Tanggal:17 June 2024

Contoh dan Cara Membuat Kata Pengantar Skripsi

Contoh Kata Pengantar Skripsi – Teruntuk mahasiswa atau seseorang yang sedang menempuh tugas akhir untuk membuat skripsi, pastinya membutuhkan suatu pengantar (kata pengantar) untuk disertai pada skripsi yang Anda buat.

Kursus belajar TOEFL online Vocasia

Kata pengantar di dalam skripsi terletak di bagian awal skripsi yang dicantumkan sebelum masuk pada halaman yang utama atau topik yang ingin dibicarakan. 

Mengapa perlu membuat kata pengantar? Karena itu wajib dilakukan dimana kata pengantar merupakan salah satu hal terpenting yang harus ada di dalam skripsi dan kata pengantar dibuat sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 

Apa saja isi dari sebuah kata pengantar?

Kata pengantar skripsi berisi ucapan terima kasih atau rasa syukur atas tujuan dari penulisan skripsi. Penulis bisa menuliskan manfaat dari isi skripsinya; kritik dan saran juga bisa menjadi wadah untuk membangun dari pembaca terhadap penulis agar tujuan yang disampaikan dapat diterima dengan jelas dan ke depannya bisa lebih baik. Kata pengantar yang baik tidak harus ditulis secara panjang, tetapi sampaikan kata pengantar secara tegas, singkat, dan jelas.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas dan mengupas sedikit contoh dan cara membuat kata pengantar skripsi agar skripsi Anda bagus dan padat. Yuk simak tuntas di bawah ini!

Contoh Kata Pengantar Skripsi

Ilustrasi halaman kata pengantar dalam skripsi

Cara Membuat Kata Pengantar

Mari lihat bagaimana cara membuat kata pengantar yang baik dan benar dengan melihat bagian berikut.

1. Kata Pembuka

Di awal membuat kata pengantar, hal pertama yang harus dibuat adalah kata pembuka. Kata pembuka dibuat untuk menuliskan kata pengantar skripsi. Lalu tulisan apa saja di dalam kata pembuka? Kata pembuka biasanya berisi ucapan rasa syukur terhadap karunia Allah atas selesainya pengerjaan skripsi atau ucapan rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Dalam paragraf pertama, hal ini disampaikan masukan dari maksud dan tujuan utama mengapa Anda harus menyelesaikan skripsi ini. Perhatikan contoh berikut ini:

“Segala puji dan syukur atas ke hadirat Allah SWT atas segala limpahan kasih, karunia, dan kehendak-Nya, penulis panjatkan kepada Allah SWT yang telah memberikan Rahmat-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi yang berjudul “Aspek Sosial dalam Novel Pulang karya Tere Liye” yang disusun untuk memenuhi salah satu syarat penilaian tugas seminar.”

2. Sampaikan Ucapan Terima Kasih

Jelaskan secara rinci bahwa ucapan rasa syukur dan ucapan terima kasih adalah hal yang wajib ada di dalam kata pengantar skripsi Anda. Nah, unsur-unsur itu dapat dituangkan di paragraf pembuka. Setelah paragraph pembuka selesai, lalu masuk pada struktur kata pengantar skripsi yang kedua, yaitu bagian isi.

Contoh penulisan ucapan rasa syukur dan terima kasih di dalam kata pengantar skripsi.

Contoh ucapan terima kasih. Sumber: Vocasia

3. Kalimat Penutup

Kalimat yang terakhir adalah penutup. Penulisan kata pengantar skripsi di bagian penutup biasanya diisi dengan permohonan maaf. Setelah itu, Anda akan menuliskan permohonan maaf bila terdapat kekurangan dan lebihnya dalam pembuatan skripsi. Awalnya, permohonan maaf ini tertuju hanya untuk pembaca. Tentu saja dalam penulisan skripsi, penulis sering mengalami kesalahan seperti kesalahan dalam penulisan kata atau ada pendapat yang disampaikan terasa kurang sempurna dan sebagainya.

Terakhir, Anda harus tahu bahwa di bagian penutup juga perlu dituliskan hal-hal yang kamu harapkan. Contohnya, Penulis berharap semoga ke depannya hasil dari penelitian ini bisa melahirkan sebuah koreksi dan solusi dari pendapat atau ide pembaca yang lain. Harapan dan pandangan pembaca bertujuan untuk menyempurnakan hasil penelitian yang mungkin masih ada yang kurang dari yang telah kamu temukan.

Contoh penulisan kalimat penutup pada kata pengantar skripsi:

Sumber: Vocasia

Jangan lupa mencantumkan “Tempat dan tanggal” seperti contoh:

“Jakarta, 09 Maret 2023”

Setelah itu, tambahkan di bawahnya dengan “Nama penulis dan Tanda tangan.” Contohnya:

Nadya Mayangsari

(Tanda tangan)

Nah, itulah contoh dan cara membuat penulisan kata pengantar di dalam skripsi, Anda harus memperhatikan beberapa struktur penulisan kata pengantar skripsi. Namun jika dari penjelasan di atas masih kurang, Anda bisa mencari dan melihat contoh kata pengantar skripsi di atas. Melalui contoh ini, setidaknya dapat memberikan gambaran umumnya dalam penulisan kata pengantar skripsi.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan bisa membantu dalam penulisan kata pengantar pada skripsi kalian. Kalian juga bisa membaca contoh-contoh kata pengantar lain yang ada di perpustakaan, website, jurnal, dan lainnya. Setelah itu, kalian bisa lihat perbedaannya dan pelajari struktur penulisannya. 

Sobat mau strategi cepat dan tepat dalam membuat skripsi, buruan ikuti kursus Strategi Sukses Penulisan Skripsi Secara Tepat, Cepat, dan Cermat | Vocasia. Di kursus ini sobat akan diajari strategi dalam membuat skripsi yang baik dan padat. Untuk bergabung, langsung klik tombol di bawah ini!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *