Tanggal:28 April 2024

Syarat-Syarat Kemasan Produk yang Baik

Kemasan tentu menjadi hal utama yang dilirik oleh konsumen. Tahukah kamu apa syarat kemasan produk yang baik? Kemasan yang baik harus memperhatikan keamanan isi di dalam kemasan. Konsumen dengan sendirinya akan menilai produk tersebut. Kamu tidak boleh sembarangan dalam membuat kemasan produk. Tampilan kemasan yang menarik dan bahan berkualitas baik harus kamu utamakan. Kemasan menjadi cermin utama konsumen dalam melihat isi produk. Pastikan cover pembukanya sudah tertata baik dan manis. 

Baca Juga : Pilih Kemasan Produk Yang Tepat

Kemasan produk yang memiliki beberapa syarat tertentu yang wajib diperhatikan. Kamu tidak hanya dituntut menonjolkan nilai estetika kemasannya saja. Namun, kamu juga harus memperhatikan sisi baik dari kemasan yang akan digunakan. Kamu bisa melihat sisi baik kemasan dari fungsi utamanya, yakni melindungi produk. Nilai estetika memanglah menjadi penentu ketertarikan konsumen. Akan tetapi perlindungan isi produk juga harus tetap kamu perhatikan betul. Pastikan semuanya dalam kondisi baik dan layak. Lalu, sebenarnya apa syarat kemasan produk yang baik? Simak berikut ini.

1. Memperhatikan kemudahan dan keamanan kemasan

Ilustrasi Penggunaan Kemasan Kosmetik (sumber: pexels)

Keamanan isi produk harus kamu jaga secara maksimal. Melindungi isi produk dari kerusakan dan hal buruk lainnya adalah fungsi utama kemasan. Kamu harus pandai menetapkan material kemasan yang sesuai dengan kondisi produk. Lalu, kamu juga harus mempertimbangkan kemudahan membuka isi didalamnya. Konsumen harus mendapatkan beragam kemudahan dan kenyamanan terkait penggunaan kemasan. Mudah dalam hal mengeluarkan atau mengambil isi produk. Aman dalam hal melindungi isi produk yang ada di dalamnya. 

2. Bahan baku kemasan sesuai dengan produk

Ilustrasi Kemasan Kosmetik (sumber: pexels)

Kamu perlu melakukan pemilihan bahan baku kemasan secara tepat. Kemasan yang baik wajib memperhatikan bahan baku yang sesuai dengan produk. Misalnya saja produk makanan yang menggunakan kemasan transparan. Lalu produk kosmetik dengan kemasan putih bening. Hal ini tentu memiliki tujuan tersendiri. Penggunaan bahan baku kemasan transparan dapat menggambarkan isi produk secara nyata. Konsumen akan mudah mengetahui dan memahami isi produk yang dipasarkan. Kamu perlu menyesuaikan bahan baku kemasan dengan produk yang akan dipasarkan.

3. Biaya produksi kemasan rendah

Ilustrasi Perhitungan Biaya (Sumber: pexels)

Kemasan menjadi sangat penting bagi sebuah bisnis. Layaknya baju yang menjadi cerminan jati diri pemakainya. Kemasan juga dianggap simbol utama dalam menilai isi produk. Kamu harus jeli menentukan biaya produk secara efektif. Jangan sampai perhitungan biaya kemasan lebih tinggi dari isi produk yang dijual. Pahami perhitungan dalam sistem produksi, ya. Kemasan harus mampu menekan biaya produksi. Namun, kemasan juga dituntut mampu memberikan visual yang menarik bagi para konsumen.

4. Ukuran, berat, dan bentuk haruslah sesuai produk

Ilustrasi Kemasan Produk Kosmetik (sumber: pexels)

Dalam melakukan pembuatan kemasan yang baik wajib mempertimbangkan isi produk. Kemasan harus memiliki kesesuaian penuh dengan produk yang akan dipasarkan. Baik dalam segi bentuk kemasan, ukuran yang digunakan, hingga berat kemasan harus diperhitungkan dengan baik. Kamu tidak boleh sembarangan dalam menentukan pembuatan kemasan. Syarat kemasan yang baik harus kamu terapkan. Melalui perhitungan yang matang, kamu dapat menemukan kemasan yang cocok bagi produk. Ukuran tidak boleh membohongi konsumen terhadap penampakkan isi produk. Kemudian berat kemasan juga harus stabil. Bentuk kemasan pun dapat dibuat sesuai dengan produk yang ditawarkan. Buatlah konsumen senyaman mungkin akan kehadiran produk kamu!

Baca Lebih Banyak : 8 Tips Membuat Desain Kemasan Yang Baik dan Menarik

5. Kemudahan pembuangan kemasan

Ilustrasi Kemudahan Daur Ulang Kemasan (sumber: pexels)

Dalam melakukan pembuatan kemasan, tahap pembuangan juga tak luput dari perhitungan. Jangan hanya memikirkan tentang visual kemasan yang baik dan menarik. Proses pembuangan ataupun daur ulang kemasan juga perlu dipikirkan. Kamu perlu menganalisis dampak kemasan bagi lingkungan sekitar. Pastikan kamu menggunakan kemasan yang ramah lingkungan. Tujuannya agar kemasan yang telah usai digunakan bisa didaur ulang kembali. Dan tentunya tidak menyebabkan pencemaran lingkungan.

Baca Juga : Tips Membuat Desain Kemasan Produk Yang Menarik

Nah, itu dia penjelasan seputar syarat pembuatan kemasan produk yang baik. Kamu bisa mempertimbangkan lima syarat tersebut sebagai acuan. Membuat kemasan perlu memperhatikan manfaat dan dampak bagi sekitar. Kamu tidak boleh hanya berfokus pada keuntungan semata. Berbagai syarat diatas perlu kamu analisis dan terapkan dengan baik. Jangan lupa konsumen adalah raja. Buatlah konsumen nyaman dan terpenuhi akan informasi pada kemasan yang kamu gunakan. Pelajari syaratnya, dapatkan hasil baiknya. Selamat mencoba!

Baca Juga : Agar Brandmu Menarik Perhatikan Faktor ini

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
scale up bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *