Tanggal:21 July 2024
tokopedia vs shopee

Perbedaan dan keunggulan Tokopedia VS Shopee

Dalam artikel ini kami akan memberikan informasi untuk meningkatkan wawasan serta pengetahuan Anda terkait perbedaan dan keunggulan dari Tokopedia dan Shopee, serta informasi mana yang lebih menguntungkan bagi seller di antara keduanya.

Latar Belakang Shopee dan Tokopedia

Shopee merupakan aplikasi yang bergerak dalam bidang jual-beli produk secara online dan memberikan kemudahan kepada penggunanya untuk mengakses melalui smartphone atau tablet. Aplikasi Shopee dirancang untuk memudahkan penggunanya dalam berbelanja online tanpa harus ribet menggunakan perangkat komputer.

Produk yang tersedia dalam aplikasi ini juga sangat beragam, mulai dari elektronik, fashion, perhiasan, hingga kebutuhan sehari-hari. Saat ini, Shopee telah menjadi salah satu marketplace yang menjadi pilihan utama bagi masyarakat Indonesia.

Shopee sendiri merupakan marketplace yang dikelola oleh SEA Group dan bernaung di bawah PT Shopee International Indonesia. Shopee didirikan pada tahun 2005 oleh Chris Feng dan Forrest Li, namun mulai booming di Indonesia pada tahun 2019.

Keunggulan Shopee dibanding Tokopedia adalah menawarkan banyak fitur di dalamnya seperti flash sale, Shopee Tanam, late night sale, dan juga memberikan penghargaan kepada penjual dengan memberikan tanda star seller, star+ seller, dan Shopee Mall.

Selain itu dilihat dalam kemudahan bertransaksi, Shopee dinilai lebih unggul dibanding Tokopedia dengan hadirnya fitur kekinian seperti Shopee story dan Shopee feed yang dapat memberikan exposure yang besar di media sosial.

Keunggulan lainnya yang ditawarkan oleh Shopee adalah promo-promo yang menggiurkan khususnya saat perayaan Harbolnas. Berdasarkan berbagai sumber, jumlah pengguna Shopee pada kuartal II tahun 2022 sekitar 131,3 juta pengunjung per bulannya.

Kemudian, Tokopedia merupakan salah satu platform marketplace yang berasal dari Indonesia. Peluncuran aplikasi ini dibuat berdasarkan keterbatasan akses untuk mendapatkan kebutuhan di pelosok Indonesia. Sehingga, setelah hadirnya Tokopedia, dapat meningkatkan pemerataan ekonomi secara digital.

Tokopedia ini merupakan salah satu marketplace terkemuka di Indonesia dan didirikan sejak tahun 2009 oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison. Tokopedia hadir di tengah-tengah masyarakat sebagai sarana untuk mempromosikan dan memasarkan produk Anda melalui media online.

Keunggulan Tokopedia dibanding Shopee adalah memberikan penghargaan berupa lencana ‘power merchant’ yang bermanfaat untuk meningkatkan kredibilitas Anda ketika menjual produk di Tokopedia. Syarat yang diberikan juga tidak sesulit Shopee, Anda hanya perlu melakukan verifikasi toko dengan mengupload kartu identitas dan memiliki skor performa toko di atas 75 poin.

Selain itu cara daftar official store di Tokopedia juga tidak terlalu rumit dan banyak keuntungan yang bisa didapatkan seller nantinya. Tidak hanya itu, Tokopedia juga dinilai memiliki persaingan harga yang sehat dan minim ulasan produk. Keunggulan lainnya bisa dilihat dari jumlah pengguna Tokopedia yang mampu menyentuh angka rata-rata 158,3 juta per bulannya. Hal ini membuatnya jauh lebih unggul dari Shopee.

Apa perbedaan Tokopedia dan Shopee?

Tokopedia memiliki jenis produk yang dijual ke arah produk elektronik, alat kesehatan, kecantikkan dan kebutuhan dekorasi ruangan. Sedangkan, Shopee memiliki jenis produk yang dijual lebih kearah pernak-pernik lucu, outfit, gaya terbaru dan barang-barang yang sedang trend di pasaran.

Mana yang Lebih Untung? Tokopedia Atau Shopee?

Apabila Anda ingin berjualan online, tetapi masih bingung dalam menentukan platform marketplace apa yang tepat untuk Anda. Simaklah beberapa informasi mengenai berbagai keuntungan yang ditawarkan oleh Tokopedia vs Shopee.

Keuntungan Menjadi Seller Shopee

  • Anda bisa dengan mudah mengekspor barang ke beberapa negara seperti Malaysia, Singapura, dan Filipina sehingga dapat meningkatkan target pasar Anda, bukan hanya di Indonesia saja.
  • Para Penjual akan mendapatkan dukungan secara luas dari customer service Shopee, contohnya jika ada masalah seperti susah login Shopee seller, Anda bisa langsung menghubungi CS Selain itu, ada juga sistem dan layanan penjual yang dapat dengan mudah diakses melalui aplikasi.
  • Penjual dapat menggunakan fitur promosi gratis yang telah disediakan oleh Shopee untuk menarik dan meningkatkan penjualan produk oleh pembeli.
  • Tersedia beragam pilihan jasa kirim yang didukung oleh Shopee agar bisnis Anda berkembang.
  • Shopee juga memberikan pelatihan dan panduan hingga webinar untuk membantu Anda menguasai trik berjualan online di Shopee.

Keuntungan Menjadi Seller Tokopedia

  • Situs dan aplikasi Tokopedia dinilai lebih mudah dipahami untuk seller pemula. Hal ini dikarenakan, Tokopedia memiliki tampilan utama yang lebih sederhana sehingga dapat memudahkan Anda untuk mengoperasikannya.
  • Memiliki metode pembayaran yang lengkap dengan ikut mencantumkan metode pembayaran menggunakan dompet digital. Ditambah lagi Tokopedia saat ini sudah bekerja sama dengan Gojek, sehingga Anda bisa melakukan pembayaran melalui GoPay dan saldo Anda akan otomatis terpotong.
  • Menawarkan penjaminan keamanan dalam bertransaksi dengan menyediakan asuransi khusus agar dapat memberikan proteksi selama proses pengiriman.
  • Jika dibandingkan Tokopedia vs Shopee, biaya admin yang ditawarkan oleh Tokopedia lebih rendah dibandingkan dengan berjualan pada marketplace lainnya.

Itulah informasi mengenai keunggulan dari Tokopedia vs Shopee yang bisa Anda jadikan panduan saat memilih platform marketplace untuk memasarkan produk.

Kursus digital marketing

Ini Adalah Akun Publikasi Artikel Buatan Mahasiswa & Mahasiswi Studi Independen di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *