Tanggal:17 May 2024

Pengertian Variabel Penelitian Menurut para Ahli

Pada penelitian kuantitatif terdapat variabel penelitian. Maka dari itu, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pengertian variabel penelitian berdasarkan pandangan para ahli. Simak langsung uraian penjelasannya dibawah ini, yuk!

Pengertian Variabel Penelitian Menurut para Ahli

Kata variabel” hanya ada pada penelitian kuantitatif. Karena penelitian kuantitatif berpandangan bahwa, suatu gejala dapat diklasifikasikan menjadi variabel-variabel. Kalau ada pertanyaan tentang apa yang anda teliti. Maka jawabannya berkenaan dengan variabel penelitian. Jadi variabel penelitian pada dasarnya adalah segala sesuatu yang berbentuk apa saja yang ditetapkan oleh peneliti. Tujuannya untuk dipelajari sehingga diperoleh informasi tentang hal tersebut, kemudian ditarik kesimpulannya.

Secara teoritis variabel dapat didefinisikan sebagai atribut seseorang, atau obyek. Yang mempunyai variasi antara satu orang dengan yang lain atau satu objek dengan obyek yang lain (Hatch dan Farhady, 1981). Sementara itu variabel juga dapat merupakan atribut dari bidang keilmuan atau kegiatan tertentu. Tinggi, berat badan, sikap, motivasi, kepemimpinan, disiplin kerja, merupakan atribut-atribut dari sekelompok orang.

Dinamakan variabel karena ada variasinya. Misalnya berat badan dapat dikatakan variabel, karena berat badan sekelompok orang itu bervariasi antara satu orang dengan yang lain. Demikian juga motivasi, persepsi dapat juga dikatakan sebagai variabel. Karena misalnya persepsi dari sekelompok orang tentu bervariasi. Jadi kalau peneliti akan memilih variabel penelitian, baik yang dimiliki orang objek. Maupun bidang kegiatan dan keilmuan tertentu, maka harus ada variasinya.

Kerlinger (1973) menyatakan bahwa variabel adalah konstruk (constructs) atau sifat yang akan dipelajari. Diberikan contoh misalnya, tingkat aspirasi, penghasilan, pendidikan, status sosial, jenis kelamin, golongan gaji, produktivitas kerja, dan lain-lain. Di bagian lain Kerlinger menyatakan bahwa variabel dapat dikatakan sebagai suatu sifat. Sifat tersebut diambil dari suatu nilai yang berbeda (different values). Dengan demikian variabel itu merupakan suatu yang bervariasi. Selanjutnya Kidder (1981). Menyatakan bahwa variabel adalah suatu kualitas (qualities) dimana peneliti mempelajari dan menarik kesimpulan darinya. Kemudian Creswell (2012), variabel adalah karakteristik atau atribut dari individu atau organisasi. Yang dapat diukur atau diobservasi yang bisa bervariasi antara orang dan organisasi yang diteliti.

Kesimpulan

Berdasarkan pengertian-pengertian di atas. Maka dapat dirumuskan di sini bahwa variabel penelitian adalah suatu atribut. Atau sifat atau nilai dari orang, obyek, organisasi atau kegiatan yang mempunyai variasi tertentu. Yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya. Secara sederhana variabel adalah jawaban atas pertanyaan “apa yang diteliti”?

Nah, itu tadi penjelasan mengenai pengertian variabel penelitian menurut para ahli. Semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa cek postingan artikel yang lainnya juga, ya!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *