Tanggal:12 May 2024

Langkah-langkah Dalam Metode Ilmiah

Sebagaimana yang diketahui, metode ilmiah terdiri dari kumpulan langkah atau tahapan yang tersusun secara sistematis. Langkah inilah yang mesti dilakukan dalam proses pencarian ilmu pengetahuan. Penting untuk selalu diingat, langkah-langkah metode ilmiah sangat wajib untuk dilakukan secara berurutan, teratur, dan terkontrol. Sebab, jika tidak, maka penelitian pun sukar untuk dilaksanakan dengan baik.

Kursus online IELTS Vocasia

Seluruh langkah tersebut ibarat jalan yang harus dilalui oleh para pencari ilmu dalam usahanya untuk mengungkap rahasia dari suatu gejala atau fenomena. Nantinya, akan dihasilkan sebuah kesimpulan yang mengandung kebenaran ilmiah. Namun, sebelum kita bahas mengenai langkah-langkah dalam metode ilmiah, ada baiknya mengetahui telebih dahulu apa yang dimaksud dengan metode ilmiah itu sendiri. Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Baca juga: Macam-macam Metode Penelitian, Beserta Penjelasannya

Pengertian Metode Ilmiah

Pengertian Metode Ilmiah. Sumber: pexels.com

Secara umum pengertian metode ilmiah atau scientific methods adalah langkah-langkah kerja rutin dari saintis-saintis aktif, seiring dibimbingnya mereka oleh keingintahuan, untuk mempelajari keteraturan dan hubungan di antara fenomena-fenomena yang mereka pelajari.

Lebih dalam lagi, Percy Bridgman’s menyatakan bahwa scientific methods lebih dari sekedar metode biasa. Di mana dengan metode ilmiah ini kamu dapat mengerjakan lebih dari satu pengertian dan tanpa adanya rintangan untuk dapat menyelesaikan segala permasalahan yang timbul.

Adapun beberapa ciri-ciri metode ilmiah antara lain:

  • Bersifat ilmiah
  • Logis
  • Memberikan kontribusi
  • Obyektif
  • Kritis dan analitis
  • Konseptual
  • Bersifat empiris
  • Sistematik

Baca juga: Metode Analisis Data Kualitatif, Beserta Penjelasannya

Langkah-Langkah Metode Ilmiah

Langkah-Langkah Metode Ilmiah. Sumber: pexels.com

Berikut adalah langkah-langkah metode ilmiah yang wajib kamu lakukan secara berurutan.

1. Merumuskan Masalah

Pertama-tama, yang harus dilakukan oleh peneliti adalah merumuskan masalah, yakni segala persoalan yang ingin dipecahkan dan yang menarik untuk diketahui kebenarannya. Masalah penelitian umumnya dirumuskan dalam bentuk pertanyaan yang berkaitan dengan objek penelitian seperti apa, bagaimana, mengapa, kapan, dan sebagainya. Semakin spesifik rumusan masalah, maka semakin mempermudah kamu untuk melakukan penelitian ke depannya.

2. Merumuskan Hipotesis

Setelah menyusun rumusan masalah, langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah merumuskan hipotesis. Secara definisi, hipotesis sendiri merupakan dugaan jawaban sementara atas rumusan masalah yang telah dipaparkan sebelumnya. Dugaan jawaban ini nantinya akan dibuktikan kebenarannya melalui hasil analisa data yang diperoleh.

3. Rancangan Penelitian

Rancangan penelitian harus lebih spesifik. Di dalam rancangan penelitian, peneliti harus benar-benar tahu apa tujuan melakukan penelitian, bahan dan alat yang akan digunakan, serta data penting yang harus dipersiapkan segala sesuatunya. Di dalam rancangan penelitian ada tiga macam variabel yang perlu dikuasai peneliti.

  • Variabel manipulasi: Variabel yang sengaja mengubah dalam situasi tertentu
  • Variable response: Variabel yang mengalami perubahan karena adanya manipulasi yang disiapkan peneliti
  • Variabel kontrol: Variabel yang sengaja dipertahankan, karena memang variabel ini tidak akan terpengaruh dengan variabel-variabel lain

4. Penelitian di Lapangan

Dalam rangka untuk menguji hipotesis yang telah dibuat sebelumnya, maka perlu dilakukan eksperimen atau percobaan penelitian di lapangan. Pelaksanaan eksperimen dapat dilakukan melalui observasi, survei, ataupun dalam laboratorium.

Dari tahapan eksperimen inilah kemudian akan menghasilkan data yang nantinya dapat diolah dan dianalisis. Hasil pengolahan data tersebut akan menunjukkan apakah hipotesis yang telah dirumuskan sesuai dengan hasil eksperimen atau tidak. Data-data ini akan bersifat objektif tanpa adanya pengaruh dari subjektivitas ilmuwan peneliti.

Baca juga: Metode Observasi dalam Penelitian Kualitatif, Beserta Penjelasannya

5. Mengolah dan Menganalisis Data

Setelah eksperimen, langkah atau tahapan selanjutnya dalam metode ilmiah adalah mengolah dan menganalisis data. Data yang akan diolah berasal dari hasil pengamatan selama berlangsungnya eksperimen yang dicatat dan dikumpulkan. Data yang terkumpul kemudian diolah dan dianalisis. Analisis data adalah kegiatan mengatur, mengurutkan, mengelompokkan, memberi kode atau tanda, dan mengategorikan data sehingga dapat ditemukan dan dirumuskan hipotesis kerja berdasarkan data tersebut.

6. Menarik Kesimpulan

Jika semua data sudah terkumpul, dan diolah sedemikian rupa. Maka langkah selanjutnya adalah menganalisis data yang terkumpul. Data inilah yang nantinya perlu dibandingkan dengan hipotesis. Dilihat apakah hipotesis itu benar atau salah.

7. Evaluasi dan Pengulangan

Jika hasil penelitian tidak sesuai dengan teori yang telah ada, atau terdapat perubahan variabel kontrol, maka penelitian harus diulang. Tujuan pengulangan ini adalah untuk memastikan bahwa hasil yang nanti disajikan adalah hasil yang akurat dan berdasarkan fakta ilmiah.

8. Melaporkan Hasil

Barulah bagian terakhir melaporkan hasil. Saat menyampaikan hasil, peneliti harus menyampaikan secara sistematis, lengkap dan seobjektif mungkin. Pastikan hasil ditulis secara runtut dari tahap paling awal hingga tahap paling akhir. Tidak hanya melaporkan hasilnya, kamu juga dapat mempublikasikan hasil tersebut. Hasil penelitian dapat dipublikasikan dalam bentuk karya ilmiah, seperti jurnal ilmiah, buku, diseminarkan di depan media dan publik.

Baca juga: Metode FGD dalam Penelitian Kualitatif (Focus Group Discussion)

Itulah langkah-langkah metode ilmiah. Jika kamu masih ingin mendalaminya, bisa memperdalam dengan membaca buku metodologi penelitian. Di sana akan dibahas lebih lengkap tentang tiga variabel, menentukan hipotesis hingga statistika dalam pengolahan data. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *