Tanggal:25 May 2024
pramuniaga adalah

Tugas dan Tanggung Jawab Pramuniaga

Tahukah kamu apa itu profesi pramuniaga? Saat berbelanja di sebuah mal atau pusat perbelanjaan, banyak pramuniaga yang siap siaga untuk membantu mendampingi konsumen dalam memilih produk. Ya, bisa dikatakan pramuniaga adalah pelayan toko.

Selain membantu konsumen seperti memberikan suatu informasi produk, biasanya pramuniaga akan menyusun atau merapikan produk-produk yang ada di rak. Sehingga, barang dagang tersusun secara rapi, sedap dipandang, dan menarik minat pelanggan.

Oleh karena itu, seorang pramuniaga berperan penting dalam kelangsungan penjualan sebuah toko. Tapi tak hanya itu saja, ternyata pramuniaga juga memiliki tugas dan tanggung jawab lain, lho. Kira-kira apa saja, ya? Berikut ulasannya.

Baca juga | Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Beauty Advisor

Pengertian Pramuniaga

source: freepik

Pramuniaga adalah seseorang yang bekerja di sebuah toko yang bergerak di bidang retail dengan tugas utama melayani pelanggan di tempat tersebut. Pramuniaga juga kerap disebut sebagai pelayan toko dan umumnya bertugas membantu para pelanggan mencari barang yang dibutuhkan.

Menurut KBBI, pramuniaga adalah seorang karyawan di perusahaan yang bergerak di bidang retail yang bertugas melayani pelanggan atau petugas toko. Sederhananya, pramuniaga dapat dipahami sebagai sebuah profesi yang bergerak di bidang pelayanan, yaitu membantu para pelanggan menemukan barang cariannya.

Baca juga | Minat Jadi Sales Representative? Kenali Tugas, Tanggung Jawab, dan Skill yang Wajib Dikuasai!

Tugas dan Tanggung Jawab Pramuniaga

Tak hanya sekadar menjaga atau menyapa pelanggan yang datang, seorang pramuniaga juga memiliki tugas dan tanggung jawab yang lebih besar dari itu. Berikut beberapa tugas seorang pelayan toko.

1. Men-display produk

pramuniaga adalah

source: freepik

Jika bisnis kamu bergerak di sektor jual-beli barang, salah satu tugas yang menjadi tanggung jawab pramuniaga adalah men-display atau menata produk di toko. Ia harus memiliki keterampilan untuk memutuskan apakah suatu produk cocok diletakkan di jendela toko, rak, etalase, bagian depan, atau area lainnya. Selain itu, pramuniaga juga harus mengecek display produk tiap kali toko akan buka. Dengan begitu, bukan hanya produk tertata rapi, tapi juga menarik dilihat.

2. Memahami tentang stok dan produk

pramuniaga adalah

source: freepik

Ketika ada pelanggan datang, sudah pasti mereka akan menanyakan informasi dan ketersediaan barang. Untuk itu, pramuniaga harus siap menjawab pertanyaan pelanggan terkait produk. Kemungkinan, ia juga harus berhubungan dengan staff purchasing atau petugas lain yang bertugas mengurus barang.

3. Memberikan label harga

Banyaknya barang yang ditampilkan di dalam toko terkadang membuat pelanggan bingung berapa harga satuannya. Padahal, informasi terkait harga ini sangat penting bagi para calon pembeli. Oleh sebab itu, tugas penjaga toko adalah memastikan setiap barang sudah memiliki label harga dan letaknya sesuai di rak. Pramuniaga harus selalu up-to-date dan mengecek label harga secara berkala.

4. Membersihkan area toko

Tugas pramuniaga selanjutnya adalah memastikan kebersihan area toko. Bukan hanya soal lantai atau dinding, melainkan juga produk dan rak tempat menata barang. Pramuniaga harus membersihkan setiap inci rak dan produk yang ditampilkan. Dengan begitu, produk dan area toko terlihat bersih sehingga enak dipandang oleh pelanggan yang datang.

5. Mencatat laporan penjualan

Pramuniaga biasanya merangkap sebagai kasir yang melayani pembayaran dari konsumen. Oleh karena itu, satu tugas yang tak akan pernah luput dari pekerjaan pramuniaga adalah mencatat transaksi penjualan dalam satu satu, seminggu, hingga sebulan.

6. Melayani konsumen

source: freepik

Seperti yang sudah dijelaskan, pramuniaga adalah representasi sebuah bisnis kepada masyarakat. Salah satu tugas terpenting yang diemban oleh pramuniaga adalah melayani konsumen dengan ramah, baik, dan maksimal. Bahkan meski pelanggan hanya berniat melihat-lihat dan belum pasti membeli, pramuniaga harus tetap tersenyum dan ramah. Pastikan konsumen mendapatkan informasi maupun barang yang dibutuhkan.

Baca juga | Apa itu Customer Satisfaction?

7. Mengemas Barang

Sebagai konsumen pasti kamu pernah melihat produk-produk yang disertai hadiah. Biasanya, hadiah tersebut ditempelkan di produk utama. Itu merupakan salah satu tugas pramuniaga, yaitu mengemas barang sesuai dengan kebutuhan perusahaan atau promosi.

Larangan Pramuniaga

Setelah memahami tugas dan tanggung jawabnya, kamu juga harus menggarisbawahi apa saja larangan atau hal yang menjadi pantangan seorang penjaga toko. Secara umum, berikut larangan-larangan yang harus dihindari.

  • Berdebat dengan pelanggan di tempat dia bekerja.
  • Menilai dan menghakimi para pelanggan.
  • Berbicara bersama pramuniaga lainnya dengan waktu yang lama.
  • Tidak peduli dengan pelanggan yang sedang membutuhkan bantuan.
  • Membiarkan pelanggan menunggu terlalu lama.
  • Berjalan beramai-ramai di area penjualan saat jam toko telah buka.
  • Meletakkan tangan di saku atau di belakang punggung saat melayani pelanggan.
  • Meninggalkan toko saat kerja tanpa izin atasan.
  • Melakukan pembayaran di luar kassa.
  • Makan atau minum, serta terima telepon lewat HP di dalam toko.
  • Bersandar, jongkok secara tidak sopan, bertopang dagu, dan menguap di area penjualan saat melayani pelanggan yang datang.

Penutup

Selain mengerjakan tanggung jawab yang tertera di atas, pramuniaga juga merupakan salah satu bentuk representasi perusahaan. Mereka diharapkan dapat membangun kepercayaan konsumen terhadap toko atau perusahaan. Para pramuniaga ini harus melaksanakan standar layanan sesuai SOP perusahaan.

Baca juga | Perusahaan Manufaktur: Pengertian, Ciri-ciri, dan Contohnya

Sukses karir profesional - personal development

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *