkan.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *