Tanggal:16 May 2024

Macam-macam Variabel Penelitian, Beserta Penjelasannya

Dalam penelitian kuantitatif, terdapat variabel penelitian. Menurut hubungan antara satu variabel dengan variabel yang lain. Maka macam-macam variabel, dalam penelitian dapat dibedakan menjadi sebagai berikut. Simak dibawah ini, yuk!

Macam-macam Variabel Penelitian

Variabel penelitian terdiri dari macam-macam bentuk, sebagai berikut:

1. Variabel Independen

Umumnya variabel ini sering disebut sebagai variabel stimulus, prediktor, antecedent. Dalam bahasa Indonesia sering disebut sebagai variabel bebas. Sederhananya variabel bebas adalah merupakan variabel yang mempengaruhi atau yang menjadi sebab perubahannya. Atau timbulnya variabel dependen (terikat). Dalam SEM (Structural Equation Modeling) atau Pemodelan Persamaan Struktural, variabel independen disebut sebagai variabel eksogen.

2. Variabel Dependen

Pada variabel ini sering disebut sebagai variabel output, kriteria, konsekuen. Sementara dalam bahasa Indonesia sering disebut sebagai variabel terikat. Pengertian dari variabel terikat merupakan variabel yang dipengaruhi atau yang menjadi akibat. Karena adanya variabel bebas. Kemudian dalam SEM (Structural Equation Modeling) atau Pemodelan Persamaan Struktural, variabel dependen disebut sebagai variabel indogen.

3. Variabel Moderator

Adalah variabel yang mempengaruhi, memperkuat, dan memperlemah hubungan antara variabel independen dengan dependen. Selain itu variabel ini disebut juga sebagai variabel independen kedua. Hubungan perilaku suami dan istri akan semakin baik (kuat) kalau mempunyai anak. Dan akan semakin renggang kalau ada pihak ketiga ikut mencampuri. Disini anak adalah sebagai variabel moderator yang memperkuat hubungan. Sementara pihak ketiga adalah sebagai variabel moderator yang memperlemah hubungan. Hubungan motivasi dan prestasi belajar akan semakin kuat bila peranan guru dalam menciptakan iklim belajar sangat baik. Sedangkan hubungan semakin rendah bila peranan guru kurang baik dalam menciptakan iklim belajar.

4. Variabel Intervening

Dalam hal ini Tuckman (1988) menyatakan bahwa variabel intervening. Ialah variabel yang secara teoritis mempengaruhi hubungan antara variabel independen dengan dependen. Tetapi tidak dapat diamati dan diukur. Kemudian variabel ini merupakan variabel penyela/antara yang terletak di antara variabel independen dan dependen. Sehingga variabel independen tidak langsung mempengaruhi berubahnya atau timbulnya variabel dependen.

5. Variabel Kontrol

Merupakan variabel yang dikendalikan atau dibuat konstan. Sehingga hubungan variabel independen terhadap dependen tidak dipengaruhi oleh faktor luar yang tidak diteliti. Selanjutnya variabel kontrol sering digunakan oleh peneliti. Bila akan melakukan penelitian yang bersifat membandingkan, melalui penelitian eksperimen.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai macam-macam variabel penelitian. Semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa cek postingan artikel yang lainnya juga, ya!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *