Tanggal:03 May 2024

7 Contoh Landing Page Menarik, Cocok Jadi Inspirasi!

Salah satu cara efektif untuk menjangkau pengunjung website agar tertarik dengan produk yang ditawarkan adalah dengan menggunakan landing page. Karena itu, penting untuk membuat landing page yang bagus, menarik dan menawan pada website bisnis yang kamu miliki. 

Landing page sendiri merupakan funnel andalan yang biasa digunakan oleh digital marketing untuk mengkonversi pengunjung website menjadi konsumen. Landing page yang baik memiliki beberapa kriteria diantaranya seperti user friendly, call to action (CTA), dan kriteria penting lainnya.

Baca Juga | Mengenal Call To Action (CTA)

Untuk mewujudkan tujuan tersebut, tentu kamu harus mempunyai pengetahuan mengenai bentuk landing page yang dapat menarik perhatian pengunjung. Perlu diingat, selain desain yang menarik, susunan elemen-elemen yang ada di landing page juga harus tepat agar landing page berkonversi tinggi.

Baca Juga | Apa Itu Leads? Pengertian, Macam, Dan Cara Mendapatkannya

Contoh Landing Page yang Menarik

Dalam merancang landing page tidak bisa dilakukan sembarangan. Kamu harus mengetahui bagaimana caranya membuat pengunjung tertarik dengan landing page website yang telah kamu buat. Sebab dari itu, penting untuk perbanyak referensi landing page. Berikut beberapa contoh landing page menarik yang dapat kamu jadikan referensi:

Baca Juga | Kenali Perbedaan Blog Dan Website Beserta Contohnya

1. HubSpot

Contoh landing page menarik pertama ialah dari website platform CRM terkenal HubSpot. Landing page wesbite ini sudah terlihat menarik dari awal kamu mengakses websitenya. Tampilan yang ditawarkan landing page website ini ialah modern dan powerful. Selain itu, pada landing page tersebut juga terdapat judul yang menonjolkan keunggulan HubSpot yang dikemas dengan tiga kata saja.

Bagian subjudulnya pun dimanfaatkan untuk mendeskripsikan kembali keunggulan dan manfaat produk. Harapannya pengunjung situs tertarik untuk menggunakan produk tersebut dengan bantuan tombol CTA berukuran cukup besar dan berwarna mencolok. Terlebih HubSpot juga menawarkan layanan gratis dan demo secara cuma-cuma.

Baca Juga | Pengertian Customer Relationship Management

2. Shopback

sumber: komerce.id

Landing page Shopback merupakan salah satu contoh referensi landing page menarik. Dalam landing pagenya, Shopback menyertakan logo brand partner sebagai bentuk starategi untuk membangun kepercayaan dari calon pelanggan. Sehingga, calon pelanggan akan menyadari bahwa Shopback dapat dipercaya dan sudah  berpartner dengan banyak brand.

Elemen yang digunakan pada landing page Shopback yaitu informasi diskon serta CTA spesifik berbentuk slider. Selain itu, kategori produk Shopback juga dibuat dalam bentuk expanded menu. Menu utama landing page juga sangat difokuskan pada promo yang sedang berjalan.

Baca Juga | Apa Itu Marketplace? Berikut Penjelasan Dan Contohnya

3. Zalora

Bentuk landing page yang dimiliki Zalora dapat dijadikan referensi untuk kamu yang ingin memperoleh banyak pelanggan. Zalora biasanya menyiapkan landing page khusus untuk menerapkan strategi potongan harga terutama ketika momen tertentu,misalnya seperti momen Harbolnas. 

Pada landing page tersebut terdapat foto background orang-orang dengan gaya fashion yang berbeda. Gambar tersebut merupakan merepresentasikan citra Zalora yang dapat memenuhi bermacam-macam selera berpakaian konsumen. Selain itu, terdapat dua tombol CTA, yaitu shop wanita dan shop pria. Tombol CTA ini sangat spesifik dan bisa memudahkan pelanggan untuk berbelanja.

Baca Juga | 7 Contoh Website WordPress Brand Terkenal

4. Kolase

sumber: komerce.id

Contoh landing page menarik lainnya adalah landing page milik Kolase. Desain landing page Kolase terbilang cukup sederhana namun menarik, karena estetik, simpel, dan action-oriented. Di dalam landing page tersebut, mereka menghighlight kedua fitur utama mereka yaitu campaign dan polling.

Secara jelas, CTA tersebut bertuliskan Buat Campaign dan Buat Polling. Kedua CTA tersebut juga dipasang di bawah headline, sehingga bisa terlihat dengan jelas. Penggunaan tombol CTA ini sangat spesifik dan menonjolkan fitur yang ada di Kolase.

Baca Juga | Website Gratis Untuk Belajar Bahasa Inggris!

5. Tiket.Com

Landing page yang tidak kalah menarik selanjutnya adalah Tiket.com. Desain landing page website ini menggunakan elemen warna yang telah menjadi ciri khas mereka yaitu warna biru dan kuning. 

Tiket.com juga meletakkan elemen branding tersebut di bagian yang sangat strategis yaitu bagian header yang terdapat di bawah menu utama. Di bagian tersebut, kamu bisa melihat informasi diskon yang berbentuk slider sederhana.

Bentuk slider yang digunakan membuat formulir yang ada di landing page tidak akan ter-load dengan tidak sengaja. Penambahan elemen whitespace juga membuat kesan halam terasa lebih lapang.

Baca Juga | Yuk, Kenali Apa Itu Agency Beserta Jenis-Jenisnya!

6. Moka POS

sumber: komerce.id

Moka POS memiliki landing page yang sangat mudah digunakan untuk penggunanya. Hal tersebut didasari bahwa rata-rata orang yang mengunjungi websitenya adalah orang sibuk yang tidak memiliki banyak waktu untuk mencari informasi. 

Dalam landing page Moka POS terdapat semua informasi yang diperlukan oleh pengunjung, misalnya ilustrasi bahwa Moka POS dapat dibuka menggunakan ponsel, dekstop, atau tablet. Selain itu, penggunaan headline yang padat juga telah berhasil menjelaskan fungsi dari produk Moka.

Baca Juga | 5 Website Untuk Belajar Pemrograman

7. Shopify

Contoh landing page menarik terakhir adalah milik website penjualan online bernama Shopify. Desain landing page yang digunakan pada website adalah sederhana. Shopify memiliki judul beberapa kata yang berorientasi pengguna. Lalu bagian subjudulnya ditulis dengan konsep poin sederhana, bukan paragraf untuk mengomunikasikan detail dan manfaat layanannya.Dengan penyajian landing page seperti itu akan memudahkan kamu untuk fokus ke tujuan utama yaitu berjualan online dengan layanan tools mereka.

Baca Juga | Mengenal Kriteria Website User Friendly

autocad
autocad
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *