Tanggal:04 May 2024

Apa itu Limbah Domestik? Kenali Pengertian beserta Contohnya!

Limbah menjadi permasalahan yang cukup sulit dipecahkan. Sebagai bagian dari lingkungan, seharusnya kamu dituntut memiliki kesadaran penuh. Limbah dapat diolah dengan baik tanpa mencemari lingkungan. Penyebab utama pencemaran lingkungan sebagian besar diakibatkan dari limbah domestik. Tahukah kamu apa itu limbah domestik? Limbah domestik adalah bagian sisa atau buangan yang dihasilkan dari berbagai kegiatan manusia. Limbah domestik dapat berasal dari rumah tangga, sekolah, penginapan, restoran, perkantoran, pasar, mal, dan sarana sejenis lainnya. 

Kegiatan manusia tentu dapat menghasilkan beragam jenis limbah. Limbah domestik masih mendominasi di lingkungan masyarakat. Setiap hari tentu saja kamu menghasilkan berbagai limbah. Seperti halnya limbah plastik, kardus, hingga sisa makanan sehari-hari. Kamu perlu mengetahui beragam contoh limbah agar semakin memiliki kesadaran mencintai lingkungan. Apa saja contoh limbah domestik yang kamu ketahui? Yuk, perdalam pengetahuan seputar berbagai contoh dari limbah domestik. 

1. Limbah Cair Domestik 

Ilustrasi Pencemaran Limbah Cair (sumber: pexels)

Limbah ini berasal dari berbagai kegiatan atau kebutuhan sehari-hari yang kamu lakukan. Contohnya seperti air bekas mandi, air bekas mencuci baju, dan air bekas mencuci peralatan makan. Segala macam limbah domestik yang berbentuk cair juga dapat berdampak buruk pada lingkungan. Kamu perlu tahu bahwa limbah perlu diolah sebelum dibuang bebas. Hal ini dapat meminimalkan dampak pencemaran terhadap lingkungan. 

Contoh lain limbah cair domestik adalah sisa makanan berwujud cair serta kotoran manusia. Kumpulan limbah tersebut tentu dapat membahayakan lingkungan dan manusia di sekitar. Kamu perlu mengelola pembuangan limbah cair domestik sebelum dialirkan ke muara sungai, ya. Tak jarang beragam limbah domestik tersebut mengandung bahan kimia. Kandungan bahan kimia di dalamnya dapat berupa detergen, sabun mandi, dan minyak yang dapat menyebabkan kerusakan pada lingkungan. 

Baca juga :

Pengertian Sampah B3 Dan Contohnya

Ketahui Karakteristik Dan Cara Mengelola Limbah Yang Benar!

2. Limbah Padat Domestik

Ilustrasi Limbah Padat (sumber: pexels)

Limbah padat domestik dapat berasal dari berbagai bahan atau barang yang tersisa dan tidak dibutuhkan lagi. Contohnya seperti plastik, botol bekas, kardus, dan kemasan makanan. Kamu perlu memilah limbah tersebut sebelum dibuang bebas. Limbah padat yang dibuang sembarangan akan menyebabkan pencemaran dan kerusakan pada lingkungan. Jangan sampai kamu merusak lingkungan dengan tindakan tidak terpuji seperti itu, ya. Limbah padat yang dibuang dengan bijak dapat memberi dampak baik bagi lingkungan. Namun, limbah padat domestik masih terbagi lagi ke dalam dua jenis limbah, loh. Simak secara seksama!

1. Limbah organik domestik

Ilustrasi Limbah Organik (sumber: pexels)

Limbah organik merupakan limbah yang berasal dari sampah atau buangan sisa makanan. Contohnya seperti buah, tumbuhan, sayuran, dan nasi. Limbah organik yang dibuang akan mengalami pembusukan dan terurai dengan sendirinya. Kamu tidak perlu bersusah payah dalam mengolah limbah tersebut. Dengan sendirinya lingkungan akan mengurai jenis limbah organik. Limbah organik domestik cenderung tidak membahayakan bagi lingkungan. Namun, kamu juga harus bijak menyikapi limbah jenis ini, ya. Kumpulkan dan kelola secara baik agar tidak berdampak buruk bagi sekitar.

2. Limbah anorganik domestik

Ilustrasi Aneka Limbah (sumber: pexels)

Limbah anorganik merupakan limbah yang berasal dari bahan atau barang yang sulit atau bahkan tidak dapat diuraikan. Kamu dapat melihat limbah anorganik ini di sekitar lingkunganmu. Contoh limbah anorganik domestik adalah besi, botol, plastik, kaca, peralatan rumah tangga, dan peralatan elektronik. Limbah anorganik yang ditumpuk dan dibuang sembarangan akan berdampak buruk dan menyebabkan pencemaran lingkungan. Tak hanya itu, pemandangan dan kenyamanan lingkungan sekitar juga akan terganggu. 

Kamu dituntut bijak dan sigap dalam menanggulangi limbah anorganik di lingkungan sekitar. Kumpulkan dalam satu tempat lalu buang limbah pada tempatnya. Jangan biasakan kebiasaan buruk, ya. Apalagi membuang limbah sembarangan di mana saja. Hal itu tak boleh kamu lakukan. Keberlangsungan lingkungan juga ditentukan oleh faktor manusianya. 

Cari Lebih Banyak : Cara Tepat Mengubah Sampah Anorganik Menjadi Cuan

Nah, itu dia pengertian limbah domestik dan juga contohnya pada lingkungan sekitar. Kamu perlu memahami dan membantu lingkungan menerima berbagai jenis limbah domestik. Salah satu caranya adalah berbuat bijak dalam menyikapi permasalahan limbah. Jangan semena-mena dan membiarkan limbah mencemari lingkungan. Semoga gambaran beragam contoh limbah domestik dapat memperluas pengetahuan kamu, ya. Dan tentunya merubah pola pikir dan sikap dalam menjaga kelestarian lingkungan secara bersama-sama.  

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
virtual selling
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *