Tanggal:16 May 2024

Kenali Apa Itu Landing Page, Fungsi, dan Contohnya untuk Memaksimalkan Website

Landing page sering ditemui pada laman website untuk kepentingan bisnis dan dapat membantu menghasilkan keuntungan lebih bagi pihak bisnis. Namun, apakah landing page sepenting itu bagi suatu website? Dan apa gunanya? Baca artikel ini sampai habis, ya!

Apa itu landing page?

Definisi landing page (Sumber: Unsplash)

Landing page merupakan salah satu halaman yang terdapat pada website dan memiliki desain tertentu, lalu disesuaikan dengan jenis marketing yang dipakai. Secara umum, landing page adalah halaman atau tampilan yang muncul di saat pengunjung mengakses suatu website di mesin pencarian.

Adanya landing page inilah yang akan mengarahkan pengunjung untuk melakukan suatu tindakan seperti melihat isi web lebih dalam, membeli sesuatu, mengisi formulir, dan lain-lainnya. Hal ini biasanya ditemukan ketika pengunjung mengklik iklan atau promosi dalam bentuk apapun yang mengarahkan ke sebuah situs yang relevan, lalu mereka akan diarahkan ke iklan yang telah diklik tersebut. Situs tersebutlah yang dinamakan dengan landing page.

Di dalamnya terdapat berbagai informasi seperti fitur keunggulan, detail produk, atau katalog produk, layanan media digital yang berupa itu video atau audio, tombol aksi dan sebagainya. Landing page digunakan dalam kampanye marketing sebuah bisnis karena perannya yang cukup krusial dan bisa dikatakan penting untuk meningkatkan conversion rate. Conversion rate sendiri merupakan persentase yang menampilkan jauhnya jangkauan sebuah situs dapat menggaet pengunjung untuk melakukan sebuah interaksi atau tindakan.

Sebuah landing page yang baik yaitu berbentuk sebuah halaman yang memiliki 1 bidang tertentu yang disebut dengan CTA atau call to action. 

Baca juga: Cara Membuat Landing Page Yang Menarik, Cocok Untuk Pemula!

Lalu Apakah Fungsi Landing Page?

Fungsi landing page (Sumber: Unsplash)

Terdapat beberapa fungsi dan manfaat menggunakan landing page untuk diterapkan dalam suatu website bisnis yaitu:

1. Mempermudah pengunjung untuk bertransaksi

Adanya landing page bisa digunakan untuk membantu pelanggan dalam membuat suatu keputusan untuk melakukan transaksi karena informasi detail yang ada di dalamnya akan membuat pelanggan lebih paham tentang suatu produk atau hal yang dipromosikan, sehingga mereka lebih yakin untuk memiliki minat dan membelinya. Lebih mudahnya, landing page inilah yang akan memberikan jalan bagi calon pembeli untuk mengakses suatu brand.

2. Mendapatkan data leads yang potensial

Landing page bisa digunakan untuk merekam semua data pengunjung yang potensial atau biasa disebut leads. Leads inilah yang dijaga oleh sebuah bisnis karena bisa mengundang calon pelanggan lain untuk melakukan pembelian. Leads sendiri merupakan orang yang memiliki ketertarikan pada suatu peran yang menyebabkan mereka berpotensi untuk menjadi pelanggan.

Leads bisa didapatkan pada landing page yang berisi tentang informasi pengunjung seperti nama, email, dan demografi yang bisa dimanfaatkan untuk menganalisis pengunjung lebih detail. 

3. Mempromosikan produk atau layanan 

Keberadaan landing page ini bisa dikatakan sebagai sarana promosi yang cukup berbeda dengan cara lainnya di website karena didalamnya, para pebisnis bisa dengan bebas mendeskripsikan dan menjelaskan produk hingga sedetail mungkin. Oleh karena itulah, landing page menjadi salah satu media yang cocok untuk mengenalkan produk atau katalog kepada pelanggan sehingga mereka lebih cepat untuk melakukan pembelian dan menjadi pelanggan tetap.

4. Meningkatkan angka conversion rate

Seperti yang dikatakan di awal tadi bahwa landing page ini akan berpengaruh pada conversion rate. Hal ini karena pengunjung yang semakin banyak melakukan transaksi di sebuah landing page, membuat presentasi konversi atau landing page turut naik. Apalagi jika didukung oleh desain visual halaman, penulisan, dan penawaran dalam landing page yang sesuai dengan kebutuhan pengunjung.

Baca juga: Conversion Rate Optimization Dan Langkah Memaksimalkannya

Contoh Landing Page

Contoh landing page (sumber: Unsplash)

Setelah membahas pengertian dan manfaat landing page bagi suatu website, maka selanjutnya yaitu contoh landing page yang bisa dijadikan inspirasi atau referensi dan juga gambaran lebih dalam mengenai landing page.

Zalora

E-sommerce untuk online shoping (Sumber: zalora.co.id)

Zalora merupakan salah satu toko online yang cukup besar dan terkenal. Dalam landing page-nya, Zalora Menampilkan berbagai model dengan rentang usia yang berbeda-beda. Hal ini bermaksud bahwa Zalora menjual berbagai jenis fashion baik dari anak-anak hingga dewasa, maupun fashion laki-laki dan perempuan.Tak hanya itu, Zalora juga menawarkan berbagai kebutuhan lain seperti produk kecantikan dan keperluan rumah tangga lainnya.

Lalu, e-commerce ini juga menawarkan berbagai potongan harga yang diperjelas dengan tulisan Zalora great sale special road to 11.11 dengan diskon yang ditawarkan hingga 70% dan tambahan extra 20%. Untuk mempermudah pengunjung dalam mendapatkan potongan harga ini, Zalora menampilkan tulisan cek kode voucher yang bisa dipilih langsung oleh pengunjung untuk mendapatkan detailnya.

Baca juga: 7 Contoh Landing Page Menarik, Cocok Jadi Inspirasi!

SketchWow

Aplikasi web untuk membuat sketsa (Sumber: sketchwow.com)

SketchWow merupakan salah satu website yang digunakan untuk membuat sketsa. Hal ini langsung ditampilkan dalam landing page untuk mempertegas fungsi dari website ini.

Uniqlo

Clothing brand Uniqlo (Sumber: uniqlo.com)

Uniqlo merupakan salah satu brand pakaian yang bertaraf internasional dan cukup digemari khususnya anak muda. Uniqlo dikenal sebagai model pakaian yang santai sederhana dan unisex.

Landing page Uniqlo menampilkan desain yang sesuai dengan target pasar mereka yaitu kalangan anak muda. Hal ini terlihat jelas oleh warna yang digunakan yaitu hanya memadukan warna merah dan putih. Saat membuka landing page ini, pengunjung langsung disuguhkan dengan fitur pengisian data diri, dan pengunjung di tuntun untuk membuat akun di website tersebut.

Nah itulah beberapa penjelasan mengenai landing page yang sangat berguna untuk mempromosikan suatu produk atau layanan melalui website. Untuk kamu yang sedang mengembangkan bisnis dan menerapkan strategi Marketing melalui website kamu bisa membuka “Menjadi Freelancer : Membuat Website Tanpa Coding”, sebuah kurus online milik Vocasia yang dapat membantu kamu untuk memiliki keterampilan dalam sebuah dalam membuat website tanpa coding yang bisa kamu gunakan untuk membuat online shop dan menerapkan strategi marketing di sana.

Kursus Membuat Aplikasi Android Bahasa pemograman Kotlin
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *