Tanggal:22 April 2024

Kasir : Apa Itu, Tugas, Skill, Gaji dan Tipsnya

Apakah kamu merupakan seseorang yang beranggapan tugas kasir adalah melayani pembayaran? Ternyata tugas kasir tidak hanya melayani pembayaran lho. Ada beberapa tugas yang dilakukan seorang kasir selain melayani pembayaran. Apa itu kasir? Kasir merupakan pekerjaan yang terkait dengan kegiatan transaksi dalam suatu perusahaan. Menurut Resources.Workable, kasir merupakan pekerjaan yang memerlukan keahlian dan tanggung jawab yang cukup banyak. Seorang kasir yang baik akan membantu meningkatkan pengalaman belanja pelanggan dan memberikan kontribusi positif terhadap kesuksesan bisnis.

Artikel ini sangat cocok untuk kamu yang ingin berkarier sebagai kasir karena artikel ini akan membahas lebih dalam tentang kasir. Yuk disimak artikelnya!

Apa Itu Kasir?

Kasir adalah seseorang yang bertugas untuk melayani transaksi yang dilakukan oleh pelanggan, kemudian melakukan pencatatan apa yang telah dibeli. Seorang kasir bertanggung jawab untuk mengelola semua transaksi. Tanggung jawab utama seorang kasir adalah mengelola semua proses transaksi di suatu bisnis. Mereka adalah ujung tombak dalam menjalankan proses pembayaran.

Menurut careerexplorer seorang kasir selain harus memiliki keterampilan pelanggan yang baik dan berpengetahuan yang luas terkait produk yang dijual mereka juga harus menjadi karyawan yang jujur, dapat diandalkan, dan dapat dipercaya karena setiap hari mereka berurusan dengan banyak uang.

Baca Juga: Apa Itu Front Office Dan Back Office?

Tugas dan Tanggung Jawab Kasir

1. Menerima Pembayaran Dari Pelanggan

Tugas yang paling mendasar dari kasir adalah menerima pembayaran dari pelanggan. Pembayaran ini mencakup menghitung harga barang atau layanan yang dibeli oleh pelanggan serta memastikan jumlah pembayaran yang diterima sesuai dengan harga barang atau layanan tersebut.

2. Memproses Transaksi Dengan Akurat

Kasir harus memproses transaksi dengan akurat setelah pembayaran diterima. Hal ini melibatkan penggunaan perangkat kasir atau sistem komputer untuk mencatat dan mengkonfirmasi barang.

3. Memberikan Informasi Yang Dibutuhkan Pelanggan

Selain menerima pembayaran dari pelanggan, seorang kasir harus mengetahui informasi-informasi seperti posisi tempat, informasi tentang promo atau diskon, dan berbagai informasi lainnya. Tujuannya agar ketika ada pelanggan yang bertanya, kamu akan menjelaskannya dengan baik.

4. Memberikan Kembalian Yang Tepat Kepada Pelanggan

Ketika ada pelanggan yang membayar menggunakan uang tunai yang jumlahnya melebihi pembayaran, seorang kasir harus memberikan kembalian dengan tepat. Ini memerlukan kemampuan menghitung yang cepat.

5. Memeriksa Daftar Harga Produk

Memeriksa daftar harga masing-masing produk menjadi tanggung jawab seorang kasir. Tujuan dari tugas ini adalah mencegah agar tidak terjadinya kekeliruan dalam mencantumkan daftar harga yang berbeda di antara komputer kasir dengan price card yang dapat berakibat terjadinya kerugian pada bisnis tersebut.

Baca Juga: Apa Itu Self Service?

6. Menjaga Keamanan Kas

Kasir bertanggung jawab atas keamanan uang tunai yang berada di laci kasir. Seorang kasir harus selalu waspada terhadap potensi tindakan pencurian.

7. Menyusun Laporan Harian

Sebagai kasir, pastinya akan diminta untuk menyusun laporan harian yang mencatat semua transaksi yang telah dilakukan selama hari tersebut. Hal ini dilakukan untuk membantu pencatatan keuangan bisnis.

Jenis – Jenis Kasir

1. Kasir Retail

Apa itu kasir retail? Kasir retail merupakan kasir yang berada di toko-toko retail seperti supermarket, butik pakaian, toko elektronik, apotek, dan lain-lain. Tugas kasir yang berada di toko retail mencakup menghitung harga barang belanjaan pelanggan, menerima pembayaran, memberikan kembalian, memberikan informasi tentang promo atau diskon jika ada pelanggan yang bertanya dan memberikan informasi tentang produk.

2. Kasir Bioskop

Kasir bioskop beroperasi di dunia hiburan. Mereka bertugas menerima pembayaran tiket dari pelanggan yang datang untuk menonton film. Ada beberapa bioskop yang pembelian tiket + pembelian makanan dilayani di satu kasir yang sama.

3. Kasir Restoran

Kasir restoran berfokus pada industri perhotelan dan makanan. Mereka bertanggung jawab untuk menghitung tagihan pelanggan, menerima pembayaran, dan memberikan kembalian. Selain itu, mereka mengelola reservasi dan mengarahkan pelanggan ke meja yang sesuai.

4. Kasir Bensin

Kasir di pombensin bertugas untuk mengisi bahan bakar kendaraan pelanggan dan mengelola pembayaran. Terkadang mereka dapat membantu pelanggan jika ada yang bertanya terkait produk yang dijual di toko minimarket yang terdapat di pom bensin tersebut.

Baca Juga: Tugas Dan Tanggung Jawab Pramuniaga

Keahlian yang Dibutuhkan oleh Seorang Kasir

1. Keterampilan Matematika

Seorang kasir harus mempunyai keterampilan matematika yang memadai, karena mereka harus mampu menghitung uang tunai dengan cepat dan akurat, proses menghitung pajak atau diskon, dan memberikan kembalian yang sesuai. Oleh karena itu, keterampilan ini sangat penting untuk mencegah kesalahan pada saat transaksi.

2. Kemampuan Teknologi

Seorang kasir harus memiliki pemahaman tentang perangkat kasir modern dan sistem pembayaran elektronik. Mereka harus terampil dalam menggunakan perangkat tersebut, seperti scanner barcode, mesin EDC, dan perangkat lunak kasir.

3. Keterampilan Komunikasi

Interaksi dengan pelanggan menjadi bagian yang sangat penting dari pekerjaan kasir, karena mereka harus mampu berkomunikasi dengan pelanggan secara sopan, ramah, dan efektif. Sehingga, mereka mampu mengetahui kebutuhan pelanggan dan menjawab pertanyaan mereka.

Kamu bisa lho mempelajari skill ini di Vocasia, karena ada berbagai macam kursus bisa kamu ikuti untuk mengembangkan skill komunikasi kamu Klik di sini.

4. Kejujuran dan Integritas

Seorang kasir sering memiliki akses ke uang tunai dan transaksi keuangan pelanggan. Oleh karena itu, kejujuran dan integritas sangat diperlukan untuk menjadi seorang kasir.

5. Product Knowledge

Sebagai seorang kasir keterampilan product knowledge sangat diperlukan. Mereka harus mengetahui harga produk, stock, bahkan lokasi produk. Terkadang pelanggan akan bertanya dimana lokasi produk A dan tentunya seorang kasir harus mengetahui lokasinya dulu baru bisa membantunya.  Selain itu, bisa saja seorang kasir ditanyakan tentang perbandingan produk seperti “Produk mana yang terbaik antara produk A dan produk B?” Sebagai seorang kasir yang baik harus bisa memberikan saran dan mempertimbangkan berbagai keunggulan dari produk A dan produk B.

6. Keterampilan Penyelesaian Masalah

Sebagai seorang kasir, terkadang harus menghadapi masalah yang tidak terduga. Kemampuan berpikir cepat dan menemukan solusi yang memuaskan adalah keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang kasir.

Berapa Gaji Kasir?

Saat mempertimbangkan untuk menjadi seorang kasir, pertanyaan yang sering muncul adalah “Berapa gaji yang akan saya dapatkan?” Dikutip dari glints.com, gaji seorang kasir berada dikisaran Rp2.300.000 – Rp3.000.000. Tapi, angka ini bisa saja berbeda di setiap daerah tergantung dengan kebijakan UMR yang ditetapkan.

Tips Menjadi Kasir

1. Pelajari Dengan Baik Perangkat Kasir

Pahami dengan baik perangkat kasir yang sering digunakan, seperti mesin EDC, Scanner barcode, dan lain-lain. Semakin baik kamu memahami perangkat kasir, semakin efisien transaksi yang kamu lakukan.

2. Jaga Sikap Ramah dan Sopan Terhadap Pelanggan

Sebagai seorang kasir kamu harus menjaga sikap terhadap pelanggan. Karena sikap itu sangat penting untuk meningkatkan pengalaman belanja yang positif.

3. Pahami Produk atau Layanan yang Dijual

Seorang kasir harus mengetahui produk atau layanan yang dijual di tempat tersebut, karena ini merupakan aset yang berharga yang dapat memungkinkan kamu memberikan informasi dan saran yang sangat dibutuhkan oleh pelanggan.

Baca Juga: Apa Itu Split Bill? Metode Pembayaran Yang Sering Jadi Masalah Saat Kencan Pertama, Ini Solusinya

4. Tingkatkan Keterampilan Matematika

Keterampilan matematika sangat dibutuhkan oleh seorang kasir, karena mereka diharuskan untuk menghitung cepat dan akurat agar transaksi yang terjadi tetap efektif dan juga untuk menghindari kesalahan-kesalahan dalam perhitungan yang dapat menganggu transaksi.

5. Tingkatkan Keterampilan Komunikasi

Kemampuan komunikasi yang baik dapat membantu kamu memberikan pelayanan kepada pelanggan dengan memuaskan. Kamu bisa lho meningkatkan keterampilan komunikasi kamu di Vocasia. Ada berbagai macam kursus yang bisa kamu ikuti untuk meningkatkan keterampilan komunikasi kamu agar dapat memberikan pelayanan yang memuaskan kepada pelanggan.

Jika kamu ingin mengambil langkah ekstra menuju keunggulan, Minvo sangat merekomendasikan kamu mengikuti kursus komunikasi di Vocasia. Dengan kursus ini, kamu akan memperoleh keterampilan komunikasi yang kuat, yang akan membantu kamu berinteraksi dengan pelanggan secara efektif dan mendapatkan keunggulan dalam pekerjaan.

Yuk, jangan lewatkan kesempatan untuk meraih kesuksesan sebagai seorang kasir yang luar biasa! Bergabunglah dengan kursus komunikasi di Vocasia dan tingkatkan keterampilan komunikasi sekarang juga!
Klik Di sini 

Sukses karir profesional - personal development

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *