Tanggal:22 June 2024

Sudah Tahu Kelebihan dan Kekurangan MacBook? Berikut Penjelasannya

Guna menunjang produktivitas kantor maupun kegiatan lain, seseorang memerlukan alat yang bisa membantunya. Salah satunya yaitu laptop, ada berbagai jenis dan merk laptop yang terkenal dan memiliki berbagai keunggulan agar pekerjaan dapat berjalan lancar. Salah satu brand yang kerap digunakan oleh para pekerja maupun pelajar untuk menunjang pekerjaan mereka yaitu Apple. 

Apa Itu MacBook?

MacBook (sumber: Unsplash)

Salah satu produk yang paling diminati oleh orang-orang adalah laptop Apple atau biasa disebut dengan MacBook. Laptop ini terbagi dalam berbagai dua tipe yaitu MacBook Pro dan MacBook Air. Kegunaan dari dua tipe MacBook ini pun juga berbeda. 

MacBook Pro lebih baik digunakan untuk pekerjaan atau kebutuhan yang berat. Misalnya untuk mendesain, rendering, dan editing. Sedangkan tipe MacBook Air lebih cocok untuk aktivitas yang lebih ringan. Contohnya, untuk mengetik atau melakukan presentasi saja.

Walaupun banyak diminati orang, produk MacBook memiliki harga yang cukup mahal. Oleh karena itulah, berikut pemaparan tentang kelebihan dan kekurangan MacBook yang bisa kamu gunakan sebagai bahan pertimbangan sebelum kamu membelinya.

Kelebihan MacBook

Kelebihan MacBook (sumber: Unsplash)

User Friendly

Keunggulan dari MacBook yang pertama yaitu dari sistem operasinya. MacBook menawarkan suatu sistem operasi yang baik bernama Mac OS. Dengan adanya fitur ini, akan memberikan pengalaman baru bagi penggunanya sehingga akan menyajikan berbagai kemudahan saat menggunakannya. Selain mudah digunakan, pada sistem ini juga memiliki manfaat yang lebih baik dari laptop lainnya.

Daya Tahan Mesin Kuat

Ini merupakan salah satu kelebihan utama yang dimiliki oleh MacBook. Brand ini dikenal memiliki mesin dan daya tahan yang kuat. Pengguna secara otomatis akan mendapatkan aplikasi pengolahan kata seperti software office yang bisa digunakan untuk kebutuhan sekolah atau bekerja. 

Selain itu, MacBook yang masih menggunakan seri lama masih bisa digunakan hingga sekarang. Inilah yang membuktikan bahwa MacBook memiliki mesin yang kuat dan tahan lama.

Hardware Berkualitas

Saat menggunakan MacBook, pasti bisa membedakan kenyamanan antara saat menggunakan MacBook dibandingkan laptop lainnya. Ini dipengaruhi oleh faktor penggunaan hardware yang berkualitas tinggi pada MacBook. Misalnya penggunaan keyboard dan trackpad yang terasa lebih mudah dan nyaman. Lalu dari segi sound yang dimiliki MacBook lebih unggul daripada laptop lainnya.

Pada keyboard MacBook telah dilapisi silikon pada setiap tombol yang dapat mencegah kotoran agar tidak masuk dan menyebabkan tombol keyboard tidak berfungsi. Lalu pada trackpad memiliki kemampuan sensor dan tekanan yang lebih nyaman.

Keamanan Sistem Operasi yang Baik

MacBook memiliki keamanan sistem operasi yang baik dibandingkan dengan produk laptop lain seperti Windows. Produk ini tidak memerlukan software anti-virus tambahan yang dapat mengurangi penyimpanan memori. Lalu malware, virus, trojan dan lain sebagainya juga lebih sedikit, sehingga tidak ada virus dari luar dan virus juga tidak bisa masuk.

Operasi yang dimiliki MacBook berupa Mac OS X dan iLife, dikenal sebagai salah satu sistem operasi yang kuat dan memiliki banyak fitur menarik. Sistem inilah yang bisa digunakan pengguna agar lebih mudah membuat konten menggunakan iPhoto dan iMovie.

Baterai Tahan Lama

Dari segi baterai, MacBook memiliki keunggulan yang lebih baik dibandingkan laptop lainnya. Karena ternyata, memiliki daya baterai yang lebih awet dan tahan lama yaitu sekitar 10 jam bahkan lebih pada model 16 inci. Kelebihan daya baterai inilah yang akan mempermudah pekerjaan dan cocok digunakan pelajar dan pekerja karena bisa mereka bisa menggunakannya lebih lama tanpa harus mengisi daya.

Tipis dan Ringan

MacBook cenderung lebih ringan dibandingkan dengan brand laptop lainnya. Hal ini menjadi kelebihan MacBook yang dapat menarik perhatian calon konsumennya. Pada MacBook Air lebih tipis dan ringan untuk dibawa, sehingga cocok digunakan pelajar dan pekerja untuk dibawa kemana-mana. Dan bahan yang terbuat dari aluminium terbaik dapat menjadikan MacBook menjadi terlihat mewah, ringan, dan tipis. 

Kekurangan MacBook 

Kekurangan MacBook (sumber: Unsplash)

Setelah mengulas tentang berbagai kelebihan dan keunggulan MacBook kita juga akan membahas tentang kekurangan dari MacBook seperti:

Harga Produk dan Biaya Perbaikan yang Mahal

Seperti yang diketahui orang awam bahwa produk Apple memiliki harga yang fantastis jika dibandingkan produk lain, tak terkecuali MacBook. Produk ini memang memiliki banyak fitur unggulan. Seperti MacBook Air dibanderol mulai harga 16 juta rupiah dengan RAM 8Gb, SSD 256, serta layar 13 inchi. Lalu untuk MacBook Pro dibanderol dengan harga mulai dari 20 jutaan. Pengeluaran ini akan jauh lebih besar jika kamu menginginkan RAM, SSD, dan layar yang lebih besar. 

Belum lagi ketika kamu mengalami kerusakan pada MacBook atau salah satu hardware yang rusak yang akan dikenakan biaya servis cukup mahal. Seperti jika keyboard rusak atau display layar yang tidak berfungsi, kamu akan dikenakan biaya yang sangat tinggi. Oleh karena itulah, saat membeli produk Apple kamu juga harus bersiap dengan dana yang kamu keluarkan untuk biaya reparasi-nya.

Penyimpanan Terbatas

Kalau kamu memang membutuhkan laptop yang memiliki penyimpanan besar, sepertinya kamu pikir lagi sebelum membeli MacBook. Karena MacBook tidak dibuat untuk menampung data dalam jumlah yang besar. Seperti MacBook Air yang dijual dengan harga 16 jutaan, hanya memiliki penyimpanan SSD 256GB, itu jauh lebih kecil dibandingkan dengan produk lain. 

Jika kamu ingin mendapatkan MacBook dengan penyimpanan yang besar seperti 512 GB atau 1TB kamu harus mengeluarkan biaya tambahan yang juga tidak sedikit. Kalau dipikirkan lagi, uang tersebut cukup untuk membeli laptop Windows dengan penyimpanan jauh lebih besar daripada MacBook.

Service Center yang Masih Sedikit

Jika laptop Kamu rusak, tentu kamu membutuhkan jasa service yang bisa memperbaikinya. Tapi lebih baik kalau kamu pergi ke service center agar laptop bisa ditangani oleh orang yang paham tentang MacBook dan biasanya juga terdapat garansi. Namun sayangnya, untuk keberadaan service center MacBook hanya dapat dijumpai di kota-kota besar saja. Sehingga untuk pergi ke tempat service center masih sedikit sulit.

Webcam yang Kurang Bagus

Sebagai salah satu brand yang terkenal, MacBook memiliki fitur webcam dengan resolusi yang rendah, yaitu hanya 720p. Memang kualitas yang tidak buruk, tapi jika dibandingkan dengan harganya yang tinggi, tentu fitur ini sedikit mengecewakan.

Apalagi dengan kejadian pandemi beberapa waktu lalu yang mengharuskan orang untuk work from home. Mereka hanya bisa mengandalkan gadget dan laptop untuk berkomunikasi. Dan  salah satu fiturnya yaitu melalui webcam. Sejak itulah kualitas Webcam perlu dipertimbangka .

Kurang Pas Untuk Gamers

Game yang bisa dijalankan dalam sistem operasi Windows, belum tentu bisa juga digunakan dalam OS. Karena saat pembuatan game ini memerlukan biaya yang tidak sedikit jika berlintas sistem operasi. Oleh karena itulah, para game developer  hanya akan membuat software yang mendukung pada sistem operasi Windows saja karena memiliki banyak pengguna.

Itulah tadi penjelasan tentang kelebihan dan kekurangan MacBook bisa dijadikan referensi sebelum membeli agar mengetahui spesifikasi laptop yang dibutuhkan.

Untuk kamu yang ingin mengetahui berbagai informasi lain dari dunia gadget atau teknologi lainnya, kamu bisa mengunjungi blog Vocasia yang akan membantumu menggali informasi dan tips lainnya hanya di sini.

Kursus MySQL dan Kursus PHP
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *